Armel's Kitchen

THAI TEA CHIFFON CAKE

Maju mundur syantik nyoba bikin chiffon cake, takut gagal! Modal ya gede alias pake telor ya banyak mak, apalagi pake resep dari Indonesia hahaha. Ya akhirnya daripada penasaran terus. Keturutan juga bikin

Ga sengaja terdampar di ig @icenguik, wew senng banget banyak tutorial ya dari mulai roti, cara bikin merengue. Loved it! Kebetulan nemu resep chiffon cake, eh yang dipake Thai tea jg wkwkwk. Jodoh kali. 😝 Ku selalu stok si Thai tea inih, jadilah membulatkan tekad walaupun dapur dingin nyus nyus dan bocah kadang kala tak selalu kooperatif 😜. Alhamdulillah berhasil! Mengembang, walaupun bagian atasnya agak gosong karena kelamaan mak wkwkwk. Soft, fuwa-fuwa kata orang jepang sih xixixi. Ga terlalu manis, that’s important! Jadi bisa nambah terus 😂
.
.
THAI TEA CHIFFON CAKE
Recipe : @icenguik

Bahan A:
140gram susu cair
1 sdm Thai tea

Bahan B:
7 kuning telur
60 gram cooking coil
125 gram cake fluor
10 gram susu bubuk
1 sdt vanilla essence (skip)

Bahan C:
7 putih telur
A pinch of salt
1 sdm cuka

Cara Buat:
1. Rebus bahan A sampai mendidik. Kemudian saring
2. Campur bahan B dengan whisk tangan sampai merata. Sisihkan
3. Untuk bahan C. Didalam wadah, masukkan garam kemudian mixer dengan kecepatan sedang sampai garam parut. Tambahkan cuka. Mixer lagi sampai larut. Naikkan kecepatan mixer, masukkan gula bagi dalam 3 tahap. Mixer terus sampai putih telur kental, putih konsistensi soft peak-firm peak
4. Masukkan bahan C ke dalam wadah B secara bertahap. Aduk lipat dengan spatula (membentuk huruf J)
5. Panaskan oven 190 derajat. Masukkan ke dalam loyang. Panggang 190°C15 menit – gores – 160/170°C 50-60 menit sesuaikan oven masing-masing. Kalau suhu stabil tanpa gores 150-160°C (lakukan tes tusuk)

Armel's Kitchen

Banana Cake matong

Banana Cake. 2minggu yang lalu maraton bebikinan buat ngasih tetangga plus buat cemilan dirumah tapi ini pake resep yang berbeda dari biasanya. Biasanya bikin pake resep andalan @farahquinnofficial. Buat kali ini pake resep @inovpelawi yg ga mesti ngeluarin mixer hehehe
.
.
.
Banana Cake
Receipe by @inovpelawi

BAHAN A :
195 gram Tepung serba guna
1 sdt baking soda
1/2 sdt garam
3/4 sdt cinnamon bubuk

BAHAN B :
3 buah pisang matang, haluskan
115 gram butter cairkan, bisa diganti minyak sayur/canola oil (pake Margarine)
60 gram gula pasir/gula palem
2 butir telur
1 sdt vanilla extract (skip)
Chocochip
Cara Buat:
1. Ayam bahan A dan sisihkan
2. Campur bahan B dengan wisk tangan hingga tercampur merata
3. Masukkan bahan B ke bahan A, aduk lipat. Jangan overmix.
4. Tuang ke loyang yang sudah diberi baking paper.
5. Beri chocochip atau kacang-kacangan sesuai selera
6. Panggang 170° selama 30-40′. Sesuaikan oven masing-masing. Untuk mengetahui kematangan, lakukan tes tusuk

Armel's Kitchen

Strawberry Roll Cake

One more cake unlocked! Strawberry roll cake 🍓. Niatnya buat kue ultah papap @firmanbj yg telat hahaha. Ga terlalu manis jadi bisa terus aja nambah wkwkwk, fuwa-fuwa, krim nya pas Aahhh kebahagiaan haqiqi ditemani kopi pait 😍
.
Resep pake @kurashiru. Aslinya plain roll cake tapi dimodif diisi stroberi

Baking sheet 25 x 20 cm
.
📌Adonan roll cake

Telur 3 buah, pisahkan putih dan kuning
Gula 50 gram
Tepung protein rendah 50gram
Susu cair 1 tbs
Minyak goreng 1 sdm
Vanilla essence (skip)
1. Untuk membuat merengue, kocok telur putih sampai berbusa dan stiff peak klo cawan di balik ga tumpah). Kocok putih telur dengan kecepetan rendah meningkat sampai kecepetan tinggi, masukkan gula bertahap sampai 3x
2. Setelah putih telur kaku, masukkan kuning telur. Kocok dengan kecepetan rendah sebentar saja, asal tercampur
3. Masukkan tepung yg telah diayak. Aduk balik dengan spatula
4. Masukkan susu cair lalu minyak goreng dan aduk balik
5. Preheat oven 160 derajat 15′
6. Tuang adonan diatas baking sheet, ratakan dengan spatula. Lalu hentakkan loyang beberapa kali dan panggang
.
📌Filling
Fresh cream 100ml (pake 200ml)
Gula 15 gram

Kocok fresh cream sampai kaku dan glossy
.
📌Sirop
Campur 1 sdm gula dan 2 tbs air

Setalah roll cake matang, oles sirop diatas kue dan diamkan beberapa menit. Kemudian isi dengan filling dan gulung, diamkan kue 30′-1jam supaya set 😋

Armel's Kitchen

Kani Kurimu

Kani Kurimu
Menu kyushoku-9. Udah cari2 di supermarket ga ada frozen kani kurimu yang bisa dimakan, ada gelatinlah, konsome, extrak hewani yang ga bisa dimakan. Alhasil kudu bikin. Carilah resepnya di youtube hehehe… Alhamdulillah ada, bikinnya ga ribet. Tahap bikinnya sama kaya bikin kroket, bitterbalen mirip2 hanya bahan dasarnya aja yang berbeda
.
White sauce :
Mentega/minyak/butter 1sdm
Bawang bombay 1/2 rajang halus
Terigu 3 sdm
Keju parut 1 cup
Garam
Gula
Dashi (kaldu bubuk)
Susu 500mL
Tepung maizena 2sdm larutkan dengan air

Bahan :
Kani/kepiting untuk salad 1 pack—>tumis hingga matang dan sisihkan
1 telur
Terigu
Panko/bread crumbs

Cara membuat :
1. Panaskan mentega/minya/butter, masukkan bawang bombay tumis sampai wangi dan kecoklatan
2. Masukkan terigu, aduk jangan sampai gosong. Api kompor sedang. Masukkan susu secara bertahap sambil diaduk.
3. Beri gula, garam, dan kaldu bubuk. Koreksi rasa.
4. Masukkan keju perut sambil terus diaduk
5. Masukkan kepiting yang sudah ditumis
6. Aduk hingga matang, beri larutan tepung maizena. Aduk terus hingga adonan mengental.
7. Matikan kompor. Angkat dan dinginkan. Masukkan kulkas hingga 1jam dan mudah dibentuk.
8. Ambil 1-2sdm adonan, bentuk sesuka hati. Gulingkan ke dalam tepung. Lalu masukkan ke dalam kocokan telur dan terakhir gulingkan ke dalam panko/bread crumbs. Goreng dengan minyak terendam dan api kecil supaya matangnya merata

Uncategorized

Brownies Pisang

Ketika buka puasa Ramadhan di bulan Juni ada teman yang bawa brownies pisang. Kontan suami langsing rikues pengen dibuatin. Hahaha. Sebenarnya udah lama liat resep brownies dari akun ig @justtryandtaste tapi belom sempet dieksekusi. Akhirnya kepanasan deh suami rikues wkwkwk

Bahan :

1. 150 gram Pisang (pakai 3-4 buah pisang cavendish)

2. 75 gram dark cooking chocolate

3.75 gram gula pasir

4. 40 gram mentega/margarin

5. 1 buah telur ayam ukuran besar

6. 1 sdt vanili

7. 50 gram tepung terigu serba guna

8. 1/2 sdt baking powder

9. 10 gram cokelat bubuk

10. 1/4 sdt garam

Cara Membuat :

1. Hancurkan pisang dengan garpu hingga lumat

2. Campurkan dalam satu wadah tepung terigu, baking powder, cokelat bubuk, garam halus dan sisihkan

3. Panaskan oven dengan suhu 170derajat. Lapisi loyang dengan kertas roti atau campuran antara mentega dan terigu

4. Masukkan cokelat batang, mentega dan gula dalan satu wadah. Cairkan dengan cara di tim diatas panci yg berisi air panas. Saya pakai microwave. Aduk rata sampai cokelat mencair semua

5. Masukkan kocokan telur dan vanili. Tambahkan pisang yang telah dihancurkan dan aduk rata. Masukkan adonan tepung dengan cara diayajlk sebanyak 1/2 baguan, aduk balik. Masukkan lagi sisanya dengan diayak. Jangan overmix. Tuang kedalam loyang dan panggang 20-30 menit sesuai dengan oven masing-masing

Armel's Kitchen

BROWNIES KUKUS ala NY. LIEM 

Huaaaa lama banget ga update ini blog hehehe.. Ya memang blog seada2nya sih, klo emang inget ya tulis, klo ga ya udin dibiarin. Tapi berhubung pengen mengabadikan resep-resep yang udah pernah dicoba, keburu lupa jadi hatus segera kalo ada waktu ditulis hehehe.. Mamak sering lupa.

Berawal dari suami yang suka brownies kukus sebutlah A****a hehehe terkenal banget ini kota kelahiran kita. Di negeri rantau kan suka pengen ya makan macem2 tapi kudu modal bikin. Jadilah penasaran bikin, dicobalah resep Brownies kukus Ny. Liem.. Kebetulan beberapa hari lalu ini foto brownies lewat di timeline. Resepnya diambil dr ig @tiyarahmatia.

Pengalaman bikin ngajarin klo bikin ini brownies kukus api kompor pas ngukus harus kecil banget, ternyata api kompor yang gw kira udah kecil masih terlalu besar. Alhasil jadinya permukaan atas si brownies bergelombang terus ngembang hehehe. Padahal kata @tiyarahmatia emang harus pake si api kecil supaya keseluruhan adonan matang padat, permukaan brownies ga bergelombang.

Bahan :

6 butir  telur

225 gram gula pasir

1/2 sdt emulsifier

125 gram tepung terigu

50gram coklat bubuk

175 gram minyak sayur

100 gram DCC cincang dan lelehkan

75 gram susu kental manis coklat—>gw warna putih

Cara membuat :

1. Panaskan kukusan, siapkan loyang brownies 30×10 cm 2 buah atau 20×20 cm. Alasi dengan mentega ato minyak, alasi kertas roti dan olesi kembali.

2. Campur tepung terigu dan  coklat bubuk, ayak, dan sisihkan

3. Kocok telur, gula dan emulsifier hingga mengembang dan kental. Masukkan campuran tersebut ke dalam kocokan telur, aduk dengan spatula atau mixer speed rendah

4. DCC yang sudah dilelehkan dicampur dengan minyak sayur samapai merata lalu sedikit demi sedikit masukkan ke dalam adonan. Aduk balik dengan spatula hingga tercampur merata.

5. Ambil sebagian adonan 75-100gram dancampur dengan SKM. Aduk hingga rata

6.  Tuang sebagian adonan ke dalam loyang kemudian kukus 10-15′ dengan api kecil. Kemudian buka kukusan, tuang adonan yang dicampur SKM ke atas loyang, ratakan dan kukus kembali 5′. Setelah itu tes tusuk untuk memeriksa kematangan. Jika masih ada adonan, tuang lagi sebagian adonan ke atas loyang. Ini yang membuat efek layer coklat setelah brownies dipotong

7. Angkat dari loyang dan biarkan dingi. Setelah itu beri topping dan sajikan

Armel's Kitchen

KUE SOES 

Udah lama Papap minta dibikinin kue sus inih. Tapi  baru kesampean hehehe.. Awalnya karna gw nyobain bikin eclairs ala uni Rika *doh jadi keingetan, belom sempet nge-abadiin si resep eclairs. Insha Allah deh postingan  berikutnya hehehe… 

Resepnya @tiyarahmatia yg hits di IG.. Cuma gw pake buat sus keringnya aja. Isian vla nya gw pake vla instan beli di toko tomiz xixixi next deh nyoba pake vla yg bikin sendiri. Agak  tricky bikin kue sus inih, harus pas.. Ini ada beberapa tips yang gw ambil dari pengalaman bikin pertama kali 

1. Suhu oven  harus bener2 panas. Gw  preheat dulu si oven sebelum dipakai. Suhu oven  di set 200-210° tergantung oven. Jangan buka tutup oven biarlan saja sampai oven berhenti memanggang. Jika tidak, kulit sus akan kempis

2. Dinginkan adonan setelah kalis

3. Terigu diayak terlebih dahulu lalu dicampur dengan adonan margarin+air+gula hingga kalis dan dinginkan

4. Setelah adonan benar-benar dingin barulah satu per satu telur dimasukkan sambil dikocok dengan mixer kecepatan rendah sampai tesktur adonan lembut untuk dimasukkan ke dalam plastik segitiga 

Adonan Dasar Kulit Sus

200 ml air

125 gram margarin

1 sdm gula pasir

150 gram tepung terigu (50 gr terpung protein tinggi+100 gr tepung protein rendah) 

4 butir telur

Bahan isian Kue Sus

Vla instan  tomiz 150 gram ( gw pake 75 gram saja) 

Air atau whip cream 350 cc (gw pake air 150 cc) 

Cara Membuat :

1. Panaskan oven dengan suhu 200°. Masukkan margarin, gula pasir dan air ke dalam panci. Masak dengan api sedang hingga mendidih

2. Masukkan terigu yang telah diayak, aduk cepat hingga kalis dengan api yang kecil

3. Angkat adonan dan dinginkan

4. Seyelah adonan benar2 dingin masukkan telur satu persatu satu smabil dikocok mixer dengan kecepatan rendah, asal rata. Tekstur adonan sampai terasa lembut 

5. Masukkan ke dalam plastik segitiga dan cetak diatas loyang yang sudah  dialasi baking paper

6. Panggang di oven  yg ssebelumnya sudah dipanaskan selama 20′. Jangan buka tutup. Biarkan kulut sua mengembang sempurna dan kokoh

7. Selagi memanggang, campurkan air dan vla instan. Kemudian aduk merata. Tutup dengan wrap dan diamkan 10menit

8. Lubangi bagian bawah kulit aua dengan ujung sumpit. Masukkan vla instan ke  plastik segitiga yang di bagian ujungnya sudah diberi spuit. Isi satu per satu kukit sus dengan vla. Kemudian bagian atas sus bisa ditaburi dengan gula halus