Armel's Kitchen

KUE SOES 

Udah lama Papap minta dibikinin kue sus inih. Tapi  baru kesampean hehehe.. Awalnya karna gw nyobain bikin eclairs ala uni Rika *doh jadi keingetan, belom sempet nge-abadiin si resep eclairs. Insha Allah deh postingan  berikutnya hehehe… 

Resepnya @tiyarahmatia yg hits di IG.. Cuma gw pake buat sus keringnya aja. Isian vla nya gw pake vla instan beli di toko tomiz xixixi next deh nyoba pake vla yg bikin sendiri. Agak  tricky bikin kue sus inih, harus pas.. Ini ada beberapa tips yang gw ambil dari pengalaman bikin pertama kali 

1. Suhu oven  harus bener2 panas. Gw  preheat dulu si oven sebelum dipakai. Suhu oven  di set 200-210° tergantung oven. Jangan buka tutup oven biarlan saja sampai oven berhenti memanggang. Jika tidak, kulit sus akan kempis

2. Dinginkan adonan setelah kalis

3. Terigu diayak terlebih dahulu lalu dicampur dengan adonan margarin+air+gula hingga kalis dan dinginkan

4. Setelah adonan benar-benar dingin barulah satu per satu telur dimasukkan sambil dikocok dengan mixer kecepatan rendah sampai tesktur adonan lembut untuk dimasukkan ke dalam plastik segitiga 

Adonan Dasar Kulit Sus

200 ml air

125 gram margarin

1 sdm gula pasir

150 gram tepung terigu (50 gr terpung protein tinggi+100 gr tepung protein rendah) 

4 butir telur

Bahan isian Kue Sus

Vla instan  tomiz 150 gram ( gw pake 75 gram saja) 

Air atau whip cream 350 cc (gw pake air 150 cc) 

Cara Membuat :

1. Panaskan oven dengan suhu 200°. Masukkan margarin, gula pasir dan air ke dalam panci. Masak dengan api sedang hingga mendidih

2. Masukkan terigu yang telah diayak, aduk cepat hingga kalis dengan api yang kecil

3. Angkat adonan dan dinginkan

4. Seyelah adonan benar2 dingin masukkan telur satu persatu satu smabil dikocok mixer dengan kecepatan rendah, asal rata. Tekstur adonan sampai terasa lembut 

5. Masukkan ke dalam plastik segitiga dan cetak diatas loyang yang sudah  dialasi baking paper

6. Panggang di oven  yg ssebelumnya sudah dipanaskan selama 20′. Jangan buka tutup. Biarkan kulut sua mengembang sempurna dan kokoh

7. Selagi memanggang, campurkan air dan vla instan. Kemudian aduk merata. Tutup dengan wrap dan diamkan 10menit

8. Lubangi bagian bawah kulit aua dengan ujung sumpit. Masukkan vla instan ke  plastik segitiga yang di bagian ujungnya sudah diberi spuit. Isi satu per satu kukit sus dengan vla. Kemudian bagian atas sus bisa ditaburi dengan gula halus

Advertisements
Armel's Kitchen

Red Velvet 

Red Velvet, kue yang sempet hits banget. Ini kue cuma karna merah aja warnanya jadi dinamain red velvet *sotoy. Com* :)) Sebenernya males nyobain baking kue yg ribet, apalagi pake frosting. Hehehe tapi ya tertantang lah karna blum pernah nyobain bikin yang begono jadi apa salahnya dicoba. Gambar kue diatas itu asli bikinnan gw yg buruk rupa hahaha ga sabar banget ngehias pake cream cheese yang udah dicampur sama whipping crram, jadilah amburadul. Tapi buat rasa kue dalemnya kata Pak Bos sih ok.. Hahaha senyum syenang. Creamnya terlalu encer jadi susah buat set nempel ke kue. Ini karna terlalu banyak nambahin si whipping cream. Catatn buat gw ya, klo mo bikin frosting gini pake whipping cream yang heavy (35-40% fat) yang gampang banget kaku.

Hasil bertanya sama temen jadi resep dari joy of baking dipake, cuma pake 1/2 resep aja.. Resep asli http://m.joyofbaking.com/cakes/RedVelvetCake.html. Resep dibawah  yang gw tulis itu 1/2 resep dari yang asli
Bahan :

125 gram terigu protein rendah/flour cake

1/4 tsp garam

1 tbs cocoa powder

56,5 gram butter (bisa pake margarine/mentega)

150 gram gula pasir

1 telur ukurna besar

1/2 tsp vanilla extract

120 ml buttermilk (susu 120 ml+2 tsp lemon water)

1 tbs red food coloring

1/2 tsp vinegar/cuka

1/2 tsp baking soda

Cream cheese frosting :

1. 1 pack cream cheese (di jepang 200gram)

2. 1 pack mascarpone cheese (saya ga pake)

3. 1 tsp vanilla extract

4. 115gram icing sugar

5. 1 pack whipping cream (200ml ukuran pack disini)

Cara membuat :

  1. Panaskan oven 175 derajat. Alasi loyang 18 cm dengan baking paper atau olesi mentega. ABiknya pake loyang bongkar pasang jadi setelah kue matang gampang untung dibuka.
  2. Di dalam wadah campur tepung terigu, coklat, dan garam lalu ayak dan sisihkan. Untuk membuat buttermilk, 120 ml susu cair ditcampur dengan 2 tsp air lemon. kemudian aduk merata dan biarkan selama 15 menit.
  3. Dalam wadah yang lain kocok butter hingga lembut 1-2 menit, tambahkan gula lalu kocok sampai fluffy 2-3 menit. Masukkan telur satu per satu, kocok terus hingga merata. Tambahkan vanilla essence. Aduk kembali sampai merata.
  4. Ke dalam capuran buttermilk tambahkan pewarna merah makanan dan aduk.
  5. Campur vinegar/cuka dengan baking soda.
  6. Masukkan campuran tepung terigu dan buttermilk ke dalam adonan butter secara bergantian. Diawali dan diakhiri dengan campuran tepung terigu. Aduk dengan kecepatan mixer rendah. Setelah merata tambahkan campuran cuka & baking soda. Matikan mixer. aduk rata dengan spatula dan masukkian donan ke dalam loyang. Panggang selama 35-30 menit. Kemudian te stusuk dengan tusuk gigi untuk melihat kue bagian dalam sduah matang atau belum. Kemudian dinginkan diatas rak kawat. Keluarkan dari loyang kemudian masukkan ke dalam kulkas minimal 1 jam.
  7. Untuk membuat frosting. Ke dalam wadah terpisah kocok cream cheese dan mascarpone sampai lembut. kemudian tambahkan vanilla extract serta gula sedikit demi sedikit.
  8. Di wadah berbeda kocok heavy whipping cream sampai kaku. Kemudian masukkan secara bergantian ke dalam wadah cheese cream secara bergantian sampai dirasa teksturnya cukup untuk dioles ke atas kue.
  9. keluarkan kue dari kulkas. Lalu potong sesuai selera. Olesi cream cheese. Hias sesuka hati.
Armel's Kitchen

Bolu kukus “ngakak” ala Dapur Mamam

Beuh lama banget ga update blog hahaha..hampir setaunan ini ga tersentuh. Alesan klise ya,  sibuk hahaha sibuk main! Untuk dokumentasi resep yang akhirnya bisa ku eksekusi dengan baik, o yeah one more achievement unlock! Biar bisa disimpen jadi resep andalan jadiiii mau ga mau akhirnya nyentuh blog juga xixixixi. 

Siapa yang  ga tau bolu kukus? Jajanan pasar yang legendaris semasa kecil,  suka kangen ga sih? Ini kue favorit misua juga,  tapiiii karna udah 4x jatuh bangun kedungsuk nyungseb masuk lubang nangis mulu gara2nya 4x nyoba resep bolu kukus tapi kagak ada satu pun yang berhasil mekar ngakak, jadilah mamak ini desperado hahaha..*lebay. com. Dulu2 nyoba resep ga ada yang pake emulsifier buatan contohnya merk sp,  ovalet ato tbm. karna emang ga ada stok di rumah ato kelupaan mulu buat beli.  NAH kemaren ini iseng kan nanha @asridiniar punya Sp ato tbm gt…. Eeeehh pucuk dicinta ulam tiba aku dikasihlah si Sp tuh xixixi.  Akhirnya terpecahkan juga si telor tuh,  bolu kukus ngakak bok!  Duh hati riang gembira banget. Tekstur bolu kukusnya lembut banget. Jadi inget jaman jajan bolu kukus di warung Bu Kadi 😀

Bikin bolu kukus tricky sih banyak yg mesti diperhatiin. Aku pake resep @tiyarahmatia, bener2 ngikutin apa yang mba tiya tulis di resep IG nya. Ini ada beberapa hal yang perlu diinget klo mo bikin bolu kukus

1. Dari pengalamanku Klo bikin tanpa Sp ato tbm dan semacamnya, bolkus sulit ngembang sampe ngakak,  kebanyakan jadinya bantet.  Jadi dari eksperimen aku kuncinya ya harus pake emulsifier buatan si merk Sp,  tbm ato ovalet

2. Dandang untuk ngukus harus panas. Sebelum bolu kukus masuk,  dandang sudah dalam keadaan panas. Alasi tutup dandang dengan kain supaya airdi permukaan dandang ga jatuh keatas bolkus, ini yang bikin bolkus jadi bantat,  ga ngembang 

3. Ikuti bahan yang ada di resep dan sesuai takaran resep

4. Semua bahan yang dipakai mesti suhu ruang

5. Semua bahan2 dimasukkan ke dalam wadah,  dikocok selama 10-15 menit,  sampai adonan putih dan mengembang kental.  Ketika diaduk atau diambil dengan sendok meninggalkan jejak

6. Cetakan bolu kukus pake yang bolong2. Dilapisi pake kertas roti.  Isi adonan sampai hampir penuh

7. Kukus adonan dengan api besar,  jangan terlalu banyak masukin bolu kukus.  Klo bisa kukusannya tinggi supaya bolu kukus bisa ngembang sempurna

Resep by Adhe Ermalia

BAHAN

1. 250gram tepung protein rendah/serbaguna

2. 200 gram gula pasir

3. 2 tbs susu bubuk

4. 200 ml susu cair

5. 1 butir telur ukuran besar (bisa juga pakai 2butir telur supaya lebih lembut) 

6. 1 tsp SP/tbm/ovalet 

7. 1 tsp vanilla essence 

CARA MEMBUAT

1. Semua bahan dikocok bersamaan dengan metode all in. Campurkan semua bahan di dalam wadah besar dan kocok dengan kecepatan tinggi kurang lebih 10-15 menit. 

2. Kocok hingga adonan menjadi putih, kental dan berjejak. 

3. Panaskan dandang, tutup penutup dandang dengan kain lap bersih supaya uap air tidak menetes ke atas adonan bolu kukus. 

4. Bagi adonan menjadi dua bagian. Saya membagi menjadi dua adonan, satu adonan diberi warna hijau pandan & stroberi. 

5. Potong baking paper  sheet menjadi persegi, alasi cetakan bolu kukus. Tuangkan adonan ke dalam cetakan hingga hampir penuh, beri adonan pandan atau stroberi di atas adonan putih

6. Aduk bagian atasnya dengan tusuk gigi, supaya warna tercampur merata. 

7.  Masukkan ke dalam dandang yang sudah panas. Jangan terlalu penuh mengisi dandang supaya setiapan cetakan bolu kukus mendapatkan uap panas yang cukup hingga bisa mekar dengan sempurna. Saya biasa mengisi dandang 4-5 buah cetakan

8. Tutup dandang dengan kain lap bersih, besarkan api kompor. Tunggu hingga 15 menit. Angkat dan sajikan. 

Armel's Kitchen, Uncategorized

Brownies

Setelah lama pencarian resep brownies yg OK punya terus cocok di tangan, pengen yang luarnya garing tapi dalemnya basah kaya brownies di toko-toko ituloh hihihi.. resep ini dapet dari uni ami waktu silaturahmi ke rumahnya.

Bahan :

4 buah telur (suhu ruang)

gula 2 cup

1 1/2 cup terpung terigu protein rendah (serba guna)

3/4 cup coklat bubuk

1 cup minyak sayur

sejumput garam

Cara Membuat :

  1. Panaskan oven 160 derajat. Kocok telur dan gula hingga rata
  2. Masukkan minyak sayur
  3. Masukkan tepung terigu, coklat bubuk dan garam yang telah diaduk rata dengan cara diayak
  4. Panggang di oven 160 derajat 20-30menit. saya pakai loyang oven yang besar 30 cm x 30 cm. tes tusuk, jangan sampai brownies terlalu kering bagian dalamnya.

 

Armel's Kitchen

Strawberry Chocolate Tart

Pengen cemilan buat booster ASI hihihi, alasan sih. Bikin tart no bake, gampang dan ga pake lama. Ini resep dari Home Cooking Adventure  tapi gw modifikasi.

Bahan

  • 2 pack oreo cookies (36 pcs)
  • 130 gram butter
  • 200 ml fresh cream
  • 100 gram milk chocolate
  • 100 gram dark chocolate

 

Cara Membuat

  • Masukkan oreo ke dalam food processor dan haluskan
  • Cairkan butter kemudian campurkan dengan oreo yang sudah dihaluskan kemudian giling hingga seluruhnya tercampur merata
  • Tata bahan crust dari oreo ke dalam loyang, ratakan dan tekan-tekan hingga padat kemudian masukkan de dalam kulkas selama 2 jam
  • Taruh fresh cream ke dalam mangkuk kemudian panaskan di dalam microwave 500W selama 2 menit sampai suhunya hangat-hangat kuku.
  • Siram ke atas cokelat yang teah dipotong-potong kemudian tunggu selama 1 menit dan hancurkan menggunakan spatula hingga rata
  • Tuang adonan filling cokelat ke atas oreo crust
  • Hias dengan stroberi dan masukkan ke dalam kulkas selama overnight
Armel's Kitchen

Tongseng Sapi

Photo

 

Ini masakan baru pertama kali dieksekusi “tongseng sapi”. Abisnya bingung & bosen masak daging klo ga rendang ya gepuk hehehe. Jadilah coba2 masak resepnya mba Tiyarahmatiya dengan modifikasi

Bahan :

  • Daging sapi 250 gram, bagian yang sedikit lemaknya. Setelah di-presto dipotong dadu ukuran 2 x 2 cm
  • 4 lembar daun kol, rajang kasar
  • 1 buah tomat merah, potong dadu
  • 1 batang daun bawang, rajang halus
  • 500 ml air rebusan daging (bila perlu bisa ditambahkan air)

 

Bumbu, haluskan

  • 5 butir cabai merah keriting
  • 3 siung bawang putih
  • 4 siung bawah merah
  • 1 sendek teh merica bubuk
  • 1 ruas jahe
  • 4 butir kemiri
  • minyak untuk menumis

 

Bumbu lainnya

  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 sendok makan bumbu kari bubuk (gw pake bumbu kare jepang merk S & B)
  • 3/4 sendok makan garam , sesuai selera jika kurang bisa ditambah
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok kaldu bubuk (optional)
  • Cabai rawit yang diiris (optional)

 

Cara membuat

  • Panaskan minyak goreng, masukkan bumbu halus, serai dan daun jeruk. Tumis hingga berubah warna dan wangi.
  • Masukkan air kaldu, garam, gula, bumbu kari bubuk serta kaldu (optional) kemudian aduk-aduk hingga merata jika sudah dicukup rasanya lalu masukkan daging. Masak daging sampai empuk, bumbu meresap dan kuahnya sedikit menyusut.
  • Masukkan kecap manis. Jika daging sudah empuk, masukkan kol dan irisan cabai rawit jika dirasa perlu. Masak sebentar saja sampai kol setengah matang kemudian tambahkan daun bawang.
  • Cici rasanya. Matikan kompor dan angkat. Sajikan dengan nasi panas, beri tomat dan tongseng sapi siap disajikan.

 

 

Armel's Kitchen

Roti Perdana by Multicooker

Akhir bulan januari, gw sama papap mutusin buat beli home bakery. Pilih2lah yang ada di yahoo auction & amazon. Setelah menimbang2, papap bilang mending beli yg baru aja toh harganya ga jauh beda. Keuntungannya dapet baru greess lagian mo dipake lama kan jadi mending yang baru. Karna low budget, kita pengen si home bakery yg murah meriah deh tapi multifungsi. Tujuannya karna susyahnya cari roti halal, makanya punya HB biar bisa bikin sendiri di rumah. Hati dan pikiran aman makan roti buatan sendiri.

Gw sih nyerahin pilihan merk, spesifikasi alat ke papap. Terserah deh. Abisnya gw pun blom pernah browsinh kaya apa tuh si HB. Secara klo baca spesifikasi di keterangan amazon kanji semua, sutralah serahkan pada ahlinya. Kita putusin buat beli merk twinbird dengan harga affordable, cukuplah buat keluarga kecil macem kita http://www.twinbird.jp/product/pye621/

Ternyata si home bakery yg kita beli ini bukan cuma buat bikin roti tapi bisa bikin yogurt, selai, mie, udon. Alatnya muat buat ditaro di rak microwave. Kapasitasnya kecil 0,5 loaf, buat sekali bikin & makan roti langsung abis. Mo pamer nih roti pertama yang dibuat sama si mulicooker

image

Ini roti tawar, makannya tinggal dikasih selai deh. Dari alatnya sendiri kita dapet resep standar buat bikin macem2, plus dapet bonus buku resep buat bikin macem2 roti, mie, dll dari pengembangan resep dasar si mesin.