Armel's Kitchen

Bolu kukus “ngakak” ala Dapur Mamam

Beuh lama banget ga update blog hahaha..hampir setaunan ini ga tersentuh. Alesan klise ya,  sibuk hahaha sibuk main! Untuk dokumentasi resep yang akhirnya bisa ku eksekusi dengan baik, o yeah one more achievement unlock! Biar bisa disimpen jadi resep andalan jadiiii mau ga mau akhirnya nyentuh blog juga xixixixi. 

Siapa yang  ga tau bolu kukus? Jajanan pasar yang legendaris semasa kecil,  suka kangen ga sih? Ini kue favorit misua juga,  tapiiii karna udah 4x jatuh bangun kedungsuk nyungseb masuk lubang nangis mulu gara2nya 4x nyoba resep bolu kukus tapi kagak ada satu pun yang berhasil mekar ngakak, jadilah mamak ini desperado hahaha..*lebay. com. Dulu2 nyoba resep ga ada yang pake emulsifier buatan contohnya merk sp,  ovalet ato tbm. karna emang ga ada stok di rumah ato kelupaan mulu buat beli.  NAH kemaren ini iseng kan nanha @asridiniar punya Sp ato tbm gt…. Eeeehh pucuk dicinta ulam tiba aku dikasihlah si Sp tuh xixixi.  Akhirnya terpecahkan juga si telor tuh,  bolu kukus ngakak bok!  Duh hati riang gembira banget. Tekstur bolu kukusnya lembut banget. Jadi inget jaman jajan bolu kukus di warung Bu Kadi 😀

Bikin bolu kukus tricky sih banyak yg mesti diperhatiin. Aku pake resep @tiyarahmatia, bener2 ngikutin apa yang mba tiya tulis di resep IG nya. Ini ada beberapa hal yang perlu diinget klo mo bikin bolu kukus

1. Dari pengalamanku Klo bikin tanpa Sp ato tbm dan semacamnya, bolkus sulit ngembang sampe ngakak,  kebanyakan jadinya bantet.  Jadi dari eksperimen aku kuncinya ya harus pake emulsifier buatan si merk Sp,  tbm ato ovalet

2. Dandang untuk ngukus harus panas. Sebelum bolu kukus masuk,  dandang sudah dalam keadaan panas. Alasi tutup dandang dengan kain supaya airdi permukaan dandang ga jatuh keatas bolkus, ini yang bikin bolkus jadi bantat,  ga ngembang 

3. Ikuti bahan yang ada di resep dan sesuai takaran resep

4. Semua bahan yang dipakai mesti suhu ruang

5. Semua bahan2 dimasukkan ke dalam wadah,  dikocok selama 10-15 menit,  sampai adonan putih dan mengembang kental.  Ketika diaduk atau diambil dengan sendok meninggalkan jejak

6. Cetakan bolu kukus pake yang bolong2. Dilapisi pake kertas roti.  Isi adonan sampai hampir penuh

7. Kukus adonan dengan api besar,  jangan terlalu banyak masukin bolu kukus.  Klo bisa kukusannya tinggi supaya bolu kukus bisa ngembang sempurna

Resep by Adhe Ermalia

BAHAN

1. 250gram tepung protein rendah/serbaguna

2. 200 gram gula pasir

3. 2 tbs susu bubuk

4. 200 ml susu cair

5. 1 butir telur ukuran besar (bisa juga pakai 2butir telur supaya lebih lembut) 

6. 1 tsp SP/tbm/ovalet 

7. 1 tsp vanilla essence 

CARA MEMBUAT

1. Semua bahan dikocok bersamaan dengan metode all in. Campurkan semua bahan di dalam wadah besar dan kocok dengan kecepatan tinggi kurang lebih 10-15 menit. 

2. Kocok hingga adonan menjadi putih, kental dan berjejak. 

3. Panaskan dandang, tutup penutup dandang dengan kain lap bersih supaya uap air tidak menetes ke atas adonan bolu kukus. 

4. Bagi adonan menjadi dua bagian. Saya membagi menjadi dua adonan, satu adonan diberi warna hijau pandan & stroberi. 

5. Potong baking paper  sheet menjadi persegi, alasi cetakan bolu kukus. Tuangkan adonan ke dalam cetakan hingga hampir penuh, beri adonan pandan atau stroberi di atas adonan putih

6. Aduk bagian atasnya dengan tusuk gigi, supaya warna tercampur merata. 

7.  Masukkan ke dalam dandang yang sudah panas. Jangan terlalu penuh mengisi dandang supaya setiapan cetakan bolu kukus mendapatkan uap panas yang cukup hingga bisa mekar dengan sempurna. Saya biasa mengisi dandang 4-5 buah cetakan

8. Tutup dandang dengan kain lap bersih, besarkan api kompor. Tunggu hingga 15 menit. Angkat dan sajikan. 

Advertisements