Nyalon di Jepang

“Nyalon” buat mamak-mamak beranak yang hidup di perantauan ga ada baby sitter apalagi seorang muslim itu suatu barang yang mahal. Kini salon tidak hanya diperuntukkan bagi kaum hawa tapi para pria sekarang pun tak mau ketinggalan merapikan diri di salon dengan berbagai treatment yang tidak jauh berbeda dengan para wanita lakukan untuk mempercantik diri. Hidup di negeri yang penganut muslimnya minoritas menjadi alasan “nyalon” merupakan barang yang sulit sekali didapatkan dan mahal. Beda halnya dengan di Indonesia, salon khusus muslimah mudah sekali ditemukan. Contohnya di Jepang, tidak semua salon bersedia untuk memberikan perawatan kepada kaum muslimah dengan persyaratan seperti privasi ruangan saat potong rambut, sama sekali tidak ada pria saat treatment dilakukan, bahan shampoo yang tidak mengandung bahan yang dikategorikan haram. Pertama kalinya liat plang harga salon di Jepang mulai dari 3000¥~ mata langsung terbelalak, otak langsung konversi ke rupiah. Di indonesia harga 3000¥ udah dapet spa keleusss hahaha. Sedangkan disini harga segitu cuma dape potong+cuci rambut.

Udah dari lama pengen nyobain potong rambut yang gondrong ini di salon jepang. Tapiiiii kepentok sama harga yang mahal. Salon muslimah di daerah Ebisu matok harga 6000¥, privasi ruangan buat sendiri, only female staff , bahan sampo yang terjamin kehalalannya. Makanya maju mundur cantik terus tiap disuruh potong rambut sama misua. Klo di salon umum orang jepang, pastinya ada staf cowo trus ribet banget jelasinnya pengen privasi ruangan, pengen sampo yang halal, mo ada cewe aja. Secara bahasa jepang gw maju mundur jalan di tempat disitu-situ aja hahaha. Si mba-mba salon bisa keder duluan. Alamat maksut dan tujuan yg gw pengen kagak bakal nyampe hahaha.

Golden week kemaren ada mba2 orang jepang yang ngasih selebaran promosi salon muslimah, Entrir yoyogi uehara. Salon ini cuma buka tiap hari selasa khusus buat muslimah dan mesti booking dulu lewat internet. Bisa potong rambut & cat ranmbut pake hena. Terus ada kupon 4pcs masing2 diskon 1000¥. Disitu ditulis harga potong rambut 4000¥~. Suami yang dapet flyer langsung bilang “nih mam patut dicoba, lumayan miring harganya”. Jadilah liburan golden week hari selasa pas kalender tanggal merah cuti deh 3 jam me time. Perjalanan ke yoyogi uehara 30menit dari rumah, ganti kereta sekali di omotesando trus tinggal jalan kaki sekitar 4′ dari pintu keluar timur yoyogi-uehara.

Tempatnya tertutup bahkan dari luar pun cuma tirai yang keliatan, ada tulisan “jika akan masuk beri tahu dulu dengan menekan bel”. Ketika bel gw teken, keluarlah staf orang jepang menyapa terus mempersilakan masuk. Karna udah booking sesuai waktu gw dtg jadinya dia udah ngeuh, gw disuruh buat isi formulir data diri. Selesei isi formulir, gw disuruh masuk ke dalem, duduk di ruangan buat treatment. Nah dari lobi depan gw duduk tadi, ini ruangan gede dibagi dua, dikasih sekay tirai yang bisa dibuka tutup. Hanya ada 2 ruangan buat treatment sama ruangan buat cuci rambut. Staf orang jepang memperkenalkan diri sambil ngasih kartu nama “Rie”. Dia konfirmasi treatment yg mo diambil. Gw ambil poyong, cuci, pijet selama 1,5jam. harga normal 5000¥ karna pake kupon potongan 1000¥ jadinya 4000¥ belom termasuk pajak. Setelah deal, baru deh rambut gw dicuci di ruangan sebelah pake aer anget, di kursi yg model kaya pasien dokter gigi, kursinya bisa diatur posisi tidur, tegak atau tengadah.

Si mbak “Rie” ngeramasin sambil sesekali dipijet. Oiya sebelum dikeramas, dia kasih liat sampo, kondisioner yang bakal dipake semua bahan2nya ga ada yang aneh2, aman. Setelah dikeramas gw balik lagi ke ruangan yang sebelumnya terus diskusi model potongan rambut yang mana yang gw pilih. Gw bilang pengen potong rambut kaya Goriki, very short. Dia bawain majalah yang isinya macem2 model rambut. Kita sepakatilah seberapa panjang poni bagian depan yang bakal dipotong, panjang rambut belakangnya segimana. Abis itu baru deh rambut gw dieksekusi. Segala mesti dikonfirmasi detail, khasnya orang jepang. service-nya enak banget. Oiya sebelum potong rambut gw masih juga ditawarin minuma ocha, teh jepang. Disuruh milih dari 3 opsi pilihan ocha yang dia tawarin. Akhirnya gw pilih mixed fruit tea. hhmm enaaak.. Service yang kaya gini nih belom pernah ada di indo hahaha. Paling banter gw cuma dikasih minum aer putih gelas,”aqua gelas”. Sambil rambut dipotong, si mbak “Rie” ngajakin ngomong. Ya gw seneng sih ga dicuekin, gw bales ngomong pake bahasa jepang seadanya hahaha. ya yang oenting nyambung asal tau sama taulah ngerti maksutnya apah wkwkwk. PD nomor satu. Si mbak “Rie” ini cepet juga motong rambut gw, awalnya dia motong ga terlalu pendek terus sambil konfirmasi ke gw mo dipendekkin lagi ato ga, gw bilang iyalah dipapas abis. Jadilah sejam lebih dikit potong memotong rambut selese. Rambut gw dibilas sekali lagi karna banyak rambut2 kecil yang susah ilang pake sikat, trus dikeringin pake hair dryer. ga lupa dia tata rambut gw pake sedikit olive oil. Issss seger plus ringan banget rambut tinggal seuprit hahaha. Benri abiiissss. Abis selese potong rambut, gw balik ke meja depan buat bayar trus sedikit ngobrol sama satu staff lainnya disitu yang bilang klo dia yang bagiin flyer ke SRIT trus ketemu sama suami gw. Dia juga minta bantuan buat kasih informasi salon muslimah ini sama orang lain. Oiya Entrirjuga disediain prayer space, tapi karna gw buru-buru balik jadinya ga sempet buat nyobain solat disana.

Over all gw puas sama pelayanan staff Entrir ramah, profesional. Segala macem tindakan yang bakal dilakuin dikonfirmasi ulang ke customerPrivate  banget. Ini salon paling murah buat ukuran salon muslimah di JepangAkses tempatnya juga gampang banget, di tengah kota yoyogi uehara station, deket sama Mesjid Turki Cami. Booking lewat internet.

Leave a Reply

