15bulan belum jalan?

Pertanyaan yang sering muncul sejak ayumi 1 tahun itu “udah bisa jalan?” Bosen dengernya! Sampe Bikin hati gw gusar, kenapa anak gw blom juga bisa jalan. Tiap anak punya tahap perkembangan masing2 jadi ga bisa disama-in satu sama lain, tapi tetep aja bikin dag dig dug. Apalagi ini anak pertama, yang notabene belom punya pengalaman sama sekali.

Memang dari awal ayumi perkembangan lambat tapi masih masuk kategori normal, jadi no worry! soalnya badannya besar, berat otomatis gerakan-gerakannya juga ga bisa cepet. Misalnya tengkurep, ayumi baru bisa di umur 6bulan. Bayi lain ada yg udah bisa tengkurep umur 4bulan. Hahaha. Begitu juga angkat kepala sendiri, orang lain 3bulan ada yg lehernya udah kuat menyangga kepalanya, ayumi baru 5bulan bisa tegak sendiri kepalanya. Di buku tahap perkembangan jepang, boshi techou rata2 bisa usia bisa jalan sendiri 13-16bulan. Jadi elus2 dada, tenang dong! Banyak juga yg bilang, klo anak pertama biasa suka lambat. Tapi tetep ya deg2an sebagai ortu baru yang dibombardir pertanyaan kaya gt bikin senewen. Harap2 cemas kapan anak gw bisa jalan kaya yg lain. Emang sih dengan berat badan ayumi yang gede, bikin jalan juga buat dia berat. Kakinya belom bisa nopang berat badannya. Tiap hari diusahain buat latian jalan, mo didalem rumah ato di luar. Dipegangin tangannya. Asalnya sih ga mo dipaksa jalan sama orang, harus dianya sendiri yang mau berdiri terus jalan sambil pegangan benda2 di sekitarnya. Tapi sedikit-dikit udah mau jalan sambil dipegangin hehehe walopun sering jatuhnya karena tangan-kaki belom sinkron.

Keluar rumah udah mulai dibiasain jalan sambil dipegangin. Ke taman sambil pegangin tangannya, asal 2 tangan terus ada kemajuan jadi pegangan 1 tangan. Akhirnya tepat 15bulan ayumi bisa jalan sambil lepas tangan, alias sendiri, horeeee. Walopun masih 3-4 langkah terus jatuh. Senangnyaaaaa. Diawali jatuh bangun dulu lambat laun lancar juga jalannya. Makin sering deh keluar bawa ayumi jalan. Tiap akhir pekan, papapnya bawa ayumi latian jalan ke taman pake sepeda. Dari mulai takut ga mau dilepas, klo cape minta digendong sampai akhirnya bisa diajak jalan dari rumah ke taman. Di rumah udah jalan2 aja muter kemana2, ngikutin emaknya kemanapun. Keliling rumah udah khatam bolak-balik. Udah ngerti klo ke luar rumah tuh pake sepatu, kadang suka nunjuk2 sepatunya pingin pake ikutan papapnya pergi ngampus hahaha. Sekarang lagi hobinya jalan sambil setengah lari hehehe. Hobi banget naek tangga, tiap ada tangga selalu pengen naek. Walopun akhirnya merangkak sambil naek tangga. Ngepel anak tangga pake celananya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s