Ayumi VS norovirus

Karna udah lama ga posting, mumpung topiknya masih anget jadinya cepet2 ditulis deh. Akhir2 ini suhu makin turun, pertanda udah masuk ke musim dingin. Pohon ginko yang warnanya kuning2 udah rontok, daun pohon maple (momiji) udah merah bentar lagi rontok juga karna makin dingin. Hiasan natal & iluminasi udah semarak dimana2, orang jepang heboh menyambut natal. Aahh libur musim dingin juga bentar lagi nih.

Cuaca yang berubah2 kadang hujan dingin banget, kadang juga panas *jangan bayangin sepanas daerah tropis* pokonya anget lumayanlah buat matiin heater hehehe bikin berbagai penyakit mulai bermunculan. Penyakit yang semarak di musim dingin itu influenza sama norovirus. Gejalanya berbeda tapi diawali dengan demam, badan hangat. Klo udah ada tanda2 kaya gitu di musim kaya gini langsung deh ke klinik buat periksa biar langsunh ada tindakan pencegahan. Gejala lengkap smaa tindakan preventif norovirus bisa diliat disini http://www.cdc.gov/norovirus/preventing-infection.html

Nah di weekend minggu kemaren, hari sabtu ayumi tuh pagi sampe malem masih sehat2 aja, ceria, makan banyak terus main kesana kemari. Setelah makan malem terus tidur. Di tengah malem tiba2 muntah, makanan yg tadi dimakan keluat semua. Gw kira kebanyakan nyusu. Ya udah tidurnya sambi dipangku deh. Eeh muntah lagi sampe ketiga kali. Alhasil tidur dipangku sampe jam 3 subuh. Abis itu perutnya udah enakan ditidurinlah di atas bantal sampai pagi. Mulai ga selera makan, males makan maunya nenen aja. Terus perutnya kaya yg kembung. Pagi2 mencret, yang keluar air ada sedikit bukurnya. Setelah mencret selesai baru deh mo makan, itu pun sedikit banget. Ya udah gpp yang penting maih mau nenen sama minum air putih.

Di hari minggu itu seharian ayumi ga nafsu makan sama sekali. Muntah sekali. Sorenya mencret lagi, banyak banget cairan yang keluar. Bah baget. Aku pikir masuk angin. Siangnya mo dibawa ke klinik tapi weekend klinik cuma buka setengah hari. Sebelum tidur, muntah sekali. Semaleman tidur pake bantal, bangun beberapa kali minta nyusu. Alhamdulillah malem2 ga muntah.

Begitu bangun tidur ayumi mencret banyak banget sampe nembus ke celana terus seprei. Hadeuh PR buat nyuci. Paginya langsung kita bawa ke klinik. Dari gejala yang ada di ayumi kaya ga demam, tenggorokan ga merah muntah, ga ada selera makan, mencret, perut kembung. Dokter bilang kalo ayumi kena norovirus. Deg jreng jreng! Yang ditakutkan terjadi!! Gw pikir cuma kaze (masuk angin). Saat itu juga obat dimasukkin lewat anus ayumi, dipancing supaya buang air besar. Abis ditunggu 15menit ayumi ga pup, iyalah kan tadi pagi udah pup banyak banget. Dokter balik lagi meriksa, ternyata memang perutnya kembung beras kenyang jadi ga selera makan. Dokter juga bilang klo baju bekas muntah sama yang kena pup nya harus langsung dibersihin sama klorin ato klo disini ワイド ハイタ, dipisahin sama baju kotor lainnya. Dokter juga bilang setelah 2 hari anak kena gejala norovirus, biasanya di hari ke-3 itu puncaknya buat nular ke orang lain di rumah, Gubrak!! Hahaha. Jadilah kita ortu mesti waspada malam ke-3 ini siap2 jaga kondisi badan harus fit biar kita ga kena si norovirus. Dokter bilang, mama papa ganbare! Baiknya si dokter ngejelasin rinci banget. Ayumi dikasihnya obat pereda muntah selamat 2hari trus dikasihnya obat mencretnya biofermin selamat 5hari. Dua-duanya diminum sehari 2 kali. Balik ke rumah dari klinik langsung deh kakak pup banyak banget deh, ada kali 8-10x ganti popok sampe malem huhuhu. Gpp deh, biar si virus2, kotoran, penyakit2 bersihin bilang dari perutnya. Abis bolak balik pup, ayumi inisiatif sendiri minta makan, minum, ngemil biskuit, mau makan dikit2 tapi sering. Alhamdulillah. Emak ngelus dada girang, ada pergantian makanan yang masuk setelah banyak banget mencretnya. Masih girang, lincah, semangat main. Cuaca mendung yang ga mendukung pun ga menghalangi gw buat ga nyuci hahaha, bekas baju+seprei yang kena muntah & pup langsung kudu dicuci, alhasil halaman depan penuh sama cucian sepulangnya dari klinik. Alamatnya nyampe besok deh si cucian baru kering.

Alhamdulillah kita sukses melewati malem ke-3 setelah ayumi kena gejala norovirus. Alhamdulillah kepala kagak pusing, perut juga ga sakit, plus ga muntah2 jg. Sujud sukur. Alhamdulillah. Bisa fokus ngurus princess yang lagi sakit. Hari ke-3 ayumi sakit, udah banyak banget kemajuannya. Mencretnya beransut berkurang, udah ga muntah dari kemaren sejak minum obat pereda muntah. Solehah pula mau minum obat yang dicampur sama jus, disendokin dikit2. Nafsu makan udah berangsur kembali. Dikit-dikit2 ngemil. Ditawarin makan berat plus snack juga mau. Alhamdulillah optimis pemulihan ayumi bakal makin cepet nih… Aamiinn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s