Imunisasi Satu Taun

Di jepang, vaksin terakhir sebelum setaun itu umur 6bulan. Setelah itu baru vaksin lagi di umur setaun. Nah ada cerita lucu nih. Saking takutnya kejadian vaksin kelewat dari masa tenggangnyaya, kita janjian sama klinik buat pemeriksaan ayumi setaun & vaksin 1minggu sebelum Ayumi ultah. Tapiiiiiii ditolak sama klinik & disuruh balik lagi setelah Ayumi ulang tahun hahaha. Bener2 harus tepat waktu. karna si vaksin diberikan memang waktu umur anak udah setaun.

Ternyata di umur setaun pemeriksaan  ini banyak juga ya vaksin yang mesti dilakuin. Waktu pemberian vaksin ada yg tepat 1taun, 1 taun lebih 1 bulan sampai 1 taun lebih 4 bulan. Biasanya klinik bakal nge-jadwal-in kapan waktunya buat vaksin tiap bulannya. Di umur setaun ini ga ada pemeriksaan kesehatan rutin kaya waktu umur 9bulan, nanti ada pemeriksaan kaya gitu lagi di umur 1,5taun. Bisa sih request tapi mesti bayar 4000¥ wkwkwk sutralah ntar tunggu 1,5 taun aja deh.

Di umur setaun, ayumi vaksin measles-rubella. Ini vaksin wajib di Jepang, jadi gratis. Hamdallah.. Hehehe. Vaksin mumps direkomendasiin buat diambil. Kebetulan kita juga pengen ngambil mumps. Satu lagi vaksin yg wajib diambil di umur setaun tuh varicella. Jadi ayumi di-enjus 4x tangan kiri-kanan, iyuukk nangis teriak keras banget. Buat vaksin kali ini karna mumps ga wajib jadi kita bayar 6000¥. Gpp deh, yang penting ayumi dapet vaksin lengkap. Bulan depan disuruh balik lagi ke klinik buat ngelengkapin vaksin yang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s