Alat Perang Mpasi

Sebenernya persiapan untuk memulai mpasi 6 bulan untuk Ayumi ga terlalu heboh. Cenderung standar. Gw cuma misahin talenan, panci, pisau khusus buat motong-motong bahan makanan yang bakal dijadiin puree. Waktu nyampe Jepang, Ayumi dapet alat bikin bubur praktis pake microwave. Cuma butuh waktu 5 menit-an, si bubur nasi udah jadi tinggal diaksih berbagai toping. Jadi alat itulah yang jadi andalan selama sebulan pertama mpasi. Ini dia penampakan alatnya http://baby.richell.co.jp/view.html?la=en&gid=41860

Untitled

 

Di dalem dus nya ada satu set alat yang biasa dipake ngehalusin makanan, alat parut sama saringan kawat. Lengkap dan praktis. Bubur yang dibuat dari nasi yang matang sesuai petunjuk di kemasan si alat. Bisa bubur yang sangat encer untuk pertama kali si bayi makan sampe bubur yang kental. Maksimum bubur yang bisa dibuat beratnya 100 gram baik itu bubur encer ataupun bubur kental. Gw buat buburnya dari nasi yang baru matang, kemudian dihalusin pake sendok yang ada grip-nya di cawan, dicampur air sesuai dengan skala yang tertera di cawan, taruh si bubble catcher diatas cawan, masukin deh ke microwave 500watt sealama 5 menit ato 600watt selama 4 menit. Klo buat topingnya, biasanya gw kukus tersendiri, misalnya sayuran atau protein tinggal dihancurin pake sendok yang ada grip-nya terus diaduk sama si bubur. Gw juga pake si grinder praktis ini buat bikin puree karbohidrat atopun sayuran. Setelah masuk pengenalan protein kaya ayam sama ikan, gw ngerasa butuh adanya blender buat ngehalusin tekstur ayam atopun ikan karna dirasa klo pake grinder tangan ga cukup halus. Jadilah beli blender yang bisa sekalian dipake bikin jus buat ayumi. Menghemat waktu juga, jadi setelah si nasi, sayuran sama protein direbus sampe mateng langsung deh bisa diblender. Berhubung udah mulai makan sehari 2x di 7 bulan, gw bikin sarapannya fresh dan selalu beda sama makan sore nya.  Gw bikin menu makan sorenya sekali terus dibekuin dan ganti tiap 2-3 hari sekali.

Oiya dari awal mpasi juga gw dah ngebiasain ayumi buat duduk di bouncernya. Ga ada istilahnya makan sambil gendong sana-sini apalagi sampe jalan-jalan keluar rumah. Paling banter sih klo susah banget makannya ya gw pangku aja sambil duduk terus disuapin. Selain di bouncer, ayumi juga duduk di bumbo selama makan. Di awal mpasi gw dah beliin ayumi tempat minum, feeding bottle yang pake sedotan, biar ayumi latian minum pake sedotan. Walopun memang di awal2 ayumi minumnya masih gw sendokin sama kadang si sedotannya suka digigit, disangkanya teether. Hahaha. Tapi lama2 ayumi bisa juga. Yattaaa! Alhamdulillah ayumi udah bisa minum dari sedotan dari umur 6 bulan.
image

02_p08

Image result for bumbo baby seat

 

 

Leave a Reply

