Mpasi 6bulan (1)

Ga kerasa ayumi udah mpasi selama hampir sebulan. Alhamdulillah so far so good *joged girang*. Gw pake mpasi yang berlaku di jepang, kebetulan di jepang pake pedoman mpasi yang merujuk ke WHO. Secara garis besar WHO menganjurkan untuk memberi mpasi makanan rumahan dari bahan2 lokal yang mudah didapat sehari-hari. Anak juga langsung diperkenalkan berbagai macam sumber karbohidrat, protein, sayuran, buah sejak umur 6 bulan, karena sistem pencernaan di umur 6 bulan sudah siap untuk menerima asupan makan selain ASI.

Gw ngasih ayumi mpasi umur 6bulan kurang 3 hari hehehe. Di minggu pertama gw ngasih sumber karbohidrat dengan variasi makanan diganti tiap 3 hari. Pertama gw kasih bubur nasi encer banget, klo kata orang dulu air tajin. Lanjut gw kasih bubur gasol beras merah. Gw bikin dalam bentuk puree kentang, kabocha, ubi. Di minggu kedua, pagi2 gw kasih ayumi karbohidrat tapi di sore hari gw kenalin sayuran ato buah-buahan. Porsi awal tiap menu baru sebanyak 1 sendok makan lalu bertambah di hari berikutnya sampai 3 sendok makan. Tapi ukuran porsi ini ga gw ikutin plek-plek, karena gw liat mood ayumi makan, klo makannya hap-hap dan masih mangap terus ya gw masih kasih. Klo udah mulutnya nutup ngunci terus buang muka ketika sendok udah ada di depan mulutnya, berarti dah kenyang. Gw berenti nyuapinnya. Di minggu pertama sama kedua pmasi ini gw kasih menu tunggal karbohidrat, buah-buahan ato pun sayuran. Buat refreshment kadang2 gw kasih kombinasi 2 menu puree yang sebelumnya udah pernah ayumi makan. Ini gw akalin biar ga bosen.

Alhamdulillah dari awal mpasi ayumi doyan makan. Mulutnya mangap mulu mau makan *syenangnyaaaa. Ga mesti dipaksa2 buka mulut, tinggal sendoknya dimainin pesawat2an trus kita suruh buka mangap otomatis buka mulut deh. Suka juga sih nutup mulutnya tapi begitu sendok di depan mulut ayumi suka sedikit buka mulutnya trus mau disuapin. Ada sih kalanya drama nyuapin itu dimulai huhuhu, klo udah mulut ayumi mingkem nutup ya pinter2 deh kita akalin. Klo udah mingkem mulu plus buang muka berarti emang udah kenyang ato emang bad mood. Acara makannya disudahi deh. Ayumi suka teksturnya makanan yang lembut macem kentang, ubi, zuchini, kabocha sama tofu. Cepet banget abisnya. Sayuran yang udah gw kasih ke ayumi wortel, bayam (horenzou), kacang polong, kacang edamame. Klo buah-buahan ayumi baru makan alpuket, apel sama jeruk. Di musim dingin emang ga begitu banyak variasi buah-bauhan yang bisa dipilih buat dicoba dikasih ke ayumi. Mudah-mudahan di musim semi pengenalan buah-buahan bisa meningkat.

Setelah 2 minggu mpasi, gw juga udah ngenalin kaldu ato dalam bahasa jepang dashi. Kaldu khusus bayi yang dibuat dari rumput laut + ikan (dried bonito). Biar bubur nasinya lebih gurih. Lulus dari kaldu, gw juga ngenalin ikan warna putih disebut shiromi sama ayam. Menunya bubur nasi+kaldu+ayam/ikan putih. Gw kasih menu yang sama sealam 3 hari, buat tau ayumi ada alergi ato ga. Alhamdulillah lulus juga dari sebangsa daging-daging warna putih itu. Gw berani kasih karena kebetulan gw sama suami ga punya alergi apapun. Jadinya kemungkinannya kecil buat ayumi juga kecil buat punya `alergi turunan`. Di minggu terakhir bulan keenam ini, gw juga udah kasih menu kombinasi macem2 puree sampe bubur nasi lengkap protein-karbohidrat-sayur ditambah kaldu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s