Hospital Tour

Dari program hamil, gw udah rajin cari2 info tentang perkiraan biaya lahiran di rumah sakit di bandung. Karena buat gw persiapan biaya lahiran juga termasuk ke point program lahir. Biar kita bisa siap2 sedini mungkin buat kelahiran jabang bayi. Apalagi setelah januari kemaren gw dinyatakan positif hamidun beuh makin semangat buat cari2 info tentang biaya lahiran. Sebagian besar sih gw dapet gambaran biaya lahiran dari adik ipar yang taun lalu baru lahiran, paling perkiraan biaya naik 10-30% per awal taun 2014. Kriteria rumah sakit yang gw pengenin itu, klo bisa rumah sakit ibu dan anak bukan rumah sakit umum soalnya lebih enak aja karena dia khusus nanganin ibu melahirkan dan anak otomatis perlengkapan rumah sakit juga udah disesuaikan dengan kekhususannya. Ruamh sakit ibu & anak juga bikin lebih nyaman karena jenis pasien yang homogen, klo ga ibu melahirkan ya anak kecil yang sakit ato butuh penanganan, beda sama rumah sakit yang bermacam-macam pasien ada disitu. Klo kata sunda *riweuh* gw pengen ngelahirin dengan tenang & nyaman, ga banyak gangguan. Oiya gw juga prefer rumah sakit ibu & anak karena pasti mereka punya banyak stok obgyn, dokter anak, dokter anastesi, yang sewaktu2 bisa panggil klo ada kasus mendadak. Kaya one stop shopping hehehe. Paket komplit deh. Insya allah. Gw juga berharap dengan milih rumah sakit ibu & anak bikin birokrasi selama perawatan ga rumit. Gw pengen penanganan yang cepet ke pasien apalagi klo udah mendesak mo lahiran, ga mesti ribet ngurus2 administrasi dulu. Biar gampang, gw survey harga lahiran via telpon, kecuali rumah sakit yang bener2 gw incer, baru gw datengin hehehe maklum karena nomaden jakarta-bandung bikin mobilisasi agak sulit. Itu juga diselip-selipin di sela2 kontrol ke dokter kalo ke bandung. Karena gw lahiran ga di-cover sama asuransi kantor suami alias ngeluarin dari kocek sendiri jadi biaya lahiran perkiran cesar jadi pertimbangan kita, kenapa cesar? ya siap2 buat kemungkinan yang terburuk deh yang kita siapin, jaga2. Berdoanya pengen normal, semoga bisa yaa. Klo kita ada spare dana cadangan kan jadi tenang klo ada seuatu yang ga terduga, ga panik. Terus fasilitas kamar perawatan, kamar bersalin, kamar operasi, suasana rumah sakit juga jadi pemikiran kita buat nentuin tempat lahiran. Ga kalah penting itu lokasi rumah sakit, karena gw bakal nunggu lahiran di rumah ortu di daerah sarijadi, makanya lokasi jadi pertimbangan juga, pengennya rumah sakit yang gampang diakses klo dari rumah. Oiya selain itu suasana rumah saskit juga penting hehehe. Pengennya lahiran di tempat yang tenang, ga bising biar konsentrasi, hommy.

Di bandung ada beberapa rumah sakit yang jadi kandidat :

1. Emma Poeradiredja

Ini rumah sakit ada di jalan sumatera. Jalur jalannya udah ga asing lagi karena selama smp-sma gw udah khatam bolak balik lewat sini. Temasuk tempat bersalin yang cukup tua di bandung. Ga ada deh yang ga tau emma poeradiredja. udah ada sejak zaman si mamah kecil, zaman belanda Rumah sakit ini hommy banget, tenang, sepi, pasiennya juga ga terlalu bejibun kaya rumah sakit pada umumnya. Bangunannya emang tua sih, khas rumah zaman belanda. Fasilitas rumah sakitnya lumayan lengkap, standar ruang operasi disini bisa cesar ato normal terus nyediain juga jasa-jasa operasi lainnya kaya kista, laboratorium, klinik anak, gigi, kamar dari kelas 3 sampe vip, ruang fototerapi. Tapi disini belum ada fasilitas bayi NICU, jadi klo ada apa2 katanya mesti dirujuk ke rumah sakit yang lebih lengkap misalnya Limijati ato hermina.

Harga Melahirkan di RSB Emma Poeradiredja

Biaya Melahirkan di RSB Emma Poeradiredja

2. Hermina Pasteur

Buat ngelahirin di Hermina bisa di-booking sejak 7 bulan. Keuntungannya kita diprioritaskan untuk dapat kamar ketika datang akan melahirkan walaupun banyak pasien lain yang antri kamar. Biaya booking nya 20ribu udah dapet gratisan macem-macem. Ketika booking kamar itu berarti kita juga sudah tercatat sebagai pasien terregistrasi dan dapet privilege card, ini beberapa gratisan  yang kita dapet :

sebelum melahirkan :

1. free senam hamil (Rabu jam 17.00-18.00 ; Sabtu jam 8.00-9.00 & 11.30-12.30) 4x

2. Free kursus prenatal (Sabtu jam 10.00-11.00)

3. Disc USG 3D 1x oleh dr. Harry G (Minggu jam 10.00 & Selasa jam 19.00)

4. Free fisoterapi 1x (Senin-jumat 08.00-15.00)

5. Free konsultasi laktasi 1x dengan konselor Laktasi (Selasa 11.00-12.00)

sesudah melahirkan :

1. Free senam nifas 1x (Selasa/kamis jam 10.00-11.00)

2. Free kursus pijat bayi 1x (senin jam 10.00 & kamis jam 15.00) max 8 bulan

3. Free creambath 1x (selama dirawat)

4. Free konsultasi kecantikan 1x (max 6 bulan)

Biaya Melahirkan di Hermina Pasteur

Biaya Melahirkan di Hermina Pasteur

Siapa yang ga tau Hermina? grup rumah sakit yang cukup besar ada di jakarta & bekasi. Terus buka juga di bandung sejak taun 2005an *klo ga salah* hehehe. Hermina tuh rame banget, bak pasar. Mau hari-hari biasa apalagi weekend. Beuuhh dari mulai bocah bayi sampe bumil dimana2. Terlalu rame buat rumah sakit. luas bangunannya juga sempit cuma dia bangun gedung ke atas sampe lantai 6. Emang sih plus-nya hermina tuh banyak banget dokternya, tinggal pilih. hahaha. Ya iyalah namanya juga rumah sakit. Fasilitas lumayan lengkap, klinik anak, laboratorium, ruang NICU, fototerapi, fisioterapi, dll. Namanya juga rumah sakit ibu dan anak, pastinya fasilitasnya memadai buat ibu dan anak. Lokasinya sih strategis yaa, deket banget dari rumah gw. Ibaratnya tinggal ngesot, klo darurat ya 15 menit juga bisa nyampe Hermina. Terus strategis ya namanya di pasteur, deket kemana2, tempat nyari makan, supermarket ada di sekitar Hermina. Cuma sekarang si Hermina ini lagi dalammasa renovasi, agak bising, rame banget, bunyi2an tukang bangunan yang lagi kerja.

3. Limijati

Limijati sekarang udah jadi rumah sakit ibu & anak. Gedung udah direnovasi sejak terakhir 20009 gw pernah nengok temen lahiran disana. Konon katanya dulu yang punya juga seorang bidan. Tapi seiring berjalannya waktu, manajeman rumah sakitnya diperbaiki, didandanin sana sini deh jadilah sekarang Limijati jadi rumah sakit yang cukup mentereng di bandung. Dokter-dokternya juga banyak pilihan mo cewe ato cowo, dokter anak juga variatif. Fasilitas Limijati bisa dibilanng selengkap Hermina. Dari list harga persalinan juga dua rumah sakit ini bersaing. Lokasi LImijati jauh, di jalan Riau. Ini rumah sakit jaraknya paling jauh diantara hermina & emma.

Harga Lahiran di RSIA Limijati

Biaya Melahirkan di RSIA Limijati

 

Dari ketiga rumah sakit di atas, gw prefer buat lahiran di emma. Selain fasilitasnya cukup ok, hommy, biaya melahirkannya juga reasonable. Disini gw dapet keuntungan karena dr. tina dewi bisa ngebantu lahiran di emma & hermina. jadi tinggal pilih sih. Emang sih agak jauh dari rumah tapi mudah2an tanda2 lahiran & keadaan lalu lintas mendukung deh. Aamiiinn. Semoga si kakak bisa diajak kompromi hahaha. Buat keadaan urgent, gw juga udah booking buat lahiran di Hermina kelas 2. Kita kan ga tau klo misalnya ada apa2 ato keadaan yang darurat, Hermina bisa jadi alternatif karena paling deket dari rumah.

6 thoughts on “Hospital Tour

  1. Assalamualaikum,saya ingin mengucapkan terimakasih buat Bu Ameliamelkias atas info tentang persaratan buat SIM di jepang sangat membantu sekali lagi terimakasih banyak ya bu Wasalamualikum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s