37w4d

Rencananya kontrol minggu ke 37 ini dilakuin waktu weekdays. Hari rabu sekalian pengen nyobain senam hamil di hermina jam 5-6 sore. Untungnya dr. Tina dewi prakteknya rabu siang jam 2-4 sore, cocoklah. Nunggunya ga terlalu lama ampe jam 5.

Apalah mo dikata ternyata dr. Tina dewi ada tindakan sectio cesar kurang lebih 1 jam. Nunggulah sampe jam 5 kurang­čśŽ *mudah-mudahan masih sempet senam hamil* Ternyata jauh dari bayangan, operasi dr. Tina cepet banget belom sampe jam 5 udah beres. Untungnya juga gw pasien pertama hahaha jadi langsung deh masuk kamar periksa begitu dokternya dateng.

Begitu masuk ke kamar periksa, dr. Tina dewi bilang wah bu masuk 37w yaa biasanya udah mulai gelisah mo lahiran nih. Gw spontan ngomong iya nih dok udah deg2an gelisah pengen brojol :))

Seperti biasa suster ngolesin gel di perut gw buat usg. Gak lama dr. Tina dewi mulai nge-gerakin scnanner usg di perut gw sambil ngejelasin apa aja gambar & yang lagi diukur di layar monitor. Lingkar kepala (BPD) membesar 9.52 cm, lingkar perut 31,33 cm. Dapet deh estimasi berat kakak minggu ini 2958 gram, naek 1 ons hehehe. Lumayan kata dokternya, dikit-dikit naeknya yang penting selalu naek. 2 minggu ini timbangan gw cuma naek 3 ons horeeee. Alhamdulillah di minggu ini kepala kakak juga udah mulai masuk ke panggul hihihi *dance* mesti lebih sering gerakan jongkok-berdiri nih sama jalan pagi. Biar stamina naek & makin cepet lahiran. Keadaan plasenta juga ok alias bagus masih berfungsi dengan baik. Karena kadang-kadang di usia kandungan kaya gw sekarang ada plasenta yang udah jelek, bolong-bolong ato tua. Air ketuban juga cukup. Kali ini kontrol udah tiap minggu. Semoga aja di kontrol minggu depan si kakak udah sempurna masuk panggul terus udah ada tanda-tanda bukaan. Aamiiinn. Oiya kata dr. Tina dewi si kakak dari pergerakannya lincah & aktif hihihi.

Oiya di kontrol kemaren gw nunjukkin hasil lab di ypk menteng di awal kehamilan. Dr. Tina dewi setuju ga ngulang tes torch lengkap seperti yang dianjurkan dr. setyorini. karena udah deket lahiran juga biar tau kondisi gw yang update sekarang ini, gw disuruh cek lab darah rutin I sama urine lengkap. Gpp lah buat tau juga kondisi darah gw karena klo mo lahihran normal atopun sesar kan butuh hemoglobin yang tinggi. sedangkan urin buat diliat apa ada protein di urine gw ato ada infeksi yang lain. Vitamin yang dikasih ke gw masih sama, folamil genio & cavit. Alhasil setelah selese diskusi sama dr. Tina dewi gw sama papap buru2 deh ke apotek terus ke lab, ternyata kudu bayar dulu di kasir. cape deh. takut banget yak kagak dibayar. Ya sutralah mesti diikutin prosedurnya. Selese bayar ke kasir papap ngambil obat di apotek, gw nunggu diambil darah. Ga lama langsung deh dari tangan kiri diambil darah terus disuruh nampung urin. Hahaha. Untungnya dari tadi gw dah kebelet pengen pipis­čśŤ Akhirnya segala urusan beres deh tepat jam 5an, buru-buru deh naek ke gedung parkiran di atas tempat parkir motor buat ikutan senam hamil. Alhamdulillah masih sempet, belom dimulai.

Sebelum mulai senam, seperti biasa diperiksa dulu detak jantung si bayi satu persatu sama bidan. hari ini detak jantung kakak 150an, kata bidannya normal & bagus. Rentang detak jantung yang normal 120-160an. Senam hamil gerakannyabeda sama bellly dance. Senam hamil ngegerakin dari atas kepala sampe kaki. Semua badan deh. Enak buat ngurangin pegel-pegel. Dari peregangan kepala, tangan, gerakan inti pinggang, paha, punggung, kaki. Komplit. Gerakannya juga dilakuin dari mulai  duduk bersila, posisi merangkak sampai berdiri.

IMG_6264

37w4d

Leave a Reply

