Ramadhan Kareem

Alhamdulillah akhirnya gw sama suami bisa ngerasain lagi puasa & lebaran di Indonesia. Terutama buat suami yang ini kalinya ngelewatin puasa di Indo setelah 6 taun dilewatin di negeri sakura. Semoga ramadhan kali ngasih berkah buat keluarga kecil kita. Ramadhan kali ini semoga bisa sering-sering buka puasa bareng suami di rumah karena taun lalu suami sibuk banget di kantor. Senengnya deket sama keluarga besar. Insya allah bisa silaturahmi. Bakal ngerasain mudik nih hahaha. Walopun deket sih cuma ke Bandung doang xixixi. Oiya kita bakal mudik dari jakarta hahaha tetanggalah sama bandung. Sukur Alhamdulillah juga karena ramadhan kali ini kita udah dikasih rezeki yang berlimpah, sama Allah swt, doa kita diijabah, dikasih titipan kakak di rahimku. *elus-elus perut*😀 buat pertama kalinya puasa taun ini kita lewatin bertiga, mamam, papap sama kakak. Horeeeeee

Oiya ramadhan kali ini bisa sering2 denger adzan. Suasana yang beda sama waktu di jepang. hehehe. Lebih kerasalah ya. Aneka makanan khas lebaran bertebaran dimana-mana. Tinggal beli klo pengen. Bakal ada acara buka bersama bareng temen2, salah satu acara yang ditunggu-tunggu wkwkwk. KArena puasa kali ini gw lagi hamil, gw mutusin buat ga puasa karena beberapa pertimbangan. Sebenernya boleh aja ko klo puasa asal kuat, klo udah ngerasa ga kuat ya buka puasa aja. Riwayat gw yang dulu bulan ke-4 pernah kurang air ketuban bikin gw mikir 2x buat puasa, karena tingkat kebesaran mulai tinggi makanya gw takut kakak kekurangan cairan. Soalnya kurangnya cairan ketuban berdampak jelak buat perkembangan kakak. Apalagi masuk usia 7 bulan berat kakak makin besar yang akan mengambil ruang lebih besar di dalam rahim sekaligus perkembangan rahim yang juga membesar ngikutin perkembangan si jabang bayi. Kepala kakak yang udah ada di posisi bawah alias panggul, bikin neken2 kantung kemih alhasil beser bok! kadang-kadang kerasa banget linu deh. bolak balik toilet udah pasti apalagi kakak makin lincah gerakannya di dalem perut. Klo soal makanan sih gw ga takut kakak kekurangan asal kita penuhin gizi lengkap waktu buka puasa & sahur insya allah bisa ke-cover. Tapi soal cairan ini yang gw rada meragu. 13jam-an kita ga minum, gw takut si kakak meronta2 di dalem hehehe. Maklumlah kehamilan pertama ini gw jaga2 banget, abis udah ditunggu2 hehehe. Gw takut cairannya ga sebanding sama urin yang terbuang selama puasa. Gw ngerasanya pusing keleyengan klo kurang cairan apalagi perut makin tambah berat. Dari agama juga ada kebijakan yang membolehkan ibu hamil dan menyusui tidak berpuasa dengan ketentuan tertentu. Ada beberapa hadis tentang kebijakan puasa ato ga buat ibu hamil tergantung kita nyikapinnya. Ada yang bilang puasanya bisa diganti di hari lain, ada juga yang bilang harus bayar fidyah dan ga perlu ganti puasa ada juga yang bilang mesti bayar fidyah dan ganti puasa.

Sampe hari ke-5 ini alhamdulillah masih lancar nyiapin buka & puasa buat papap hehehe. Semoga lancar jaya sampe akhir puasa. Aamiin. Tiap hari masakin buka puasa & sahur. Heboh lomba masak sama anak kostan laen di dapur. kakak sama mamam juga ikutan buka puasa & sahur juga😀

Semoga ibadah di ramadhan kali ini bisa lebih baik lagi & diterima Allah swt. Aamiiinn

Sahur hari Pertama. Japanese Curry, Ayam Jamur, IKan Tenggiri, Melon, dan Pepaya

Sahur hari Pertama. Japanese Curry, Ayam Jamur, IKan Tenggiri, Melon, dan Pepaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s