Perpanjang Paspor via Online

Paspor gw abis tahun ini november 2014, masih 6 bulan lagi. Aturannya klo paspor abis bisa diperpanjang paling lambat 6 bulan sebelum batas waktu habisnya. Tadinya gw bakal perpanjang bareng sama bikin paspor si kakak setelah lahir. Tapi dipikir2 pengen juga nyoba perpanjang pake sistem online biar tau gimana cara & prakteknya. Oiya sekarang udah bisa tuh perpanjang paspor dimana aja kita berada, asal bawa syarat2 yang dibutuhin buat ngurusnya. Misalnya ktp kita bandung tapi mau perpanjang di jakarta ato bogor, bisa. tinggal daftar ke kantor imigrasi setempat & bawa syarat2nya. Ini yang bakal gw coba. gw bakal perpanjang di Kanim kelas I jakarta pusat. Dari hasil gw browsing ada layanan one day service jadi si paspor bakal jadi dalam waktu 1 hari, gw berharap program itu masih berlaku jadi gw ga mesti balik lagi ke kantor imigrasi buat ngambil paspor yang baru.

Sebelum memperpanjang paspor, gw liat dulu syarat apa aja yang mesti dibawa di situs imigrasi, pilih menu layanan publik lalu pilih paspor biasa, ato langsung ke http://www.imigrasi.go.id/index.php/layanan-publik/paspor-biasa#persyaratan nanti akan muncul syarat2 cara bikin paspor/perpanjang, prosedur, masa berlaku paspor, dan biaya.

Gw siapin satu per satu syaratnya, gw milih mending bawa syarat2 lengkap biar ga bolak-balik walopun di situsnya cuma disuruh bawa ktp, papor lama, kartu keluarga. Berikut ini syarat2 yg gw siapin, semua dokumen di-scan, hasil scan dalam bentuk file jpeg dengan ukuran 200MB-an (di situs imigrasi tercantum kisaran ukuran file yang akan di-upload 100-1,8 MB) :

1. ktp terbaru, karna gw baru pindah alamat

2. kartu keluarga terbaru, gw baru bikin semenjak gw nikah hehehe, isinya cuma ada nama gw sama papap *bentar lagi nambah nama kakak* amiin

3. akta lahir

4. surat nikah

5. ijazah (gw ga upload ke situs imigrasi, gw lampiran foto copy-nya aja ketika apply sayarat2 dokumen di kanim imigrasi)  

6. paspor lama  (halaman depan paspor)

Dari halaman depan http://www.imigrasi.go.id/ kita tinggal scroll bagian bawah halaman trus pilih layanan paspor online, otomatis kita masuk ke halaman berikut ini :

1

Selanjutnya kita tinggal pilih menu Pra Permohonan Personal nanti keluar halaman yang isinya kolom-kolom data pribadi yang harus diisi sesuai dengan data paspor yang akan kita ajukan. Karena gw bermaksud memperpanjang masa berlaku paspor, jadi gw pilih penggantian-habis berlaku. Kita juga harus mengisikan nomor paspor lama, pilih jenis paspor 48 H perorangan, nama lengkap dan nama sesuai yang tertulis di paspor, alamat email, kelamin, tinggi, tempat lahir, tanggal lahir (dd-mm-yy), pekerjaan (tinggal pilih jenis-jenis pekerjaan yang tercantum), status sipil (pilih sesuai dengan pilihan yang ada), nomor identitas (piliih ktp, NIK, atao ARC), tanggal ID dikeluarkan, tempat ID dikeluarkan (dd-mm-yy), dan ID berlaku sampai dengan (dd-mm-yy).

2

Selesai semua kolom diisi kemudian tekan ‘lanjut’ di kiri bawah, akan keluar pertanyaan apakah jenis permohonan tersebut yakin akan dilanjutkan ato tidak dan jenis paspor yang akan diajukan 48 H paspor perseorangan, maka kita pilih ‘lanjut’ selanjutnya akan ada kolom berikutnya yang juga harus diisi, diantaranya alamat rumah, alamat orang tua, kolom hubungan keluarga diantara ayah, ibu, dan suami/istri (nama, kewarganegaraaan, tempat lahir, dan tanggal lahir). Setelah semuanya diisi berikutnya tekan ‘lanjut’.

3

Tahap terakhir dari pengisian data online yaitu upload dokumen-dokumen yang udah di-scan.

4

Gw upload semua dokumen kaya ktp, kartu keluarga, akta lahir, surat nikah, halaman depan paspor lama dan ijazah. Situs imigrasi masih suka tiba2 lemot, jadinya mendingan bikin file scan dalam bentuk jpeg yang ukurannya 100-300kb, klo lebih lebih besar lagi suka lemot bikin lama upload-nya.  Selesai semua dokumen di-upload, klik ‘lanjut’, lalu kita pilih di kantor imigrasi yang akan kita datangi untuk mengurus paspor disertai tanggal kedatangannya. Maksimal kita bisa datang 1 minggu setelah pengisian layanan paspor online. Pengisian online beres deh, selanjutnya secara otomatis kita bakal dapet notifikasi dari admin imigrasi berupa resi yang harus dibawa untuk bayar pembuatan paspor ke bank BNI dan satu lagi resi tanda terima yang wajib dibawa saat datang ke kantor imigrasi. Oiya dari notifkasi yang dikirim admin imigrasi juga ada link untuk konfirmasi pembayaran dan link formulir isian yang harus diisi dan dibawa ketika datang ke kantor imigrasi.

Papap yang urus pembayaran pembuatan paspor ke bank BNI, tinggal nunjukin resi online dari situs imigrasi, bayar 255.00 plus 5.000 buat biaya administrasi total 260.000 trus kita dapet bukti bayar BNI 2 rangkap yang bakal diambil petugas imigrasi saat wawancara trus 1 lembar lagi buat kita ngambil paspor yang udah selesai. Setelah bayar langsung klik link notifikasi yang dikirim sama admin imigrasi buat konfirmasi pembayaran yang udah kita lakuin terus kita bakal dapet formulir isian yang harus dilampirin berbarengan dengan foto copy dokumen yang dibutuhkan saat datang ke kantor imigrasi. formulir macem ini akan diberikan secara cuma2 oleh petugas imigrasi klo kita daftar secara manual.

Hari H waktunya gw datang ke kantor imigrasi, gw pergi 6.30 dari kostan pake taxi. Cuma sekitar 15menitan gw dah nyampe kantor imigrasi di daerah angkasa, kemayoran. Begitu nyampe langsung gw liat ada antrian panjang di depan kantor imigrasi sebelum masuk kantronya, ternyata itu pemeriksaan dokumen & pemberian nomor antrian sementara, tulisannya antrian ‘walk in’. Gw langsung bilang ke petugasnya klo gw dah daftar online, langsung deh gw bikin antrian sendiri, beda sama yang antri ‘walk in’ dan dokumen gw langsung diperiksa terus dapet nomor antrian 11. Masuk terus duduk manis buat nunggu dipanggil meja resepsionis. 30 menit berikutnya sekitar jam 7 lebih gw dipanggil buat ke meja resepsionis buat dapet map kuning & periksa dokumen. dari meja ini gw nunggu sampe jam 8 kurang buat dipanggil naek ke lantai 2 buat dapet nomor antrian foto & wawancara di lantai 2. Di lantai 1 gw dapet nomor antrian 11, begitu naek ke atas jam 8.15an gw dapet nomor A041 buat foto wawancara. Almak ternyata nomor antrian di lantai 2 itu dicampur antara antrian yang ‘walk in’ sama lansia/ktp seumur hidup jadinya nomor antrian otomatis mundur. Dalem hati udah panik deh, mudah2an aja bisa kelar wawancara sebelom jam 10. Gw nunggu sekitar 45 menit, jam 9 kurang gw udah dipanggil buat foto & wawancara, Alhamdulillah. Loket foto & wawancaranya ada 1o biji, baguslah jadinya ga ada penumpukan antrian yang lama banget buat sekedar foto.

Asalnya gw dipanggil disuruh masuk ke loket 3 buat foto, ternyata karena loket 8 b\kosong, jadinya gw dipindahin kesana *baguslah, makin cepet dong* disini, data2 kita diinput ke komputer sama petugas sambil ditanya2, gw ditanya alamat tinggal di jakarta, kenapa perpanjang paspor di jakarta padahal ktp bandung, petugasnya juga nanya apa pekerjaan kita terus tujuan kita buat paspor. bukti bayar pembuatan paspor ke BNI 1 lembar diambil si petugas buat disatuin sama berkas2 gw, yang 1 lembar lagi dikasih ke gw buat ngambil paspor yang udah selesai di loket pengambilan paspor.  setelah si data selesai diinput gw pindah meja ke petugas yg kedua di loket yang sama buat foto sama sidik jari. Disini gw foto ga pake kaca mata terus verifikasi data yang udah gw masukin untuk paspor baru. Kita juga bisa liat langsung data paspor lama kita secara online. Kedua data itu dibandingkan. Disini bener2 deh gw periksa lagi nama, tgl lahir, alamat biar ga salah waktu pencetakan paspor baru. Oiya disini juga kita buat sidik jari kesepuluh jari, sayangnya ga semua jari gw bisa direkam sidik jarinya. ehehe entah kenapa segitu udah bolak-balik pake lotian biar alatnya bisa nge-rekam sidik jari gw tapi tetep tetoott ga bisa wkwkwk, sutralah si petugasnya juga bilang gpp😛

Selesai cek data online, kita disuruh tanda tangan surat pernyataan penyerahan dokumen untuk pembuatan paspor &  resi tanda terima yang dikasih petugas buat ngambil paspor yang udah selesai. Jam 9.15 gw udah selesai foto & wawancara. Alhamdulillah. Eeh sayangnya ternyata si paspor tuh ga jadi dalam 1 hari, 3hari kerja baru selesai alias hari jumat gw mesti balik lagi ngambil paspor yang baru. Dari ruangan foto & wawancara gw pipis dulu ke toilet, lumayan bersih juga nih toilet imigrasi, biasanya jorok hehehe, maklum bumil ini udah beser kemana2. Gw terus nyambangin loket bank BNI, nunjukin bukti bayar paspor sama resi pengambilan paspor, petugasnya bilang paspor yang udah jadi bisa diambil di hari jumat jam 08.00-14.00. Sebelum pulang, gw cek sekali lagi nanya ke loket pengambilan paspor kapan paspor gw bakal jadi, ternyata informasi yang gw dapet sama klo si paspor baru bisa diambil di hari jumat jam 9. Baiklah jadinya sudah tak ada lagi one day service, pembuatan paspor kembali ke prosedur awal 3 hari kerja baru selesai. Tapi gpp deh gw cukup puas sama pelayanan kanim jakarta pusat ini, antrian cukup tertib dan cepat, on time pula, ga buang2 waktu percuma. Oiya kita juga dateng aja sesuai dengan tgl yang udah ditentukan oleh petugas imigrasi kapan paspor kita jadi. Dalam kasus gw, paspor jadi dalam waktu 3 hari kerja. Selasa foto & wawancara, jumat gw ambil paspornya. Waktu ngambil paspor kita cukup bawa resi pengambilan paspor yang dikasih waktu kita foto & wawancara sama bukti bayar paspor yang dikeluarin BNI. Kemaren ini waktu ngambil petugas imigrasi bilang ke gw ngambilnya jam 9. Gw dateng dari jam 8.15. Tinggal kasi resinya terus tunggu dipanggil. Alhamdulillah 30 menit nunggu nama gw dipanggil, paspor yang baru diperlihatkan apakah benar ato ga. Jika benar, kita tanda tangan itu paspor di kolom tanda tangan pemegang paspor terus isi buku besar data pengambilan paspor. Paspor lama langsung dikasih sama petugas imigrasi ke kita, ga perlu pake surat pernyataan & materai 6000. Sebelum pulang kita diminta untuk foto copy halaman depan & belakang paspor terus dikasih ke loket pengambilan paspor buat arsip. Paspor jadi deh.. siap buat nyusul papap ke Jepang Horayyy :))

Sekian sharing gw tentang perpanjang paspor online, semoga ada manfaatnya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s