BALI….Babymoon (3)

Postingan lanjutan dari 2 postingan tentang babymoon gw bulan lalu. hehehe. Hari ketiga di Bali itu hari terakhir, di dalem paket ahri ketiga ini diisi sama kunjungan ke daerah Bali bagian utara, jaraknya agak jauh dibandingkan dengan hari kedua. Pagi2 jam 9an kaya biasanya Bli Komang udah jemput kita di Maria Hotel. Tujuan pertama kita ke Pura Taman Ayun. Salah satu pura yang menjadi destinasi wisatawan. Di pura ini juga beberapa hari yang lalu kata Bli Komang diadakan upacara Galungan. Pura ini terletak di daerah Ayodya. Dibangun oleh dinasti Mengwi pada tahun 1634. Pura taman ayun terletak seperti “di tengah-tengah pulau” yang dikelilingi oleh sungai. Kalo di Jepang mirip kay Imperial Palace. Dikelilingi sungai. Pura Taman Ayun yang utama dikelilingi oleh benteng dan pengunjung dilarang masuk, hanya diperkenankan buat foto dari sekeliling pura bagian luar aja. Asri banget tempatnya. Selain ada Pura, di bagian luar pura ada kebun yang ditanami pepohonan kaya angsana, mengkudu, belimbing, ada juga gazebo buat sekedar duduk-duduk. Cukup luas untuk ukuran ruang terbuka.

Selesai keliling-keliling di Pura Taman Ayun kita langsung cabut ke daerah Bedugul, daerah sebelum Singaraja, daerah di pegunungan yang adem banget kaya Lembang. Perjalanan yang ditempuh cukup lama hampir 2 jam. Di Bedugul tujuan kita buat liat danau buatan yang di bagian tengahnya ada ada pura, Pura Ulun Danu Bratan. Perjalanan ke Bedugul naik-naik ke atas gunung, jalan yang berkelok, kiri-kana hutan persis klo kita ke Lembang, udaranya sejuk, angin sepoi-sepoi. Di sisi jalan kita ketemu sama toko Joger, katanya ini toko yang ke-2, karena di Bali Joger cuma ada 2 toko, terus ada juga cafe-cafe yang ngejual kopi luwak, cocok banget karena cuaca yang dingin-dingin. Puranya uni di tengah danau, sebelum  ke Pura kita disuguhi taman terbuka yang cukup luas, ada gazebo, patung-patung, ayunan, ruang terbuka yang memang dijaga dengan berbagai pohon. Banyak banget orang yang foto2 dengan background si pura yang jadi primadona. BAhkan ada tukang foto yang menawarkan jasanya untuk foto yang langsung bisa dicetak. Jadi inget jaman dulu klo ke kebon binatang banyak tuh tukang foto yang nawarin buat foto yang bisa langsung, nanti di fotonya ada tulisan kebon binatang bandung ahahaha,

Pura Ulun Danu Bratan

Pura Ulun Danu Bratan

IMG_5688

Selese foto2 di Pura Ulun Danu Bratan, gw nunggu suami buat solat jumat dulu, kebetulan di deket situ ada mesjid gede banget deh, Alhamdulillah masih bisa nemu mesjid juga hehehe. Oiya selese solat kita lanjut makan siang dulu di restoran yang tetanggaan sama si masjid juga. MAkannya all you can eat, enak juga makanannya lebih variatif dibandingin resto yang kemaren siang di GWK. Ada salad, makanan indo kaya pecel, ikan atopun daging, sayur, nasi ato roti, dessert, buah, bahkan sampe ada bubur ketan hitam dong hahaha. Kenyang deh hehehe. Selese makan kita balik lagi ke mesjid karena gw belum solat. Dari Bedugul kita langsung meluncur ke Tanah Lot, kita bakal liat sunset disana, Lamanya juga perjalanan ke Tanah Lot sampe2 yang ada kita tidur tuh di mobil. Tanah Lot juga destinasi yang terkenal di Bali, sering juga upacara2 keagaamaan dilakuin disini, daerah Tanah Lot salah satu penghasil beras yang bagus

IMG_5665

Tanah Lot

Tanah Lot

Tanah Lott

Ternyata ada banyak Pura di Tanah Lot ini, yang terkenal Pura yang di tengah laut, pura yang batunya bolong, dan ada satu lagi pura yang kecil letaknya paling jauh dari pura di tengah laut. Banyak juga orang yang nungguin sunset disini, masing2masing udah nge-tag spot yang pewe buat ngambil foto sunset, ada yang cuma pake kamera handphone, kamera poket bahkan kamera SLR lengkap sama tripod. Tapi sunset yang kita dapet kurang bagus soalnya agak ketutupan awan, ga secerah kaya di Uluwatu. Selesai sunset kita langsung cabut balik ke kuta buat dinner di ayam betutu deket hotel. Jalanan macet, banyak banget mobil kecil ato pun bus yang keluar bersamaan dengna tujuan yang sama dari tanah lot ke kuta, denpasar, etc.

Sunset in Tanah Lot

Sunset in Tanah Lot

Tanah Lot

Tanah Lot

IMG_5674

IMG_5678

 

Perjalanan dari Tanah lot sampai ke Kuta lumayan lama hampir 2 jam, perut udah kroncongan hahaha. Akhirnya setelah menembus kemacetan nyampe juga ke Ayam betutu deket Maria Hotel. Ini ayam betutunya halal, Alhamdulillah. Lumayan juga banyak orang yang makan. Ini salah satu kuliner Bali yang mesti dicobain. Sajiannya nasi lengkap sama ayam, sayur, kacang, sate lilit, sup ayam. Setelah gw cobain, ternyata ga terlalu cocok di lidah, rempahnya kuat banget tapi yang gw suka sop ayamnya, seger banget assem-asem gurih gitu. GA dua kali deh nyobain ayam betutu hehe, ga kuat sama rempahnya.

Ayam Betutu

Ayam Betutu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s