23Weeks

Sebelum pergi babymoon ke Bali memang gw rencain buat kontrol si kakak ke dr.setyorini karena emang udah waktunya kontrol bulanan sekaligus mo minta surat izin terbang, takutnya ditanya sama maskapai penerbangan yg kital bakal pake buat ke Bali. Alhamdulillah buat kontrol kali ini si papap bisa ikut hehehe. Syeneeeennggg.

Seperti biasakita kontrol di Hermina Paster jam 3 siang sesuai jadwal praktek dr.setyorini, sebelumnya gw dah daftar lewat telpon jadi tinggal daftar lagi sesuai urutan dateng. Kita dateng setengah jam sebelumnya dengan asumsi pengen dapet pasien pertama biar cepet selese. Seperti biasa cek tensi darah normal 110/70. Dari awal kehamilan tensi darah gw ga pernah lebih dari segitu paling yang ada suka kurang 100/70-110/70, kata susternya itu termasuk range normal buat ibu hamil. Yang paling bikin syok itu BB gw bulan ini 65 kg bok😦 langsung mewek deh, haduuh naiknya banyak banget dari bulan Apriil kemaren, 4kg, duh apa kata dunia ini. si dokter bakal bilang apa. baru juga 5 bulan kan BB udah over banyak banget, alamat bakal diet ini mah sepanjang sisa bulan hamil. Emang parah betul. Selama nunggu si dokter dateng, gw dikasih snack sama minum yg all you can eat & drink sama puding. Diinget-inget emang parah banegt sih bulan ini pola makan gw, di rumah mamah kerjanya makan mulu 1 hari 3x plus snack time  yang ga pernah kelewat, bulan ini gw nyadar sih sering banget makan bubur kacang ijo trus sop buah itu kan dua-duanya manis, ini yg bikin BB gw naek drastis. *garuk-garuk kepala* Gw juga kebo, ga pernah ngerjain kerjaan rumah gimana ga bakal kaya gajah bengkak :)) KOntrol kali ini lama banget deh nunggu dokternya, mana ada ya sejarah dokter yang nungguin pasien yang ada mah sebaliknya. karena pasen yg butuh sama dokter. *mulai emosi* si suster blang klo dokternya lagi ada tindakan sesar yg prosesnya aga sulit makanya lama, hampir 2 jam gw nunggu. si dokter baru nongol jam 3an lebih, hampir asar. Untungnya gw dapet nomor satu jadi begitu dateng langsung eik masuk ke kamar pemeriksaan.

Sama kaya bulan lalu tiap pemeriksaan gw USG. Kali ini pemeriksaannya lebih detail ada laporannya karena udah masuk 5 bulan. di bulan ini juga kelamin kakak bakal lebih jelas keliatan hehe. Amiin. Di layar USG udah kakak udah tumbuh makin gede hehhe, ga kecil kaya bulan-bulan kemaren yang bisa keliatan seluruh tubuh. jadi mesti diliat per bagian badan kakak. Di bulan ini juga diperiksa seluruh organ kakak lebih detail karena semuanya udah kebentuk sempurna. istilahnya pemeriksaan fetomaternal, kebetulan dr. setyorini ini alhi fetomaternal yg mempelajari kelainan ato kecacatan pada bayi. Jadi klo ada sesuatu yg abnormal dari si bayi insya allah bisa diketahui dari umur kandungan 5 bulan.

Dari hasil pemeriksaan Alhamdulillah kakak normal semuanya, kehamilan tunggal, hidup intrauterine simetris sesuai umur kehamilan 20-21 mg, ukuran biometri janin normal, letak janin dan plasenta normal tidak menutupi jalan lahir. Oragan jantung punya ruangan lengkap dan sempurna, cairan ketuban cukup, lambung terisi, detak jantung dalam batas normal.

Hasil Pemeriksaan Fetomaternal

Hasil Pemeriksaan Fetomaternal

Oiya setelah diliat bagian selangkangan kakak ga ada monasnya, so it’s gonna be baby girl😀 hehehe.. Alhamdulillah apa aja deh yg penting sehat sempurna mulus rahayu ya kak.. Pengen cepet2 brojol deh, penasaran mukanya mirip siapa papap ato mamam yaa hehehe..

photo 1

photo 2

 

Setelah USG biasanya gw diskusi sama dokter, langsung deh dokter nyemprot kenapa BB gw naeknya dahsyat banget dari bulan lalu. Emang dr awal hamil track record BB gw ga pernaik terlalu signifikan paling 0,5-1 kg tiap bulannya, itu termasuk wajar. Langsung deh kena nyap-nyap hahaha. Alhasil terakhirnya dokter suruh diet, yg penting banyakin sayur & lauk, terus suruh stop semua roti2, makanan yg berbahan dasar tepung, cemilan manis2, gorengan juga mesti dihindari. yang boleh dimakan cuma buah itu juga klo bisa buah yang ga terlalu manis, dokter bilang kaya pepaya, melon bagus buat pencernaan biar ga sembelit juga netral ga terlalu manis. PR banget deh wkwkwk, oiya gw juga mesti ngurangin nasi, sedikit aja klo masih laper banyakin lauknya terutama sayur. Klo bisa juga sayurnya yang berkuah jadi cepet kenyang. Dokter bilang gw cuma boleh naek 6 kg lagi sampai nanti lahiran, karena batas kenaikan BB yang normal tuh 12kg-an, dokternya takut klo gw terlalu gede susah buat lahiran normal, apalagi ini anak pertama juga yang notabene bakal lama tuh prosesnya, teorinya bisa sampe 16jam. Gw seneng dokternya concern sama BB gw, biar ga terlalu gendut. hehehe secara gw gampang banget naek BB tapi susyaahh nuruninnya. KIta liat apakah bulan depan gw berhasil buat nurunin BB ato stabil hehehe. Gw juga udah bertekad harus sering-sering jalan nih biar olah raga, badan gerak. Ternyata sekarang 65 kg aja badan rasanya udah berat banget, males ngapa2in apalagi ntr klo udah 8bulan apalagi 9 bulan yg perut udah gede banget terus berat. Bukan cuma soal BB, dokternya juga bilang yg penting berat janin normal sesuai kurva standar biar nanti pas lahirannya ga susah. Apalagi gw ngerasa pinggul gw kan kecil, bakal usaha lebih keras buat ngeluarin si kakak, ini juga kejadian sama nyokap gw yg pinggulnya jg kecil, sama si dokternya dibilangin bisa lahiran normal tapi usaha ibu ngeden harus lebih kuat ga semudah klo pinggulnya yang gede. Gw juga punya keluhan gatel-gatel itu di sekitar payu dara, selain stretch mark yg udah nongol sejak 3 bulan hiks hiks hiks. Ternyata itu juga biang keringet biasa, dokternya bilang suruh pake caladine cair sama stop gorengan & yg manis2, kata dokternya klo stop pantangan itu gatel2nya bakal berkurang. Klo stretch mark mah ya sutralah mesti rajin aja si kulit mesti dibikin lembab trus jangan digaruk. Oiya sebenernya sejak bulan kedua gw suka keputihan, tapi makin kesini maskin sering sih apalagi udah makin beser, dokternya bilang disuruh cebok pake lactacyd sama sering ganti celana dalem, usahain pake yg bahannya cotton.  Dokternya juga nanya apa gw suka pake softex ato semacamnya, gw bilang gw paling klo abis pipis dilap pake handuk aja sama sering ganti celana dalem. Dokternya bilang udah bagus, diterusin aja sambil cebok pake lactacyd. Di akhir konsultasi gw dikasih vitamin kalsium buat 1 bulan, diminum setiap hari. Gpp deh. Takutnya asupan kalsium dari makanan kurang, sedangkan pembentukan & perkembangan tubuh kakak bakal makin pesat tiap harinya. Gw juga bilang ke dokternya klo vitamin herbal yg dikasih bulan April & folamil genio masih ada, disuruh diabisin juga.

Leave a Reply

