14weeks

Di bulan ke-3 kehamilan gw Alhamdulillah lancar jaya, Ga ada keluhan yang berarti. Alhamdulillah sehat-sehat. Udah sebulan lebih ini gw di bandung hehhe. Makmur sentosa hehehe. Bulan ini gw ngerencanain buat kontrol si kakak nanti klo papap udah pulang. rencananya ke dr.setyorini lagi. Biar konsistenlah yaa.

Sejauh ini perut belum terlalu gede tapi yang lain udah pada gede hahaha, badan maksudnya. Payu dara udah dari awal positif mulai membesar, salah satu tanda dari sekian banyak kehamilan karena persiapan untuk menyusui. Tangan gw juga makin gede hiks, entahlah klo gendut bagian ikut membesar. Klo pantat gimana? jangan ditanya klo cewe hamil pantat, paha membesar. Gppp lah semoga nanti abis brojol gw bisa ngecil-in bagian2 yang memebsar😛

Alhamdulillah si papap pulang sesuai perkiraan jadi bisa nemenin buat kontrol kakak hehehe. Oiya sebelum kontrol kita nyempetin buat hospital tour, tapi cuma satu yang kita kunjungin hehehe, Rumah Sakit Emma Poeradiredja. Ini rumah sakit udah ada dari tahun 1956, jaman si mamah ini rs udah ada dulunya klinik bersalin. Udah ga asing lagi dong sama RS Emma soalnya sebelahan sama SMP kita jaman dulu, SMP 2 hehehe. Kita pengen banget liat ruangan bersalin & perawatan di RS ini soalnya ini bakal jadi kandidat buat lahiran kakak. Dari luar sih keliatan kaya rumah sakit lama, emang iya sih, hehehe walaupun bangunannya udah direnovasi sana sini sih. Untungnya waktu kita bilang ke susternya pengen liat kamar perawatan kebetulan kamar-kamarnya lagi kosong, jadi bisa bebas masuk buat liat sepuasnya trus ambil foto deh. Di RS Emma kamarnya bersih2, yang peasti luamyan besar, dan terawat. Disini ruang perawatan dimulai dari kelas 3 sampai kelas VIP A. Kita juga dapet gambaran harga paket persalinan. Harganya buat kita reasonable daripada rumash sakit yang lain *gw udah nanaya2 sih biaya lahiran lewat telpon walopun belom dateng langsung liat kamarnya*. RS Emma ini juga lumayan lengkap udah ada fasilitas phototherapy dan laboratorium.  Kebetulan memang kita pengen sama dr. setyorini yg praktek disini karena rencananya pengen lahiran disini.

Paket Persalinan 2014 RS Emma Poeradiredja

Paket Persalinan 2014 RS Emma Poeradiredja

Kali ini kontrol kakak di Hermina pasteur setelah kita liat2 kamar di emma poeradiredja. Karena memang ngejar praktek dr. setyorini hari selasa-jumat. Senengnya waktu di usg karna kakak udah mulai keliatan besar hehehe. kepala-badan-kaki terlihat jelas. Waktu di usg kakak lagi lincah banget, gerak-gerak sambil dadah2 hahaha hihihi si poapap seneng banget liat bocahnya aktif, Alhamdulillah. Tangan-kaki-paha juga udah sempurna. Jarinya lengkap ada 5. Posisi kakak melintang gt, klo berdasarkan layar usg posisi kepla kakak ada di perut sebelah kanan melintang, kakinya ada di perut sebelah kiri. Oiya dengan ukuran kakak yang semakin besar & panjang, ukuran geometri kakak juga bisa otomatis diketahui lewat perhitungan dari mesin usg.

Kakak 14weeks 2 Day

Kakak 14weeks 2 Day


photo 2

Penasaran sama kode2 hasil usg, gw cari artinya biar tahu detail tentang kakak hehehe

LMP : Last menstruation periode, hari pertama haid terakhir (HPHT)

GA : Gestational age, perkiraan ukuran kehamilan, pengukurannya berdasarkan panjang tungkai lengan atau diameter kepala

EDD : Estimated delivery due date, perkiraan HPL (Hari perkiraan lahir) berdasarkan tanggal terakhir mens

EFW : Estimation fetal weight, perkiraan berat janin

FW : Fetal weight, berat janin

BPD : Biparietal diameter, ukuran tulang pelipis kiri dan kanan biasanya digunakan untuk mengetahui ukuran janin di trimester kedua dan ketiga

HC : Head circumferencial, lingkaran kepala

AC : Abdominal circumferencial, ukuran lingkaran perut bayi, biasanya disatukan dengan BPD nanti akan dihasilkan berat bayi (trimester 2 dan 3)

FTA : Fetal trunk abdominal, panjang badan janin

FL : Femur lenght, ukuran panjang tulang paha bayi

GS : Gestational sac, ukuran kantong kehamilan berupa bulatan hitam (ukuran kehamilan di trimester pertama)

CRL : Crown rump lenght, ukuran jarak dari puncak kepala bayi sampai ke tulanng ekor bayi (trimester satu)

F-HR : Fetal heart rate, frekuensi detak jantung bayi

Dokter bilang keadaan kakak Ok, estimasi beratnya sekarang 79 gram dengan panjang badan janin (FTA) 4,54 cm2, ukuran janin dari ukuran BPD 2,44 cm, lingkaran perut (AC) 7,55 cm. Over all ukuran tubuh kakak normal di usia kehamilan 14weeks.

Alhamdulillah😀 cepet tumbuh gede ya nak…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s