Kehamilan Trimester Pertama

Setelah tau klo gw hamil, gw mulai menghindari pantangan2 makanan yg diwanti2 dokter, contohnya mayonais, makanan mentah, lalab-lalaban, makanan yang dibakar, etc. gw juga mulai ngatur nutrisi yg masuk ke badan, gw banyakin makan sayuran & buah-buahan tiap makan sama ngurangin jajan2 yg ga penting apalagi yg kadar gulanya tinggi. Gw juga usahain buat minum susu, buat nambahin asupan kalsium karna ibu hamil butuh banyak kalsium buat pembentukan tulang si jabang bayi. Oiya, gw jg ga minum susu ibu hamil karna gw percaya sebenernya ga ada tuh susu buat peruntukkan ibu hamil, selama gw tinggal di jepang ga susu model kaya gt. susu dimana2 ya sama “fresh milk” mau diminum anak kecil, orang dewasa atopun ibu hamil. Lagian susu cuma sebagai pelengkap penambah kalsium, kebutuhan mineral dan vitamin bisa kita dapatkan dari nutrisi yg ada di tiap asupan makanan yg kita makan sehari-hari. Lagian buat gw rasa susu ibu hamil tuh terlalu manis, gw emang ga suka makanan yg terlalu manis. Kebiasaan minum susu yg plain keles­čśŤ Sejak hamil juga gw rutinkan buat banyak makan buah sama sayur, harus. Karena bagus buat janin, selain itu banyak yg bilang bisa bikin ASI makin banyak. Dari buah-buahan juga kita bisa dapet folat alias vitamin B3 yg dibutuhin banget buat ┬ákehamilan di trimester pertama, buat pembentukan┬áneural tube, jaringan sama organ2 si janin. Meskipun selama sebulan awal hamil gw juga minum vitamin dari dokter, prolacta DHA ini minyak ikan buat otak janin sama asam folat. Emang sih ga bisa kita hindari makanan di indo ga semuanya kualiatasnya bagus, seringnya kita jajan ini itu karena laper mata juga bikin asupan makanan buat bumil kurang terjamin, makanya perlu vitamin. Gw sih manut aja, ayo diminum walopun rasanya si DHA alias minyak ikan itu ga enak, eneg! Klo folat rasanya biasa aja, karena bentuknya tablet pada umumnya merknya┬áfolavit.

Di awal trimester ini, Alhamdulillah gw ga ngerasain yg namanya muntah2,┬ámorning sickness. Baiknya kakak sama mamam :* Alhamdulillah ngalir gitu aja. Alhamdulillah juga enak makan, enak tidur klo yang satu ini jangan ditanya, selalu enak hahaha. malah cenderung keblug. Tapi klo kata mamah gw di bandung katanya keliatan sih lebih keblug lagi kaya emang yg hamil. Ini sebelum ketauan hamil loh hehehe. Gw jadi males ngerjaian apapun. pengennya ya males2an, gogoleran gitu. *excuse* dari dulu emang males. Gw juga ga susah makan selama hamil ini. Apa aja masuk. Tapi jadi suka yang seger2 berkuah macem soto, sop gitu apalagi klo panas2. Oiya gw juga ga ngidam mangga muda kaya yg orang2 pengenin selama hamil muda. Semua buah juga mau mo yg muda ato yg tua. Keinginan spesifik ngidam juga ga ada, ya wajar sih klo pengen makan yg agak ‘aneh2’ hahaha. Oiya kemaren tuh gw pengen makan masakan Jepang, alhasil abis suami pulang kantor langsung janjian GI buat dimakan Louvre hehe. Untungnya ada resto, gw lupa nanya apaan. Sebelum masuk makan, seperti biasa suami tanya halal ato ga karena emang dia ga punya label halal. Pelayannya bilang halal, Alhamdulillah. Tancap. Gw pesen ramen plus chicken katsu. Mana ada di Jepang gw bisa makan ramen, yang ada mah bikin mie ayam di rumah. Perlu diketahui klo semua ramen tuh HARAM, kenapa? karena pake babi. kecuali ramen vegetarian yg dulu pernah kita coba di Ramen Museum. Klo lainnya sih dijamin mengandung babi. Alhamdulillah kesampaean tuh makan masakan jepang hihihi. Bumil jingkrak jingkrak. Gw juga pernah minta cariin martabak pisang keju, Alhamdulillah kesampean juga. Suami nemu itu martabak di bendungan hilir, agak jauh sih dari kostan tapi gpp deh demi si kakak­čśÇ Di awal hamil ini juga gw jadi males masak, bawaannya bau gitu. ga nafsu klo makan masakan sendiri. Bawannya pengen makan yang gurih2,┬áspicy jadinya seneng deh klo makan masakan padang apalagi rendang, beuuhh klo udah ketemu rendang makannya banyak banget. hahaha. *rewog*

Selama hamil ini juga gw STOP sama sekali minum kopi. huff syediiihh :(((( rasanya gatel banget pengen nyuruput kopi hadeeuhhh. Tapi apa mo dikata suami gw ngelarang abis buat minum itu kopi, paling banter gw boleh minum coklat sama teh tarik doang. huksss itu juga tetep ga boleh banyak2 sih. Emang kafein itu ngehambat penyerapan kalsium buat janin, tapi yg gw baca batas minum kafein buat bumil per ahri ga lebih dari 200mg ato 2┬ácup┬áinstant┬á┬ácoffee. ┬áBisa jga sih diganti sama kopi yang decaffeine. Jadi gw paling banter cuma nyium harumnya kopi hahaha, demi kemaslahatan si kakak. Oiya ada lagi mitos yang karena hamil makan jadi harus 2x lipat, it’s a big no no, karena ga segitu banyaknya kalori yang dibutuhin badan kita, janin di dalam rahim juga udah punya mekanisme sendiri buat nyerep nutrisi yg dibutuhin untuk setiap perkembangannya. Jadi klo berlebih itu semua bakal ada di ibu. Ini nih yg sulit hahaha. Tapi gw selalu usaha buat ngatur apa asupan yg gw makan, gw juga pengen terlalu gemuk karena hamil yg penting jabang bayi sehat dan ga defisiensi gizi. Yang gw tau dr emak2 yg hamil di Jepang *sebenernya gw pengen banget hamil disono* mereka tuh ketat banget dikontrol kenaikan badannya jadi jangan heran ga ada tuh emak2 yg gendut abis ngelahirin, dokternya bawel banget apalagi suster. Klo kita ga mo nurut mereka ya dokter & suster ga mo juga nanganin kita. mereka dibatas klo BMI normal (body mass index) normal, mereka cuma boleh naek 10-15 kg *yg ini gw lupa2 inget, tapi sekitaran segitu deh*. Dokter di jepang emang┬áconcern banget sama BB alias berat badan, katanya sih mereka ngejaga biar tulang panggul wanita ga rusak, karena yg kita tau orang jepang tuh kecil2 kan, katanya sih takut beban ketika hamil terlalu berat jadi ada efek berlebih sama badan mereka. Bagus juga sih. Trus kata dokter jepang yang penting bayinya sehat, BB bayi cukup lahir lebih enak ngeluarin bayinya kecil lebih gampang trus gedein deh diluar. Beda sama dokter di Indo yg rata2 klo kata gw sih ga ada tuh yg merhatiin berat badan, selagi bumil senang dan jabang bayi beratnya OK ya hajar bleehh!!. Mudahan ya gw bisa jaga BB hahaha biar ntar lahiran normalnya ga susah, katanya sih klo kitanya terlalu gemuk, berat juga kebadan kita, nafas jadi terengah2 klo kitanya gendut, buat bergerak aja udah sulit. Haduh jangan sampe deh. Semoga bisaaa *semangaaatt*

Selama hamil muda ini juga klo makan jadi sedikit porsinya klo kebanyakan perut rasanya begah banget, penuh ampe eneg. Tapi klo telat makan jadinya puyeng :)) Ya jadinya gw lebih banyakin lauknya daripada nasi. Oiya katanya juga klo pengen bayinya gendut, asupannya cukup harus banyak protein daripada karbohidrat. Makanya gw banyakin tuh protein, klo karbohidrat jadinya ke ibunya aja yg gede. Di bulan-bulan awal juga gw sempet bosen sama nasi, jadinya gw makan beras merah luamyan indeks glikemiknya tinggi jadinya ga gampang laper, nasinya bisa dikit, kerasa lebih kenyang daripada nasi putih. Gw juga seneng tuh lontong, roti, oat meal,┬ákentang digoreng ato direbus pokonya yang bukan bentuknya nasi deh hahaha. Di awal hamil timbangan gw sempet turun 1 kg tapi udah gitu naek sih tapi masih cukup normal naek 1kg klo ga salah. Perut masih belum keliatan ibu hamil karena ukuran janin juga masih kecil banget. ┬áKadang gw juga bingung ko gedean perut atas ya itu sih karena emang buncit alias gendut wkwkwk. tapi klo pipi sama tangan jangan ditanya membulat bok!, secara fisik yaa badan berubah sih, itu kata emak gw yg merhatiin hehehe. kata suami juga sih jadi bulet hehehe. Dasarnya emang bulet makin deh menjadi bulat­čśŤ

Leave a Reply

