Ramadhan Kareem

Taun ini, ramadhan gw yang kedua di negeri sakura juga sebagai pasutri. Ramadhan kali ini sama kaya taun lalu,jatuh di musim panas jadi waktu puasa yg lebih panjang karena siang jadi lebih panjang dibandingkan malam. Seperti biasa ritual di awal ramadhan, ga di indonesia atopun di jepang ada perbedaan penentuan tentang kapan dimulainya puasa. Ada pendapat yang menentukan awal puasa pake metode hilal ato nisab. Di jepang, penentuan awal puasa dilakukan oleh organisasi islam yang memakai metode hilal. Namun keputusan diambil melalui diskusi oleh beberapa perwakilan organisasi islam. Taun ini kami mulai puasa tanggal 9 juli sama kaya di indonesia, tapi ada juga yang memulai puasa lebih cepat 8 juli. Mo kapan pun mulainya yang penting kita bisa jadi lelbih baik di ramadhan kali iniūüėõ Rutinitas sehari-hari di ramdhan kali ini ga jauh beda sama kaya taun lalu.¬†Sahur jam 2, subuh jam 3 udah jadi rutinitas sehari-hari. Kadang-kadang ya kelewat juga tuh sahur hahaha karena tidur yg terlalu malem, misalnya jam 11/12 sedangkan sahur jam 2 otomatis bablas sebablasnya :)) Ujian lainnya cuaca yg panas disertai kelembaban yang tinggi bikin badan berkeringat, kerasa banget hausnya. Paling ga kuat klo keluar rumah dengan panas terik, rasanya kaya kebakar *lebay* Tapi di minggu ke 2-3 di bulan juli ini cuaca di jepang lagi aneh, seringnya turun ujan & mendung bikin suasana jadi lebih adem. Alhamdulillah….

Di bulan ramadhan ini juga banyak dimanfaatkan orang sebagai ajang silaturahmi, banyaknya acara buka puasa bersama *bukber* setiap minggunya bikin kita ketemu banyak orang yang berbeda. Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap minggunya di SRIT (sekolah republik indonesia) ada buka puasa bersama, ini nih yg gw maksud acara bukber yang jadi ajang seluruh muslim & muslimah di sekitar tokyo buat bersilaturahmi. setiap minggunya banyak komunitas pengajian ato organisasasi muslimah yang bertugas buat nyiapain menu berbuka puasa. Taun ini juga pertama kalinya (sejak nikah) gw bikin acara buka puasa bersama buat temen2 suami di rumah & buka puasa sesama tetangga di sekitar eki gw tinggal. Alhamdulillah, ramadhan kali ini dapet banyak kesempatan buat sodaqoh buka puasa. 

Ramadhan kali ini tepat bersamaan natsu yasumi alias libur musim panas, jadinya gw rehat dulu dari les japanese. Libur musim panas ini lama banget dimulai minggu kedua bulan juli baru efektif mulai lagi september minggu kedua. Bukan cuma les yg libur, anak sekolah jg udah pada libur. rata2 mereka libur 1 bulan. Enak jg jadi puasanya ga terlalu cape karena mesti seringnya keluar rumah dengan panas terik yang menyengat plus godaan orang-orang yang minum aer ato makan es wkwkwk. Tapi masih banyak anak2 smp ato sma yg ada kegiatan musim panas di sekolahnya ato ikut summer school. Biasanya libur musim panas ini banyak dipake orang kita buat pulang ke indonesia karena anak2 mereka yg sekolah disini libur & sekalian bisa lebaran di kampung halaman. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s