Warming House Party

2 minggu setelah gw pindah, gw sama suami mutusin buat bikin house warming party, ya selametan gt ngundang tetangga sama temen2 kantor suami buat pengajian sama ngasih tau kita udah pindah ke rumah yang baru. Selametan ini bakal dibagi jadi 2 hari berturut-turut, hari pertama buat ngundang tetangga yang tinggal di sekitar apato gw, di miyamedaira ini ada sekitar 5 keluarga orang indonesia. hari ke-2 buat temen-temen kantor suami. kenapa dibagi 2? soalnya urmahnya sempit, biar ga terlalu banyak orang juga, leluasa makanya kita bagi dua. pIkiran gw selanjutnya, menu apa yg bakal disajiin? sengaja dibikin 2hari berturut-turut biar gw masaknya sekalian trus anatara hari pertama sama kedua ada menu yg beririsan jadi tinggal bikin 1x aja kan trus masukin kulkas deh. Ini tantangan banget buat gw yang ga pernah masak salam skala besar, ini pertama kalinya gw ngadain acara di rumah. waktu di apato yang lama ga pake tuh selametan2 hahaha, abis gw blum bisa masak apa2 hehehe.

persiapan buat selametan udah gw lakuin dr 1 minggu sebelum hari H, mulai dari beli bahan2 sampe nyicil bikin bumbu2nya. pesen daging halal yg gw minta buat dateng 4 hari sebelum acara. Akhirnya setelah memutar otak, gw putusin buat bikin gepuk, ayam goreng, sama baso tahu (siomay, tahu, kol, kentang, telor). buat ahri kedua, karna gw pikir temen2 kantor suami mayoritas cowok yg notabene suka banyak makan, maknya gw tambahin baso sama ayam goreng. yang paling gampang tuh bikin ayam goreng, karena tinggal di-ungkeb trus taro deh di kulkas. klo gepuk gw bikin 1 hari sebelum masing-masing acara soalnya gw takut klo bikin sekaligus banyak takut ga enak, penyakit gw klo masak dalam skala besar suka jadi ga enak, karena kurang bumbu. Buat baso tentun aja gw beli baso ke orang indonesia disini yg emang pengusaha abso, emang sih klo dirupiahin jadi lebih daripada klo bikin sendiri, tapi berhubung gw belum pernah bikin ya sutralah beli aja hehehe. buat kuah baso gw juga beli beef with bone biar kaldu kuahnya lebih berasa gurih. gepuk gw udah pernah bikin sebelumnya, jadi udah ada pengalaman gimana standar rasanya. suami acc rasanya enak hahaha. o iya ada tambahan juga sambel sama lalab, itu sayur yang paling gampang disedian. tinggal cuci tata di piring jadi deh. kebetulan ada temen yang ngasih sambel, alhamdulillah. gw sendiri ga bisa bikin sambel. suami ga suka pedes, walopun emang gw juga hobi pedes tapi ada sambel terasi ABC jadi ga mesti lah nyambel hehehe. yang ga kalah penting itu bersih2 rumah, ini juga gw lakuin sehari sebelum acara, cuma tinggal vakum karpet aja sama ngepel dapur yang sebelumnya dipake uru hara masak. buat baso tahu gw bikin sekaligus di satu hari sebelum acara yang hari pertama, kenapa? biar paraktis. karna gw bikin adonan buat isian siomay & tahunya sekaligus. Gw bikin adonannya dari campuran ikan saba/makarel, udang sama ayam. Semuanya dialusin. Klo siomay, kulitnya beli yang halal. Sebelum tahunya diisi, gw campur dulu sama bawang daun & sedikit seledri biar wangi. Temen-temenya siomay & tahu tinggal direbus aja kaya telor, kol, sama kentang. Ini gw lakuin di hari H juga bisa gampang tinggal rebus terus klo udah ditata di piring bareng sama yang lain. o iya ada lagi satu menu, es campur. Sebenernya ini ga bisa dibilang es campur juga sih, ya sekitar itulah. Gw cuma bikin dari susu kental manis dicampur susu cair fresh, alpuket sama buah kaleng tropical fruit mix plus dikasih es batu.

Well..persiapan buat selametan emang cukup ribet plus makan waktu. Gw lembur sampe malem buat nyiapan segala macemnya. Tapi seneng. hehehe. Apalagi klo makanan yg kita masak abis, trus dibilang enak..hahaha. Alhamdulillah 2 hari selametan berlangsung lancar, semua yang disiapin bisa disajiin. semua orang makan. hehehe. yang penting seneng udah bisa berbagi kebahagiaan di rumah baru kita. Banyak didoain sama temen & tetangga supaya rumah kita berkah, selalu bahagia & diisi keceriaan. amiin. Gw berdoa dengan rumah baru semoga bawa rejeki baru, betah, cepet dapet momongan di rumah baru and last not but least happy long life ever after with my hubby and children. aminnn.

Leave a Reply

