Golden Week 2013 (part 1)

Taun ini golden week pertama gw di jepang sama suami. pasti pada bertanya-tanya apa sih golden week itu? golden week itu libur kurang lebih 1 minggu di awal bulan mei. tiap taunnya waktunya suka berubah sedikit, ankebanyakan jatohnya di minggu awal bulan mei. sebenernya di awal bulan mei ini banyak libur di tanggal merah yang waktunya satu sama lain berdekatan, nah biasanya di jepang ini kantor suka diliburin aja sekaligus, karena berlangsung massal dan waktunya lamanya jadinya mungkin dikasih nama golden week. waktu libur buat orang jepang emang berharga banget. jepang salah satu negara di dunia yang penduduknya jarang banget buat ngambil jatah cuti yang mereka punya. makanya di golden week ini biasanyatempat wisata penuh, banyak yang manfaatin waktu buat tamasya sama keluarga baik itu ke dalam maupun luar negeri. biasanya harga pesawat sama penginapan juga jadi ikut mahal karena banyaknya turis.

Setelah golden week berjalan beberapa hari, akhirnya gw sama suami mutusin buat pergi melancong ke Hakone. Sebenernya ini lebih berat gw yang pengen buat nyobain onsen (tempat pemandian air panas tradisional jepang). Udah lama gw pengen nyobain apa sih rasanya, katanya sih banyak manfaatnya buat badan. berendem di aer panas bikin badan rileks. sebenernya sih di rumah juga bisa berendem *bahasa jepangnya ofuro*, tapi pengen aja nyobain ofuro yang ada di dorama2. hehehe. Di deket rumah gw juga ada sih onsen gt tapi ya sekalian pergi pengen tau Hakone sekalian nyobain onsen disana. Buat nyari penginapan di Hakone itu susah banget, berhubung semua hotel udah fully booked, harganya juga naek dari rate biasanya. Tapi ya mo gimana lagi, mumpung suami libur hehehe. Dari sebelum libur golden week emang agak sulit buat booking hotel, tapi Alhamdulillah kita dapet hotel yang kosong, itu juga tinggal 1 kamar yang kosong. langsung deh booking buat semalem. buat akomodasi keliling Hakone, suami nyari free pass Hakone yang bisa dibeli di stasiun-stasiun tertentu, diantaranya bisa beli di Shinjuku ato Chuorinkan. Suami dapet free pass hakone harganya 5000¥/orang, ini tiket berlaku buat 2 hari keliling sepuasnya Hakone mo naek bis ato cruise sampe ke Gotemba factory outlet. 

Buat persiapan tamasya gw udah rencanain buat bikin bento, isinya makanan buat makang siang, cemilan pokonya segala yang ada di kulkas deh gw masak buat amunisi di Hakone. Ini salah satu trik kita biar jalan2 hemat trus biar ga susah cari makan halal. hehehe. Gw bekel bihun goreng, ayam goreng, pastry isi coklat-keju, apple crumble, gak lupa juga gw bawa botol air putih yang bisa diisi ulang hehehe. Dari rumah sampe Hakone makan waktu sekitar 2jam pake kereta. sekitar jam 9-an kita udah nyampe di wilayah Hakone, turun dari kereta odakyu sen kita ganti pake kereta lokal yang memang khusus  jalur Hakone. keretanya lucu, warna merah, jalannya pelan banget yang emang didesain buat kereta wisata, hakone tozan railway. naek kereta ini kita bisa nikmatin suasana pegunungan, ini kereta naik turun lewati lembah, sekitar 45 menit kita nyampe Hakone-yumoto, stasiun yang cukup besar jadi pusat buat ganti kereta ke arah Odawara. Disini juga jadi pergantian bus, makanya banyak bus yang akhir jurusannya kesini. Segala macem jurusan bus kayanya pasti lewat Hakone-yumoto. Hotel kita adanya disini juga, kita pilih disini biar gampang akses bus buat kemana-kemana. waelopun memang ya sekitar 10 menit deh naik bus dari stasiun tapi lumayan deket. Karena udah punya free pass Hakone yang bisa kita pake sepuasnya selama 2 hari makanya tenang banget deh klo tiba2 salah naek bus, tinggal turun nunggu bus jurusan lain deh di halte.

IMG_3552

Hakone Tozan Railway

IMG_2510

Pemandangan Hakone diambil dari atas kereta, What a fresh air and nice view!

Tujuan pertama kita begitu dateng ke Hakone yaotu ngunjungin Hakone botanical garden of wetlands. maklum jiwa biologi masih ada di dalem diri gw makanya gw pengen liat kayanya gimana sih vegetasi wetlands negeri sakura ini wkwkwkwk. lokasinya paling jauh diantara tempat wisata lainnya. ini paling atas klo diliat di peta, maknaya kita pilih buat kesini dlu. pake free pass Hakone, ada diskon buat tiket masuk si wetalnd ini, lumayanlah sekitar 30-40%. luasnya botanical garden ini emang kecil tapi katanya cukup mewakili taneman akuatik yang di jepang. kebun ini diatur sedemikian rupa bair pengunjung gampang buat keliling. nama tiap taneman ada dalam 3 bahasa, bahasa lokal yang ditulis dalam bahasa jepang sama bahasa latin, kadang-kadang ada taneman yang ada tulisan namanya dalam bahasa inggris. sayangnya waktu kita keliling botanical garden, cuaca udah ga bersahabat. ga lama dari itu turunlah hujan. suhu jadi dingin, padahal di hari sebelumnya prakiraan cuaca di Hakone ini cerah meriah. huff merasa tertipu. jadinya kita sibuk cepet2 jalan cari tempat berteduh, untungnya nemu. ada ‘saung’ klo di sunda yang ada meja & kursi di tengah botanical garden. Selagi nunggu ujan, perut kita kruyuk2 alhasil jadinya kita buka bento di tengah rintik hujan hahaha. Di botanical garden ini ada ekosistem akuatik ada juga ekosistem darat, taneman yang ada pun mewakili masing2 ciri khas ekosistem yang ada di Hakone.

IMG_2516

IMG_2523

IMG_2530

Setelah puas keliling2 sama foto2 kita putusin buat turun ke bawah naik bus, tujuan selanjutnya venetian glass museum. Di Hakone ini selain onsen ato hot spring, ada juga macem2 museum yang bisa dikunjungi. ternyata tiket masuk venetian glass museum mahal banget, nyampe 1300 yen. Beuh males banget!! mana ga ada diskon dari free pass hakone, kita putusin ga jadi masuk ke dalem. dipikir2 ga worth it jg. dari gambar2 di luar museum nya, venetian glass museum isinya taman yang dikeliling kolam2 sama dihiasi banyak patung2 yang terbuat dari kaca, kira2 ada 100 venetian glass contohnya patung, vas bunga, lampu, hasil pahatan, dll. dari pelajaran si venetian glass museum akhirnya kita putusin buat skip segala suatu museum yang berhubung sama seni/art, soalnya kita berdua ga ada yang berjiwa seni. Selanjutnya kita ngunjungin Gora Koen alias taman yang ada di Gora, naek bus 1x dari Sengoku. Harga tiket masuknya gratis, saat masuk melewati petugas penjaga Gora Koen, kami memperlihatkan tiket Hakone free pass kemudian dipersilakan masuk dnegan cuma-cuma. lumayan hemat. hehehe. Gora Koen, taman yang bergaya western. Landscape-nya bergaya French, taman ini dilengkapi 2 green house yang isinya tanaman tropis sama rumah kaca khusus berbagai macam bunga. Koleksi tanaman tropis cukup lengkap dari tanaman sampai bunga contonhnya anggrek, pisang, dll. Gora Koen punya banyak koleksi berbagai jenis sakura, mawar, kembang sepatu dengan berbagai macam warna. Di tengah2 taman ada kolam air mancur yang sekitarnya dikelilingi bunga-bunga sedangkan setelah pintu masuk kita disambut semacam gazebo berwarna putih lengkap dengan meja dan kursi untuk duduk2 guna menikmati seluruh pemandangan taman dari bagian atas, karena letaknya Gora Koen itu ada di dataran tinggi, yang masing-masing bagian dari tamannya itu dihubungkan satu sama lain oleh tangga. 

DSC_5208

IMG_2530

Tropical Garden di Gora park

Di deket Gora Koen ternyata ada stasiun buat naik cable car, jadi kami mutusin buat nyobain cable car yang nantinya disambung naek ropeway buat nikmati pemandangan Hakone dari atas gunung. Kami nunggu cable car di stasiun Koenkami, hanya jalan 3 menit dari Gora Koean. Sistem cable car ini sesuai dengan namanya ditarik oleh tali dari stasiun Gora sampai Sounzan, rel dari cable car hanya satu jadi cable car yang beroperasi harus bergantian jika berpapasan satu sama lain di salah satu bagian rel. cable car ini mampu untuk menaiki dataran yang memiliki kemiringan hampir 90 derajat. Setelah sampai puncak Souzan, perjalanan dilanjutka dengan menaiki ropeway alias kereta gantung yang isinya maksimum 6 orang. Wuih pemandangan Hakone dari atas bagus. Seneng campur deg-degan ada di atas ketinggian soalnya di waktu yang bersamaan turun ujan sama angin, jadi si kereta gantung agak2 bergoyang & kerasa banget klo kita lagi terombang-ambing angin. Sesampainya di Owakudani, kita ganti ropeway lagi sampai ke TogendaiOwakudani (大涌谷)daerah sekitar kawah yang terbentuk akibat letusan terakhir gunung Hakone. Daerah ini termasuk zona vulkanik aktif yang ditandai dengan adanya asap belerang, mata air panas, sungai dengan air yang panas. pada cuaca yang bagus, gunung Fuji dapat dilihat dengan jeas dari Owakudani. Tempat ini juga menjadi salah satu pilihan jalur hiking ke zona vulkanik dimana terdapat kolam air panas yang berbuih & mengandung belerang. Disini pengunjung bisa membeli telur dan merebusnya, nantinya kulit telur akan berubah menjadi warna hitam  akibat kandungan sulfur di dalam air yang konon katanya dapat memperpanjang umur seseorang sebanyak 7 taun.  Angin di Owakudani cukup kencang, cuacanya berkabut, dan dingin.

DSC_5272

Hakone Cable Car at Koenkami Station

DSC_5323

Owakudani

IMG_2543

Pemandangan Hakone dari atas ropeway

DSC_5317

Sumber air panas di Owakudani

Dari Togendai kami melanjutkan perjalan menggunakan Hakone Cruise sampai ke Motohakone melewati Lake Ashi. Jika cuaca bagus, gunung Fuji bisa keliatan dari danau ini tapi sayang cuaca ketika itu kurang bersahabat alias berkabut jadi gunung Fuji ga bisa keliatan. tapi gpp, ntobain rasanya naik cruise ehhehe, kira2 30-45 menit kita nyampe di Motohakone. Disini kita putusin buat liat Kuil, pintu masuk kuil ini kelitan dari atas cruise. dari terminal cruise, tempat kita turun jalan cukup jauh sekitar 20 menit. Kuil ini letaknya agak di atas bukit. Entah kenapa kuil-kuil di jepang ini pasti ada di atas, jadi mesti naek2 tangga. persis kaya di kartun-kartun. Ternyata banyak juga pengunjung si kuil, mereka biasanya berdoa. Karena cuaca udah mulai gelap dan ujan makanya kita ga naik sampe atas kuil, kita cuma nyampe di pntu masuknya aja. Dari Motohakone ini kita putusin balik pake bis langsung ke Yumoto, trus ganti bisa buat ke penginapan. Letak penginapan di sekitar stasiun yg gede & terminal dari berbagai arah bus di Hakone, ngebuat praktis kemana2.

DSC_5364

Togendai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s