Welcome Spring

Memasuki bulan maret, suhu disini mulai menghangat. temperatur merambat naik. Suhu udara mulai di atas 10 drajat bahkan kadang udah sampe 22 drajat. hangatnya! walopun pagi2 juga masih dingin di bawah 10drajat. kemaren ini di akhir februari pernah suhu terhangat mencapai 22 drajat. horeee asiknyaa, buat orang tropis kaya gw ini suhu yang paling cucokūüėÄ.yang lebih ekstrim lagi di minggu ke-2 maret ini suhu tertinggi mencapai 24drajat. kaya bandung ya?! tapi jadinya agak kepanasan juga, soalnya setelah lama dingin suhu tiba2 naik drastis. tapi tetep angin kenceng masih ngimbangin panasnya. baru sekali hari itu juga cucian gw langsung kering dalam 1 hari, hahaha. di bulan maret juga tanggal 20 itu libur, yang menandakan¬†officially welcome spring!!

Hanami 2012, Shinjuku National Gyoen

Hanami 2012, Shinjuku National Gyoen

intinya suhu udah ga seekstrim musim dingin. Angin dingin berubah jadi angin yang lumayan sejuk tapi kenceng. Angin ini biasanya bawa bubuk serbuk polen *benang sari* dari pohon ato bunga buat proses penyerbukan *polinasi*. Angin yang menandai musim semi dateng. yuhuuuu. Masuk musim semi juga ditandai sama frekuensi hujan yang meningkat sama angin kenceng. O iya indikasi yg ga kalah penting sekarang udah masuk spring itu banyak orang yang mengidap alergi polen ato¬†kafunsho¬†(ŤäĪÁ≤ČÁóá). Di musim semi, ketika suhu mulai menghangat memulai migrasi polen dari¬†hinoki¬†(japanese cypress/cryptomeria)¬†yang¬†dibawa angin. Ada orang2 yang sangat sensitif dengan adanya polen ini di udara. Ciri-ciri¬†kafunsho¬†mata merah, hidung gatal, ga enak tenggorokan. Makanya banyak orang yang pake masker sama kaca mata¬†kafunsho. Alergi polen ini biasanya berlangsung selama musim semi, baru mulai berenti sebelum musim panas. Ini karena migrasi polen berlangsung selama musim semi. Kasian deh yg punya alergi ini, ga bisa menikmati musim semi hehehe. Masuknya musim semi juga diwarnai seringnya turun ujan terus angin yang super duper kenceng. biasanya ujan turun tengah malem sampai subuh, kadang-kadang sore-sore diawali sama gerimis.

Baju-baju orang-orang pun udah mulai berubah. Dari pertengahan februari banyak¬†brand¬†yang udah mulai ngelaurin koleksi¬†spring.¬†coat winter yang tebel & berbulu udah ga keliatan lagi di etalase toko tapi berganti¬†trench coat ato jaket rajut tipis.¬†scarf¬†motif berbunga dengan bahan yang tipis dari¬†scarf yang biasanya dipake waktu¬†winter¬†juga udah mulai bermunculan. motif baju¬†spring¬† mulai marak di pasaran. sepatu¬†flat shoes juga udah banyak dipakai lagi, sementara si boot udah diistirahatkanūüėõ.

Ga tau kenapa, taun ini musim semi dateng lebih cepet ya. Di minggu kedua maret ini dah banyak bunga yg bermekaran. bunga lavender di mansion sebelah, ume/plum juga udah mulai banyak yg mekar. katanya ada jenis sakura yang juga udah mulai bermekaran karna suhu udara yang mulai hangat. Di akhir maret-awal april nanti barulah sakura2 bakal mekar sempurna. ihiiy ga sabar liat cantiknya sakuraūüėÄ ternyata meamng ada jenis-jenis sakura yang udah mulai mekar. buat tau spring report¬†bisa diliat¬†disini. disekitar apato gw, rumah2 yg ada halaman trus banyak bunganya udah mulai bermekaran. cantik deh. Katanya di taman kelurahan gw juga ada pohon sakura yang udah mulai muncul bunganya, walaupun belum sempurna. O iya gw juga nemu buah melon yang mulai bermuculan di supermarket. katanya melon biasanya mulai muncul di aktu spring sampe nanti akhir musim panas. Melon salah satu buat muahaall disini, harganya bisa nyampe 150rb 1 biji tanpa diitimbang. tapi kemaren ini gw dapet 298yen, senengnyaaa. tapi pisang masih mahal. pisang jg termasuk buah yang banyak digemari orang jepang. dekorasi mall,¬†departement store¬†udah berbau sakura2.buah yang berlimpah dimana2 waktu¬†winter sampai sekarang masuk musim semi itu stroberi *ichigo*. stroberi berbagai ukuran dan kualitas banyak dijual di supermarket kecil ataupun besar, harganya bervariasi dari mulai 398 yen sampai diatas 1000 yen.

Bulan April ato bulan ke-4 itu taun ajaran baru buat Jepang bertepatan sama musim semi. Di bulan maret-april itu selain libur musim semi juga ada libur akhir taun pelajaran, wisuda bagi yang lulus Di minggu ke-2 april taun ajaran baru dimulai. Pendaftaran untuk masuk sekolah itu udah berlangsung dari awal februari. Februari-april bualn yang sibuk bagi para orang tua yang mau menyekolahkan anaknya. Di musim semi ini juga ada ujian masuk SMA, kuliah, juga rekrutmen perusahaan Jepang yang dilakuin serentak buat dapetin karyawan baru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s