Tuan Rumah Pengajian

Dari sejak dateng ke jepang ampe sekarang, gw blum pernah ngadain acara di apato. Mau itu syukuran pindahan apato, penganti baru, ato pun tuan rumah pengajian. Pasalnya gw ga mau ribet ngurusin ini itu, mesti masak banyak buat menjamu tamu-tamu, apalagi beresin rumah setelah banyak orang dateng tuh cape, bung! Tapi di atas segala alesan gw yang macem-macem itu, sebenernya gw tuh ga bisa masak. stres-lah gw klo disuruh masak2. masak buat suami aja gw belum becus apalagi masak buat sekian banyak perut orang.  selama gadis ga pernah ada acara gw masak di dapur bantuin mamah. paling gw cuma bantuin cuci piring sama nyapu dapur. hahaha. tapi semenjak gw nikah apalagi pindah ke negeri antah berantah yg lu ga bisa sembarangan beli makanan terkait ke-halal-annya, ya turun lah gw ke dapur. dari awal nikah lah gw belajar otodidak dunia permasakan, cuma modal mbah gugel, resep tetangga sama modal nekat.😀 tapi Alhamdulillah berkat kerja keras, darah dan cucuran air mata gw udah bisa masak beberapa menu masakan sehari2 buat bekelin suami bento. horaaayyy!! *banana dance*

Kegiatan pengajian yg gw ikutin sama ibu2 sekitar apato tuh  bikin gw mau ga mau jadi tuan rumah pengajian. sistemnya sih muter dari rumah yang satu ke rumah yang lain. bulan kemaren tuh, nyampelah gilirannya di tempat gw. alamak!!! ya dengan berat hati gw meng”iya”kan lah tawaran itu. hhmm gw puter otaklah apa menu yang mo gw suguhin sama ibu2 pengajian. akhirnya gw putusin bikin soto bandung, ini menu pernah gw masak beberapa kali buat suami sama buat temen yg main ke apato jadi udah terbuktilah ahhaha. terus gw pingin juga bikin siomay-baso tahu bandung, ihiiyy. resep ini baru-baru aja dicoba bareng2 sama temen ternyata tanggapan suami enak. horeee jadilah menu soto bandung sama siomay-baso tahu.

Gw tipe orang yang gampang panik+sutres. apalagi klo ada acara tertentu yg didalemnya gw berpartisipasi. jadi buat minimalisir, gw bikin menu pengajian dari jauh-jauh hari. Gw bikin sambel kacang bumbu siomay dari H-3, trus gw taro kulkas. Gw juga goreng kacang kedele dari 3 hari sebelum acara pengajian. tapi si kacang kedele ini gatot alias gagal total, abisnya tuh kacang ga gw rendem dulu. langsung aja maen goreng makanya jadinya keras, ga bisa digigit. akhirnya itu kacang gw rebus wkwkwk. dengan cicil jadinya gw ga sutres, jadi hari H tinggal nyantai. Klo siomay-baso tahu bikin sehari sebelum acara, gw bikin mateng terus ditaro di kulkas besoknya tinggal di angetin. Soto bandung juga gw bikin barengan sama siomay. pertama gw bikin kuah dagingnya, baru di hari H masukin lobaknya. Pelengkap soto bandung tinggal disiapin sebelum acara mulai kaya daun seledri, bawang goreng, sambel, cuka, kecap, sama jeruk lemon. So far acara berlangsung lancar, makanan berlimpah ga kurang. Alhamdulillah, gw paling ga bisa klo ada acara trus makanan kurang, prinsip gw sih lebih baik berlebih ya kan bisa dibagi2 ke orang2 daripada kurang🙂 Temen2 pengajian juga ikut nyumbang makanan buat cemilan, horeee. soalnya gw cuma nyediain makanan berat sama jus+kopi. Hampir semua temen2 pengajian punya anak, klo ada acara kaya gini ya itu krucil2 pada dibawa semua, jadi seketika rmh gw yang asalnya hening jad rame anak2😀 Walopun rumah berantakan tapi syeneng hehehe. Setelah pengajian kemaren tuh, PD gw meningkat soal masak memasak, seengganya ada masakan gw yg layak baut dimakan orang banyak😛 So, klo next time ada acara, why not?!😀

Leave a Reply

