Siomay-Baso Tahu

Siomay-baso tahu ini makanan asli bandung. paling enak yang dijual di emang-emang pake gerobak. Sebenernya klo baso tahu hampir mirip resepnya sama batagor. klo baso tahu ini dikukus, batagor *baso tahu goreng*. yag unik dari baso tahu ini, ya siomay. soalnya buatnya pake kulit pangsit. adonan yang gw pake agak keras biar si siomaynya bisa berdiri tegak.😀 temen-temennya baso tahu ini yang banyak kaya kol/kubis, kentang, telur. klo buat bumbu kacangnya sebenernya sama aja, cuma kali ini gw bikin bumbu kacang dari kacang tanah yang gw blender. buat batagor dulu gw bkin dari bumbu pecel yang dicampur sama skippy.

Bahan :

1 pack udang (100-200 gram)
1/2-1 buah ikan saba/mackarel atau 100-200gram ikan tenggiri/sawara atau ikan filet putih/kaji/tara(optional)
100-200gram ayam cincang 
2 siung bawang putih
1 sdt garam
1 sdt merica
100-150gram tepung kanji/tapioka/katakuriko
1 sdm minyak wijen

1sdm shouyu (kecap asin)
1sdm saus tiram

Bahan :

tahu cokelat, dipotong berbentuk segitiga
kulit pangsit
bawang daun/seledri yang dipotong halus
kentang
kubis
telur
1-3 buah cabe merah
kacang tanah/skippy warna biru tosca
1-2 siung bawang putih
gula merah
daun jeruk
1 sdt asam jawa
air jeruk lemon/daun jeruk
 

Pelengkap :

kecap
jeruk lemon/jeruk purut
bawng merah goreng
 

Cara Membuat :

1. Ikan saba dibersihkan dari duri begitu juga dengan udang yang dibersihkan dari kulit dan dibuang kotorannya.
2. Bawang putih dicincang kasar kemudian bersama dengan udang, ikan saba/filet ikan, dan filet dada ayam diblender.
3. Tambahkan tepung kanji/tapioka/katakuriko sedikit demi sedikit dan tambahkan shouyu, saus tiram, dan minyak wijen kemudian uleni sampai adonan bisa dibungkus kulit pangsit lalu dibentuk
4. Sisihkan adonan untuk dibuat siomay dan baso tahu. Masukkan bawang daun/seledri yang telah dicincang ke dalam adonan yang akan dibuat baso tahu lalu diaduk dengan adonan yang sebelumnya telah kalis.
5. Potong tahu dengan bentuk segitiga atau sesuai selera, kemudian keluarkan sebagian isi tahu. Bagian tahu yang kopong/kosong itu kemudian diisi dengan adonan isian.
6. Sisa adonan yang tidak diberi bawang daun/seledri satu persatu dibuat siomay dengan dibungkus kulit pangsit dan dibentuk.
7. Sambil membuat baso tahu&siomay, isi kukusan dengan air secukupnya kemudian panaskan hingga mendidih. setelah air didalam kukusan itu mendidih, masukkan satu per satu tahu kemudian kukus. Tutup kukusan dibalut lap bersih sehingga uap air tidak jatuh ke atas tahu/siomay yang sedang dikukus. Selanjutnya hal yang sama pun dilakukan untuk siomay.
8. Untuk membuat bumbu kacang, gw pake kacang tanah yang diblender hingga halus. bisanya klo mo gampang pake skippy warna biru tosca atau bumbu pecel.
9. Bawang putih dan cabe merah diblender
10. Bumbu halus ditumis hingga wangi kemudian tambahkan kacang tanah yang telah dihaluskan. tambahkan air secukupnya, tapi jangan terlalu encer. Bumbui dengan garam, gula merah, merica, secukupnya. Tambahkan daun jeruk, klo ga ada bisa pake air jeruk lemon/jeruk purut dan 1 sdt asam asam jawa. Masak bumbu hingga mendidih.
11. Kubis direbus hingga layu, kemudian dilipat dan digulung. Kentang dan telur direbus hingga matang kemudian kupas dan potong.
12. Potong baso tahu dan siomay kemudian tambahkan telur, kentang, dan kol/kubis  yang sudah matang. Sajikan dengan bumbu kacang, kecap dan taburan bawang goreng serta jeruk nipis
 
Siomay-Baso Tahu

Siomay-Baso Tahu

 

2 thoughts on “Siomay-Baso Tahu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s