My First Snow at Miyamedaira

Gw denger dari tetangga orang indo disini salju sesekali turun di daerah tempat tinggal gw. Mereka bilang sekitar bulan februari, tapi ga setiap tahun juga salju turun. Kata misua salju turun tapi bukan yang putih2 kaya bunga es gt tapi yang udah jadi es alias udah mencair. Biasanya jadinya ujan es. Gw sih berharap mudah-mudahan salju turun ya biar winter pertama gw di Jepang ini kerasanya lengkap. hahaha.

Kebetulan tgl 14 januari tuh hari senin plus misua libur nasional, Hari Kedewasaan ato disebut juga “Seijin no hi”. Disini diperingati sebagai “hari menjadi dewasa”, batasan dewasa di Jepang tuh 20 taun disini mereka diperbolehkan buat punya SIM, minum sake, ngelakuin seks bebas, beli rokok/merokok, keluar dari rumah alias udah tinggal sendiri tanpa orang tua.  hari ini juga bertepaan sama ultahnya misua yang ke-27 taun hehehe, asik deh libur hahaha. long weekend deh.

Klo libur otomatis gw pasti bangun siang, apalagi ditambah suasana yang dingin bikin tidur lebih menggoda dibanding bangun bbrrrrr. Sebelum tgl 14 itu cuaca memang ga menentu kadang dingin ato kadang anget juga. anget disini tuh masih dibawah 10 drajat tapi angin ga terlalu bertiup kenceng jadi enaklah klo buat jalan🙂. klo dingin bisa sampe -1-(-5) kadang nyampe jg 0 drajat hufff dingin beuthari senin!!!! sebenernya gw sama suami sering juga ngecek gmn prakiraan cuaca setiap harinya, soalnya ini pengaruh sama baju yg mesti dipake bawa payung ato ga klo ternyata diperkirakan bakal ujan, ato cuaca anget2 aja tapi angin yang kenceng ato sebaliknya anget plus angennya kalem. 14 januari emang kita ga ada rencana apa2 kecuali ngehadirin acara potong rambutnya anak tetangga di deket apato selain itu kita bakal leyeh2 di rumah. karena suami ultah, gw udah masak spesial hahaha bikin kare sapi sama cheese cake. aheeyyy kekekek jadi ga perlu keluar rumah ngerayain ultah suami. cukup makan berdua aja tuh ampe kenyang wkwkwk.

Abis solat subuh kita tidur lagi sampe kira2 jam 8an baru bangun lagi, di luar ujan deres gt jadinya makin males deh buat keluar, liat prakiraan cuaca pun suhunya dingin 1-3drajat gt. semua jendela di rumah masih tetutup gordennya, secara lampu jg masih nyala terang bederang. tapi sura ujan turun sih kedengeran. ujan emang turun agak lama, klo ga salah dari sebelum jam 6 pun udah ujan. eh ga diduga, suami dapet message dari LINE klo di daerah tsurumi tuh salju itu sekitar jam 9an lah. kontan kita langsung deh liat dari jendela. eh bener loh yang tadinya ujan eh malah turun putih2 salju gt dari langit *manuasia tropis yg norak liat salju*. bagus banget deh. itu ujan salju terus-terusan ga berenti. lumayan deres juga. klo kata orang sunda mah *kerep* hahaha. atap rumah, pohon2an sedekit demi sedikit ketutup salju gt. ini salju luamyan tebel banget. soalnya rata nutupin semua permukaan tempat dia jatuh. gw cuma liat salju dari jendela kamar abis males juga dingin. tapi gw sms-an sama temen mereka udah main salju terus foto2 diluar. Senengnya akhirnya dapet juga salju pertama di tokyo hehehe.

Tengah hari abis zuhur kita keluar rumah buat ngehadirin acara tetangga. kita ga mikir klo salju tuh bakal turun deras banget. eh ternyata sampe siang pun ujan salju masih deres juga. balik lagilah kita ambil payung sama pake boot yang ga licin klo nginjek salju. ternyata didepan pintu apato pun ketutup salju kira2 setengah dari lebar jalan keluar apato, tangga klo kita mo turun apartemen juga rata ketutup salju, tebel bok!!! lumayan bikin jejak kaki sepatu. pantesan aja tebel lah ampe tengah hari juga salju masih deres. hari itu ujan salju seharian dari pagi ampe sore. jalan raya depan apato hampir semua ketutup salju. tempat parkir di depan mansion, mobil2 udah rata berselimutkan salju. semua serba putih. bagus banget. *serasa hidup di luar negeri* hahaha. salju kemarin ini emang salju yang paling tebel dalam 12 taun terkahir. tebelnya mencapai 12 cm. karena di sekitar tokyo ini jarang banget turun salju setebel kemaren. klo pun turun tipis, ga sampe setebel ini. karena salju yang tebel, mobil2 pake alat semacam cakram yang dipasang di ban mobil, biar bannya bisa jalan menerjang tumpukan salju yang tebel. bunyinya ga banget grook grookk grokkk hahaha. mau truk, mobil gede atopun kecil sehari setelah salju turun semuanya pada cakram di ban mobilnya.  salju yang udah lama bertumpuk dia bakal kotor kena cipratan air ato ban mobil trus klo udah mencair jadi es licin, jadi klo jalan mesti ati2 takut kegelincir. gw ga suka klo dia udah jadi es karena licin bikin susah jalan. Salju yang baru pertama turun sih bagus, tumpukannya saljunya juga halus percis kaya bunga es di dalem kulkas.

Dari jendela kamar

Dari jendela kamar

14 Januari 2013, Miyamaedaira

14 Januari 2013, Miyamaedaira

IMG_2980

make it through the rain

make it through the rain

IMGP0018

Sehari setelah salju turun

Salju di Depan Apato

Salju di Depan Apato

Kebun yang porak paranda akibat terjangan salju

Kebun yang porak paranda akibat terjangan salju

Jalan raya satu hari setelah turun salju

Jalan raya satu hari setelah turun salju

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s