Japan's Life

Zoo Adventure Part 2 – Zoorasia

Setelah di posting pertama gw sharing tentang petualangan gw ke Ueno Zoo, sekarang  gw sharing kunjungan yang lain ke zoorasia yang ada di yokohama. Buat nyampe ke zoorasia, gw naek kereta 2 kali terus sambung sama bis khusus yang langsung nganter ke zoorasia.  Banyak yg bilang klo zoorasia ini lebih luas dibandingin Ueno Zoo trus konsep sama penataan binatang-binatangnya pun lebih bagus dibandingin Ueno Zoo. yang pasti ini kebun binatang gede banget, koleksi binatang juga ga kalah lengkap sama Ueno Zoo.

Zoorasia
Zoorasia

Zoorasia termasuk kebun binatang yang baru dan punya taman bermain untuk anak yang cukup luas. Fasilitas yang lengkap mulai dari peminjaman alat untuk pengamatan binatang dari jarak jauh (binokular), rest room area, kafe, taman bermain anak, juga toko souvenir. Dari yang gw baca, konsep zoorasia itu “Symbiosis of Life” and “Harmony with Nature”. Ini kebun binatang baru beroperasi mulai taun 1999.  Binatang-binatang di zoorasia dipelihara sesuai dengan habitat mereka masing-masing. Kandang dan habitat mereka dibuat sedemikian mirip sama habitat asli mereka berada. Zoorasia mirip kaya hutan buatan yang dipartisi jadi masing-masing area ekologi dari berbagai belahan di dunia yang masing-masing punya ciri khas binatang yang berbeda-beda satu sama lain. Zoorasia punya 7 area ekologi, Asian Tropical Forest, Subarctic Forest, Oceanian Grassland, Central Asian Highland, Japanese Countryside, Amazon Jungle dan African Tropical Rainforets.

Pendapat gw setelah dateng ke zoorasia? puas banget. kebun binatang yang konseptual abis. satu tingkat di atas Ueno Zoo. mereka bikin kebun binatang bener2 dipikirin secara matang, rancangan yg detail dan sangat mikirin gimana nantinya klo si kebun binatang ini beroperasi. zoorasia lebih asri, banyak banget pohon sesuai sama konsepnya “Harmony with Nature”, kita dibuat seperti ada di hutan yang luas banget karena kiri kanan dikelilingi pohon-pohon tapi kita jalan-jalan ke bermacam-macam area ekologi di dunia. 7 area ekologi yg zoorasia punya masing-masing punya ciri khas yang langsung kita tahu begitu kita masuk ke masing-masing area. binatang yang ada di masing-masing area dibuat nyaman serasa mersa itu ada di “habitat aslinya”. biar mereka ngerasa betah. yang paling bikin mata wow tercengang, zoorasia punya banyak taman bermain anak yg lengkap sama mainannya seperti arena outbond, ruang terbuka yang sangat luas klo Ueno Zoo punya unggulan yaitu Panda, klo bintang dari segala bintang yang ada di zoorasia itu Okapi. Ini binatang super banget ya, banyak banget penggemarnya. Okapi sejenis kuda tapi punya warna yg unik, warna badannya coklat tapi kakinya belang-belang kaya kuda zebra. Bintangnya zoorasia ya itu si okapi, macem2 sovenir okapi tersedia dari mulai gantungan kunci sampe boneka yang ukuran gede.

Okapi
Okapi
Okapi
Okapi

Selain okapi, binatang lain yg jadi unggulan zoorasia yaitu gajah, beruang kutub, beruang hitam (black bear) juga monyet (proboscis m0nkey). Zorasia punya koleksi kangguru, binatang berkantung khas australia yang ga dimiliki ueno zoo. Seperti ueno zoorasia juga menyediakan informasi yang cukup lengkap dan edukatif buat pengunjung, mereka bikin informasi yg khas, unik dan menarik dari tiap binatang2 ato zona area ekologi. Di zoorasia tiap kandang binatang hanya dihuni oleh 1-2 binatang saja supaya terhindar dari konflik dan tidak berebut daerah teritori. Ini juga buat bikin tiap binatang leluasa seperti berada di habitat asli. Kemaren waktu gw kesana ada harimau sumatra yang lagi istirahat (yasumi) ato dikarantina karena lagi dalam proses kawin dengan pasangannya. Ini dalam mengurangi faktor gangguan dari luar dalam keberhasilan proses kawin.

Salah satu taman di zoorasia
Salah satu taman di zoorasia
Tempat bermain sealigus arena outbond di zoorasia
Tempat bermain & arena outbond di zoorasia
Momiji
Momiji
Black Bear
Black Bear
Anjing Exhibition
Anjing Exhibition
Orang Utan
Orang Utan
Red Panda
Red Panda
Kangaroo
Kangaroo
Hrimaunya lagi istirahat dulu karena dalam proses kawin
Harimaunya lagi istirahat dulu karena dalam proses kawin
Taman Burung
Taman Burung
Taman Burung
Taman Burung
Informasi tentang Singa
Informasi tentang Singa

 

Plang nama binatang
Plang nama binatang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s