Batagor Made in Miyamaedaira

Batagor siapa yang ga tau? ini makanan khas Bandung, kota tempat asal gw. Beberapa waktu lalu, gw ngidam banget sama ini makanan, kebayang sore-sore tuh makan batagor emang2 yang lewat depan rumah makin deh bikin ngiler. karena gw pikir sepertinya mudah dibuat karena setelah searching2 resep di internet lanjut searching2 bahan2 di supermarket, ternyata ada semua. Ihiiyy jadi tinggal dibeli terus buat deh.

Bahan halus :

1 buah ikan saba (mackarel) atau sawara (tenggiri) 200gram
100-200 udang yang telah dikupas
100gram ayam cincang
2 siung bawang putih
1 sdt garam
1 sdt merica
1 buah telor (optinal)
1 sdm tepung kanji/tapioka

1 sdm minyak wijen
1 sdm saus tiram
1 sdm shouyu (kecap asin)

Bahan :

tahu cokelat/tahu kopong
bawang daun dan seledri yang dipotong halus
kulit pangsit
cabe merah
2 siung bawang merah
1 siung bawang putih
daun jeruk
salam
 

Pelengkap :

bumbu pecel (bumbu kacang)
selai kacang skippy (warna biru muda/tosca)
kecap
jeruk nipis
bawang merah goreng
 

Cara membuat :

1. Ikan saba (mackarel) atau sawara (tenggiri) dibersihkan dari duri dan kulitnya begitu juga dengan udang yang dibersihkan dari kulit dan dibuang kotorannya.
2. Bawang putih, ikan, udang dan ayam dimasukkan ke dalam food processor dan digiling hingga halus. Jika ingin terasa udangnya, udang bisa dicicang kasat dengan pisau saja.
3. Setelah halus kemudian dimasukkan telor *bisa pake telor atau tidak*
4. Tambahkan tepung kanji/tapioka, kecap asin,saus turam, garam, merica, dan minyak wijen. Aduk hingga rata.
5. Masukkan bawang daun dan seledri yang telah dicincang kemudian diaduk dengan adonan yang sebelumnya telah dibumbui.
6. Potong tahu dengan bentuk segitiga atau sesuai selera, kemudian keluarkan sebagian isi tahu. Bagian tahu yang kopong/kosong itu kemudian diisi dengan adonan isian. Isi kulit pangsit dengan adonan, lipat. panaskan minyak kemdian goreng hingga matang
7. Untuk membuat bumbu kacang, gw pake sedikit bumbu pecel sebagai ‘master’-nya. Tumis cabe merah, bawang merah, bawang putih, daun jeruk kemudian tambahkan air secukupnya dan rebus bersama bumbu pecel hingga seluruhnya larut. Tambahkan skippy sebanyak 3 sdt dan aduk hingga rata. Bumbui dengan garam, gula, merica secukupnya hingga terasa gurih.
8. Potong batagor yang sudah matang kemudian sajikan dengan bumbu kacang, kecap dan taburan bawang goreng serta jeruk nipis
 
Batagor Made in Miyamaedaira
 
 
 

2 thoughts on “Batagor Made in Miyamaedaira

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s