Second Winter for Me, Now in Japan

Bulan Desember, suhu yang semakin turun terus mendingin. Taun ini musim gugur begitu singkat bahkan tak terasa. Akhir September dimulainya musim gugur begitu cepat berlalu. Klo diitung-itung kayanya musim gugur cuma 1 bulan kurang. Perkiraan cuaca di Jepang memang bilang klo taun ini musim gugur cuma sebentar bahkan mencapai suhu terendah sepanjang musim gugur taun ini dibawah 10 derajat. Sensei bahasa Jepang gw juga bilang gitu, “aki” taun ini sebentar trus lebih kerasa dingin dibanding yg taun lalu. Tetangga orang Indonesia sekitar apato gw yang udah di Jepang lebih dulu juga bilang klo taun lalu, bulan November ga sedingin bulan November taun ini. Masih ada angin sejuk, sepoi-sepoi. Nah klo sekarang boro-boro angin sejuk yang ada angin dingin. Sampe gw selalu mengutuk klo angin itu berhembus.  Hadeuuhh anginnya itu seperti membunuhku wkwkwk *lebay mode on*. Apalagi kemana-mana kan mesti jalan ya, haduuhh yang ada tangan selalu masuk ke dalam saku jaket. Ga mo keluar! Apalagi klo naek sepeda, wah udah deh yang ada gw nge-buntel diri gw biar seanget mungkin, soalnya rute sepeda jauh bok! pake jaket, tutup muka biar ga kena angin, bagian tangan jaket dipanjang-pajangin biar tangan bisa masuk, sepatu boot baru siap deh mengayuh sepeda menerjang dinginnya udara winter gw yang pertama di Jepang.

Minggu pertama di bulan Desember, ga berasa aja udah masuk winter. Bbbbrrrrr. Suhu bener2 udah dibawah 10drajat. Segala macem coat, sarung tangan satu per satu udah mulai keluar dari tempatnya, ngantri minta dipake. hehehe. Akhirnya gw ngerasain lagi susahnya bertemu matahari. Serasa vampir huehehehe. Udara dingin tapi super kering. Bahkan di Hokaido salju udah turun. Padahal ini baru awal Desember loh. Bener2 efek climate change. Kulit tropis udah mulai reaksi tuh sama udara yang dingin plus kering, kulit mulai busik-busik kering kaya kulit ular. tangan udah mulai luka2, merah2 karena sering pegang air yg makin bikin kering dari asalnya yang memang udah mengering, jadinya mesti sering pake lotion super moist. Padahal gw cuci piring udah pake sarung tangan,yaah namanya juga emak2 ya dikit2 mainan air ini itulah dikit2 pasti nyentuh air, jadinya sitangan tuh makin kering. kadang ampe punggung tangan tuh merah2 luka2. gw liat di kereta ampe dalem gitu lukanya. makanya gw rutin gw pake lotion setelah pegang aer. ya walopun jadinya boros apa boleh buat demi keberlangsungan si tangan, modal emak2 hehehe. Bibir juga udah ada yg kering terus pecah2, mesti sering oles2 si petroleum jelly. Klo kering gw usahain ga dijilat2 karena makin bikin kering langsung deh keluarin petroleum jelly terus oles-oles disana sini. Kulit muka? jangan ditanya kulit gw yg kombinasi acne prone ini sometimes breakout tapi kadang juga kalem, kayanya dia masih galau. hahaha. tapi ya so far masih gitu2 aja, kering di bagian2 tertentu yg mesti diolesin pelembab agak tebel, kalau hidung mah jangan ditanya tetep berminyak. Ada lagi hidung ini otomatis meler klo kena udara dingin, apalagi klo angin yang berhembus, beuh langsung deh otomastis apollo 11 tanpa tedeng aling-aling. Tiap hari gw udah pake coat terus, tiada hari tanpa coat. Sarung tangan sama syal sih belum sering diapke, tapi udah mulai siap2 pake hehehe. Sejak musim gugur udah berganti sepatu boot udah mulai dipake, kakinya dingin bok! Jadi  udah ga berani tuh pake flat shoes yang terbuka, untuk sementara diistirahatkan dulu deh sampe ntar udah masuk musim semi. hehehe. Di musim dingiin kaya gini enaknya tuh makan makanan yg berkuah2 kaya mie, nabe, shabu-shabu ngopi ato nge-teh sama gorengan hehehe. Nabe tuh artinya panci, salah satu makanan Jepang yang intinya direbus, segala macem sayuran, bawang bombay, bawang daun, kani/kepiting, ikan, tofu trus diaksih “dashi” (kuah). “dashi” khusus buat nabe khusus ada dijual di supermarket tapi harus ati2 juga asapa tau ada kandungan mirin/sake nya, jadi klo mo bikin cari dashi dari ikan. Akhir musim gugur juga ditandai dengan perubahan warna bungan sama pohon2, bunga-bunga yang mulai kering terus berguguran, warna pohon ginko yang asalnya hijau sekarang berubah jadi warna kuning, pohon maple yang memerah (momiji), cantik deh. sayang gw belum sempet ke “koen” (taman) liat japanese garden. ntar klo gw udah kesana, gw upload deh poto2nya. Klo pagi2 beuh dinginnya seringnya di bawah 5 drajat, rasanya pengen mendekam di balik selimut terus ga keluar2 hahaha tapi apa daya tugas kenegaraan menanti. gw sampe pake pemanas juga di dapur, soalnya dapur tuh dingin banget. kaca-kaca jendela berembun. Udah kaya masuk kulkas deh. Khasnya winter tuh salju, tapi sayang klo di Tokyo itu salju ga turun soalnya termasuk dataran rendah. Dari awal Desember salju udah turun di utara Tokyo kaya di Hokaido, Ishikawa, bumi udah tertutup salju putih. Salju turun klo suhu dibawah nol drajat, alias minus. Waktu gw di Korea gw bisa main salju di depan apartemen, tebel banget. Suhu sepanjang winter itu minus. Jauh lebih dingin dari sekarang gw di Jepang. Pengen liat salju T_T. Semoga dapet kesempatan main ski jadi bisa main salju hehehe *colek suami* :))

Leave a Reply

