Zoo Adventure-Part 1 (Ueno Zoo)

Sejak datang ke jepang, baru bulan lalu gw pergi jalan2 ke kebun binatang, “doubutsu koen” istilah dalam bahasa jepang. Kenapa gw pengen ke zoo? pasti pertanyaan itu yg banyak yg dilontarkan orang2, secara gw blum punya anak, kebanyakan yg jalan2 ke doubutsu koen itu yg ngajak anak2nya jalan2. hahaha. tapi menurut gw ga ada tuh larangan buat couple kencan ke bonbin, secara ini pernah gw lakuin sama suami di jaman gw kuliah dulu, gw inget banget waktu itu gw butuh buat pengamatan salah satu praktikum mata kuliah biosistematik. jadinya gw minta temenin suami ke bonbin (*kebun binatang), yang notabene tinggal ngesot karena sebelah kampus hehehe. Alasan gw pengen ke bonbin disini ya refreshing, cari suasana alam, liat yg dedaunan ijo, binatang, udara seger karena sejauh mata memandang sekitar apato gw itu gedung melulu. istilahnya 4L, lu lagi lu lagi lu lagi (lu=gedung)🙂 Selain itu jg gw pengen tau tempat2 buat anak2yg bisa gw kunjungin di jepang, jadi klo gw punya anak ga bingung mesti dibawa kemana, terutama tempat yg edukatif juga sarana buat bermain anak. Gw penasaran gimana suasana kebun binatang di negeri orang.

Ueno Zoo itu bonbin paling tua di jepang, taun berdirinya 1882. Ueno Zoo juga punya banyak koleksi binatang, jadi salah satu icon kebun binatang di jepang. satu2 nya yg punya panda. Ueno luasnya 14,3 Ha. Ueno Zoo itu salah satu bagian dari Ueno Park, jadi selain ada kebun binatang disana juga ada taman super gede dengan banyak pohon, ada pagoda namanya Kan’en ji Temple, “tea ceremony house”. Ueno Park juga punya museum, ada Tokyo National Museum, Tokyo Metropolitan Art Museum, sama National Science Museum. Lengkap banget bisa ke museum sekaligus ke kebun binatang. Bagus ya ada taman super gede di tengah2  kota Ueno yang padat penduduk, juga termasuk salah satu kota gede juga crowded di tokyo.  Ini sebagai daerah terbuka hijau buat ngurangin polusi udara sama efek rumah kaca.

Perjalanan cukup jauh dari rumah gw ke Ueno Zoo kira-kira 1 jam lamanya. sebenernya ada 2 pintu masuk dari Ikenohata Gate sama pintu masuk utama dari Ueno Station. Gw masuk dari Ikenohata Gate, soalnya kita pake satu kereta terus sampe ke omotesando trus baru ganti pake shiyoda line sampe deh ke Ikenohata Gate. Bayar masuknya 600 yen buat orang dewasa, 300 yen buat lansia, 200yen buat pelajar, dan free tiket masuk buat anak umur 0-12taun. Sedangkan untuk masuk dengan grup itu jauh lebih murah lagi. Untuk ukuran orang sini harga tiket masuk itu tergolong murah, trus worth it dengan pemandangan yang bakal didapet. Ada lagi fasilitas yg gw acungin jempol lagi buat orang jepang, disini tuh hukumnya wajib ya mau di mall atopun di tempat wisata bonbin kaya gini ada tempat penyewaan baby stroller, jadi klo ga bawa stroller ato takut anak cape karena perjalanan yg jauh ada tempat penyewaaan. Fasilitas lain yang tersebar dimana2 itu rest area, banyak banget tempat istirahat buat duduk, apalagi food court, toilet ada dimana2 jadi ga takut klo beser bisa ke toilet kapan pun dan dimana pun *udah kaya iklan aja* hahaha. vendig machine juga ada di tiap rest area, mau minuman panas dingin bahakan es krim pun ada, tinggal pilih deh terus masukin koin.

Contoh keterangan di tiap kandang binatang, Ueno Zoo

Animal-Name Tag

Begitu masuknya gw disambut sama area vivarium, hewan2 khusus reptil. Pertama gw masuk area vivarium ini gw cuma melongo, kenapa? karena mereka buat suasana di dalem area ini seperti “hutan buatan’. Rimbun banyak pepohonan, udara yg cukup panas, kolam2/kandang terpisah, dari mulai binatang sampe detil makanan dari setiap binatang. Mereka buat begitu edukatif, setiap binatang ada nama latinnya, nama dalam bahasa inggris tentunya ada juga dalam bahasa jepang sampe keterangan habitat/makanan dari tiap binatang. Jadi buat anak2 yg bertanya, kita sebagai orang tua bisa pakai penjelasan2 yg tertera di setiap keterangan itu sebagai penjelasan. ini contoh penjelasan yg gw maksud :

IMGP0059

Animal Description-1

IMGP0129

Animal Description-2

Tiap section dari kebun binatang dibuat sedemikian rupa sesuai sama tema binatang yg ada. satu sama lain beda2. jadi tiap binatang diusahakan merasa nyaman, seperti mereka ada di habitat aslinya. Buat pengunjung ini jadi ga bikin bosen. terkesan niat banget bikin kebun binatang. konsep yg mateng. contohnya, oceanic animal, polar bear punya kandang yg mirip sama habitatnya di kutub utara, ada kolam yg sekelilingnya ada kaca, jadi kita bisa liat polar bear berenang, trus daratannya dibuat berbukit2 dan beracat putih. Ueno Zoo salah satu kebun binatang yang punya koleksi beruang kutub, ini dia si polar bear

Polar Bear

Polar Bear

Polar Bear in Action

Polar Bear in Action

IMGP0098

Deatail of Polar Bear

Gajah India

India Elephant

Salah satu section yang bikin gw tercengang, itu tempat gajah. Ueno Zoo punya lengkap banget informasi tentang gajah. gajah yang ada di Ueno itu gajah Asia dari India. Ada area sendiri ‘kerajaan gajah’, disini aneka penjelasan tenang segala sesuatu tentang gajah. Ada miniatur gajah, tulang2, keterangan hidup gajah di habitat aslinya dari gajah kecil hingga dewasa, tulang leluhur gajah (mamot) sampai gambaran anatomi gajah. Area gajah di Ueno Zoo cukup luas. jadi kita puas keliling2 menyusuri segala informasi tentang gajah

Mammoth Tusk

Mammoth Tusk

Tulang Gajah

Elephant Bone

IMGP0145

Elephant History-1

IMGP0146

Elephant History-2

IMGP0147

Elephant History-3

IMGP0143Yang lebih bikin gw melongo ini nih gambar anatomi si gajah. Mana ada gambar kaya gini di bonbin sebelah kampus gw dulu. hehehe. Puas banget jalan2 di Ueno, super banget deh. Tempat yang luas, jadi saran gw klo mau main kesini lebih baik dateng pagi, begitu buka jam 09.30 biarpuas muter2nya. Klo cape jalan, ada juga monorel yg bisa dinaikin dari East Garden Station. Monorel inihanya melewati rute yang pendek jadi tetep ga bisa ngelilingin semua area binatang yang ada, tapi sapa tau anak cape boleh juga dicoba. Waktu gw ke sana, Ueno lagi kampanye ulang taunnya dengan mengangkat tema ‘Save Panda”. Rame banget kandang Panda ini, soalnya si Panda baru aja dateng taun kemaren. Antrinya ga kira2, buat ngeliat panda dari deket. Karena males jadi gw cuma liat dari kejauhan. Lumayanlah bisa liat panda secara langsung.

(to be continued….part 2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s