Welcome Autumn

Holaaa.. breezy greezy…udah 2 minggu terakhir ini Jepang udah masuk musim gugur (aki=japanese).. yep aura autumn udah mulai terlihat.. yg paling bisa dirasakan itu perubahan suhu yg drastis *pendapat orang tropis*. yup waktu gw dateng di musim panas, gw disambut sama kelembapan yang super duper tinggi. Tapi di musim gugur ini suhu semakin turun yg otomatis kelembapan juga semakin turun. Nantinya klo musim dingin, suhu bakal dibawah 0 drajat, kelembapan akan cenderung ke kering mungkin sekitar 10%. Yang paling bisa dilihat style orang-orang jepang udah mulai berbeda dari waktu summer, yangg asalnya buka-bukaan karena panas sekarang mulai pake baju yg agak2 tertutup tapi msh blum ngeluarin senjata musim dingin *iyalah kan masih autumn*. Yang sering gw liat mereka udah pada pake boots, ankle boot, heels boot, ugg boot, tight/legging+mini dress udah mulai sering dipake, cardigan, blouse rajut, klo lg kerasa dingin cowo2 ke kantor udah mulai pake jas/suit *termasuk suami hehehe*. Detektor lain bahwa udah masuk autumn itu, Kaldi CoffeeFarm, toko yg jual berbagai macam jenis kopi, bahan2 makanan import itu udah mulai ngasih welcome drink kopi panas. kemaren ini waktu summer kopi yg mereka kasih tuh dingin tapi sekarang udah mulai anget nah itu berarti memang mulai autumn hahaha😛

Selain itu tanda lain dari autumn juga munculnya cemilan “kuri” kacang gt klo ga salah dalam bahasa inggris “japanese chestnut”. penjelasannya bisa dilihat disini. Pohonnya sejenis perdu, buah kuri itu berduri, klo buah itu dikupas ada biji di dalamnya. biji tersebut yg diolah dijadkan sebagai cemilan. “Kuri” itu klo di indonesia mirip kaya biji nangka yg direbus. Kuri di Jepang empuk, ga  terlalu manis, enak buat makan banyak2 hahaha. kata temen disini, klo dia lg laper, kuri lumayan buat bikin kenyang. Kuri ada disini mulai dari The Daiso (toko serba 100yen) sampai supa yg gede dengan berbagai ukuran kemasan tentunya. Yang paling gw sebel akhir2 ini muncul binatang di kamar mandi. ini mungkin karena udara yg makin lembab di kamar mandi, secara udah mulai jarang sinar matahari terik nembus masuk ke dalem rumah. jadinya muncullah binatang kecil2 bersayap, penampakannya mirip lalat buat (Drosophila melanogaster) sama ada satu lagi binatang bersayap yg ukurannya lebih besar daripada yg mirip seperti lalat buat. kedua binatang ini kadang2 ada di kamar mandi gw kadang2 juga ga ada. gatel banget buat berantas ini  binatang bersayap. tapi selalu datang berganti. Kamar mandi udah sering banget gw bersihin tapi masih tetep aja 1 ato 2 biji itu lalat buah tetep ada. Huff..

Buat orang tropis kaya gw, yg pertama kali juga ngerasain autumn. hhmm autumn lebih mending daripada summer. Kenapa??? karena ini udara enak banget, sejuk, layaknya di Bandung tempo dulu ato mungkin lebih tepatnya Lembang ya. Dingin-dingin sejuk, angin semilir berhembus, matahari juga bersinar ga terlalu terik. udara yg gentle bgt, biasanya klo summer gw ngerasin sinar matahari yg terik banget. kombinasi itu semua yg gw rasain dari autumn. walopun gw ngerasa ko dinginnya autumn tuh udah mulai menjadi-jadi hahahha. Di awal pergantian cuaca/musim kulit gw selalu bermasalah. Itu jadi salah satu pertanda jg dingin mulai dateng. Ya gw alergi dingin. 1 minggu setelah gw dateng aktu summer, gw kena kaligata di tangan sama kaki, waktu itu 1 minggu dingin bgt,, ujan seharian  trus mendung melulu plus aernya dingin banget, ya jadilah tuh si kaligata bermunculan subur. Nah sekarang kejadian yg sama juga gw alamain, karena suhu yg turun drastis, kulit berontak jadilah kumat si kaligata gw. Gatel2 merah2 bentol di kaki sama tangan gw. Duh gatelnya super deh. Serba salah klo gw garuk merah2 bentol2 bakal makin menyebar kemana2. Untungnya suami masih punya caladine cair buat gatel2 sama bedak purol, alhasil gw pakelah itu semua, Alhamdulillah lama2 ini kaligata sembuh jg. berangsur membaik hehehe.

Di musim gugur ini malem lebih panjang daripada siangnya. jadinya waktu solat pun berubah jadi lebih cepet daripada waktu summer. Waktu summer maghrib bisa hampir jam 7 tapi sekarang di musim gugur waktu maghrib jauh lebih cepet, setengah 6 pun sudah adzan. Perubahan lain yg gw rasain selain karna cuaca yg lebih dingin terus waktu malem yg lebih panjang, bawaaanya males pengen tidur hahaha *kebluk*. apalagi klo dari pagi udah ujan, beuh itu pengennya berlindung di balik selimut yg anget hahaha. Di musim gugur ini jadi makin sering minum yg panas2, teh kopi serba panas. mantep juga sama indomie panas-panas yang pedes hahaha.  Makanan jepang yg pas banget sama cuaca dingin-dingin kaya gni itu “Nabe” sejenis makanan kaya sop, isinya bisa macem2 dari mulai daging, ikan, tahu, sayuran, bawang daun/bombay. semuanya dimasukin dalem 1 cawan trus dikasih bumbu+butter dan direbus sampe mendidih. dimakan waktu anget-anget. hhmm yummy yummy….

4 thoughts on “Welcome Autumn

  1. mba…aku rencana tgl 1 november ke jepang🙂 apakah momijinya udah kelihatan untuk daerah tokyo? perubahan warnanya gitu….trus kalo ukuran sepatu2 di jepang kayak boot gitu ukuran paling gede berapa ya mba? punya info ga? kaki ku sekitar 40-41 *blushing*

    salam kenal🙂

    • wow.. salam kenal..:D
      dalam rangka apa ini ke jepang? wah selamat yaa udah mulai dingin tuh november…
      ow november yaa. mungkin momiji nya udah keliatan. tapi belum tau juga ya soalnya ini musim gugur pertamaku. ukuran sepatu boot pake yg 23; 23.5 gt.kayanya ada deh ukuran2 gede..

  2. salam kenal mbak armel.
    Saya suka sama artikel ini. Saya mau nanya, apakah dimusim dingin bulan maret ini, ada yang menjual KURI ? Klo di OSAKA, cara mendapat kan KURI dimana ya ? Tolong saya di bantu ya mbak’ krn hari ini, teteh ku dari rombongan TUPPERWARE akan ke Jepang. Pesanan saya kacang KURI atau Chesnut. maklum ngidam mbak. Tolong saya dibantu ya mbak. Terima kasih

    • salam kenal. sory terlambat balas. kuri bisa ditemuin dimana2. biasanya di supermarket, daiso/100yen shop buka dijual jg atau di kombini2 kaya 7/11, lawson ato family mart.. semoga bisa dapet kuri-nya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s