Being full housewife (1 month)

Yup, udah genap 2 bulan gw resign dari kerjaan di serpong, 1 bulan lebih jadi housewife dan hampir genap juga 4 bulan gw berumah tangga😀 rasanya macem2 yaa. hehehe. Gw mo sharing kehidupan jadi housewife di negeri sakura. Akhirnyaaa gw ngalamain jg jadi housewife. hehehe. Sebelumnya ga pernah terpikir di benak gw buat jadi housewife, apalagi full housewife. Yup, karna mamah gw jg bukan full housewife, beliau wanita karir+housewife. Jadi dari sejak kecil gw mengidolakan apa yg dilakukan mamah gw dan bercita-cita kelak seperti beliau. Tapiiii seiring perubahan situasi dan kondisi *cielah*, saat ini peran gw jadi housewife dulu. semasa jadi lajang gw udah ngerasain jadi wanita karir sekarang ga ada salahnya ngerasain jadi housewife dulu, menikmati kehidupan berumah tangga. ngebangun keluarga kecil gw di negeri rantau.

Buat gw jadi housewife itu naluri secara lahiriah. begitu setelah menikah, secara natural insting gw keluarr buat ngurusin suami, rumah pokonya segala rupa tektek bengek kerjaan emak2 gw jabanin. yg lebih dahsyat lg saat ini pemikiran gw udah kaya emak2, ya bawelnya lah, ya itung2an ini itu lah. hehehe. Eksperimen gw jadi housewife pertama kali di jepang bisa dibilang Alhamdulillah dimudahkan. kegiatan gw sehari2 dimulai sama nyiapain sarapan pagi buat suami. Suami gw tipe yg mesti sarapan pagi sebelum keluar rumah, beliau lebih prefer nasi buat sarapan. ini udah jadi kebiasaan dari kecil. emg selalu makan nasi setelah solat subuh. jadi mau ga mau mesti, kudu bangun pagi. menu sarapan biasanya gw usahain beda sama menu bento yg gw bawain buat suami. tp yaa klo bahan sama waktunya mepet ya jadinya seadanya deh. abis nyiapain sarapan biasanya gw baru bikinin bento buat dibawa ke kantor. isinya gw usahain lauk+sayur+buah. biasanya menu lauknya udah gw bikin kemaren malemnya. jadi ga perlu repot pagi2 nya. gw tinggal bikin sayur ato kadang2 sama menu pendampingnya. beres deh.lauk yg gw udah masak semalem biasanya gw bikin agak banyak misalnya buat 2-3 kali porsi makan, biasanya buat gw makan siang ato malem. bisanya juga buat kombinasi bento suami besoknya lagi. pagi2 ini juga biasanya gw sama suami sarapan bareng sambil ngobrol, nonton tv berita pagi dan yg wajib juga prakiraan cuaca setiap harinya. ini penting bgt, soalnya info ttg cuaca ini hampir pasti bener, ujan ato ga, suhu hari itu brapa, boleh ato ga nyuci. di jepang ga ada prakiraan cuaca yg meleset hampir pasti tepat.

Abis prakiraan cuaca ini biasanya gw baru nyuci ato sebaliknya sarapan sambil nyuci. Dilanjutkanlah bersih2 rumah. vacuum. lap-lap. nyuci piring lanjut ngepel. Abis kerjaan rumah beres biasanya ngaso deh hehehe.. waktunya bersantai…nonton film sambil ngemil, browsing ato tidur *salah satu hobi gw* hahaha. blogging juga jadi salah satu kerjaan gw klo lagi pengen nulis. gw bkin rutin sih nulis. kaya mesti ada setoran minimal tiap minggunya. gw pengen sharing tentang pengalaman gw tinggal di jepang. bair nanti anak cucu gw bisa baca. hehehe.  Tiap harinya wajib belajar nihongo. bahasa yg wajib buat hidup disini. karna semua disini pake nihongo. 1 minggu 2 kali gw les nihongo bareng sama tetangga2 orang indo di lingkungan gw. gw pengen bisa ngomong nihongo cas cis cus. Baru kemaren gw ikut kelas nihongo di shiminkan (kelurahan/balai kota) di daerah tempat tinggal gw. mereka buka kelas nihongo gratis, yg ngajar volunter orang jepang yang udah tua tapi masih pengen berkegiatan. 1 term berlangsung selama 4 bulan. buat ganti foto copy +tea time kita ditarik bayaran 500 yen. belajar di shiminkan lebih banyak praktenya lansung, kita ngomong. klo di daerah saginuma yg gw belajar bareng orang indo  lainnya, itu belajar berdasarkan buku minna no nihongo. O iya gw juga ikut belajar bahasa jepang secara online yang diselenggarain sama salah satu organisasi muslimah di jepang, 1 minggu 2x. mabok deh nihongo tiap harinya hehehe. mudah2an bisa cepet bisa ngomong bahasa jepang. amiiinn

kadang-kadang klo bosen di rumah apalagi summer di rumah udah kaya kepanggang. gw window shopping lah, apalagi kemaren ini summer sale kan, kalap lah sebagai ibu2 wkwkwk. dateng ke tempat2 bareng sama temen2 yg belum pernah gw datengin. kegiatan seru lainnya belanja di supa/supermarket di sekitar tempat tinggal gw. jadi ibu2 gw jadi tau supa-supa (supermarket) di sekitar gw. masing2 supa ada keunggulannya dari mulai barang yg dijual sampe harganya. ayam halal bisa dibeli online di toko indonesia ato toko halal pakistan. tapi sekarang ini udah banyak supa jepang yg udah jual ayam halal. kebetulan di lingkungan gw itu blum ada. baru kemaren ini gw berburu ayam halal ke jujiya supa di azamino, 3 eki dari apato gw. lumayan karna ada free pass suica suami jadi gratis deh. harganya ga beda jauh sama klo beli online. ada juga dari rumah tuh pake bus, namanya gyomu supa tapi disitu ayam halalnya cuma bagian sayap aja. di supa2 kaya gini mereka jual barang2 impor dari thailand, italia jadi buat muslim ini supa surga buat stok bahan2 makanan. hehehe. belanja di supa jepang harus hati2, teliti baca ingredient nya, ga boleh ada sake, mirin ato lemak hewani. tinggal di negeri orang bikin kita mesti tau macem2, beruntung banyak informasi terutama mana aja produk jepang yg boleh dikonsumsi mana yg ga dari mulai makanan bayi, cemilan, bumbu, bahan makanan etc.

Baru aja gw ikutan buat jadi pengurus salah satu organisasi muslimah di jepang. lumayan buat ngisi waktu, nambah temen juga. kerjaannya juga ga sulit. karna di jepang ini kita tinggal jauh satu sama lain, telpon+internet sangat amat berguna. teknologi membuat semuanya mudah. kerjaan gw bikin kelas buat kursus nihongo secara online. buat gw manfaat banget karna selain gw peserta juga merangkap yg ngaturinnya. hehehe. Gw juga seneng buat nyobain resep masakan, kue di dapur. karna perbendaharaan menu masakan gw blum banyak yaa jadinya mesti rajin-rajin buat nyobain yg baru-baru biar masakan ganti-ganti ga bosen.

Kalo sore, biasanya gw baru belanja ke supermarket deket apato, biasanya ada yg diskon. disini ada supa yg tiap minggunya suka ngadain diskon sayur-mayur dan lauk. lumayan kan buat ngehemat. umumnya ibu-ibu di jepang tuh blanja setiap harinya. karna mereka suka yg seger2 jadi ga nyimpen stok makanan bnyak di kulkas selain memang tempat penyimpanan stok makanan pun sempit. klo sore banyak tuh ibu2 berkeliaran pake sepeda yg jemput anak, belanja. supermarket rame banget. Selain supa, drugstore juga ada waktu-waktu tertentu dimana harga mereka juga lebih murah daripada hari biasanya. ada lagi toko grosir yg agak jauh dari apato gw, donkihotte namanya. ini dia jual leih murah lagi dari harga2 di supa. tapi ya itu mesti goes sepeda agak jauh dulu klo mau ke donkie. buat ibu2 pasti puas liat harganya. hahaha…

Leave a Reply

