Ied Mubarak di Jepang

Masih dalam suasana lebaran, ga ada salahnya buat ngucapin Happy Ied Mubarak 1433H, maaf lahir batinšŸ˜€ semoga kita menjadi manusia yg lebih baik… Amiiinn. Di postingan ini gw mo sharing tentang pertama kalinya lebaran di negeri perantauan juga pertama kalinya lebaran sebagai status istri dan bersuami hahahha. o iya gw blum share gmn ramadhan pertama gw sama suami. ntr deh abis posting ini gw share gmn seluk beluk ramadhan pertama gw sama suami trus di jepang yang lagi summer pula.

Taun ini ied pertama gw berstatus bukan single, jauh dari ortu maupun mertua di negeri perantauan. taun ini juga lembar baru kehidupan gw sebagai wanita dimulai. setelah menikah di pertengan taun ini lalu memutuskan untuk resign dari pekerjaan yang selama hampir 2 taun ini gw lakukan terus ikut suami ke perantauan. Ini saat2 yang mendebarkan buat gw. Gw sangat excited dengan status baru gw. Yes I’m enjoy it!

Ied di negeri perantauan itu jauh berbeda dengan di indo. disini sepi krik krik krik, malam takbir ga seperti malam takbir sama seperti malam2 lainnya *cielah* ya iyalah terang aja orang gada mesjid di sekitar apato gw wkwkkwwk. disini kita sendiri masing2 muslim yg takbir menyambut har kemenanganšŸ˜€ disinilah tantangannya menjadi kaum minoritas. Ied di jepang juga ga ada heboh tuh kue lebaran, baju baru lebaran. kue lebaran iyalah, gw blum bisa buat bikin2 kue dalam hal ini ya jadinya masih tahap trial eror tahap bikin2 bolu/brownies hehehe. tapi klo masak menu lebaran ada ko, hehehe. biar serasa bener2 lebaran ya masak mah wajib opor ayam, sambal goreng cuma ketupat susah sih bikinnya jadi nasi aja yg gampang. hihihi. sebenernya ketupat tinggal beli yg instan sih, lontong instan yg tinggal dimasak tapi berhubung mest ke toko indonesia di shin-okubo beuuh jauh, plus gw lupa pesen pula waktu bareng2 blanja online sama ibu2 di miyamae. ya sudahlah nasi pun ga mengurangi makna lebaranšŸ˜€

Suasana ga kaya lebaran jadi bikin Ā kangen suasana lebaran di indo hihihi. apalagi kesibukan disini sama kaya hari-hari biasanya. tap iya sih libur juga, karena summer biasanya libur lama. Tapi jujur gw ga ngerasa sedih banget taun ini ga lebaran di Indo, kenapa? soalnya ada suami. hehehe. kehidupan gw seakrang sama suami, mo dimanapun itu. Bahagia berkumpul sama suami, apalagi ini lebaran pertama kita.

Kita solat ied di sekolah republik indonesia di Meguro, deket sama kedutaan RI. sebenernya di jepang mesjid2 lain juga menyelenggarakan slat ied, tapi kita pilih yg paling deket sama kita. Bukan pertama kalinya kita solat di SRIT, tp selama ramadhan beberapa kali kita juga buka puasa bersama sesama orang indo disana. Memang setiap tahunnya klo lebaran orang indo pada solat disana. Solat ied wilayah tokyo dipusatkan di SRIT, jadi bakal bnyak bgt orang2 indo yg kumpul disana, kloter solat ied dibagi 2 ada yang jam 8 dan 9. Gw sama suami pilih solat kloter pertama jam 8, biar bisa nyantai ke kedutaan buat halal bihalal. jadi kita pergi dari rumah jam 6 pagi. perjalanan ke Meguro lumayan jauh, 1 jam. apalagi klo gini belum ada bus yg beroperasi dari daerah futako, tempat biasanya kita naik bis, jadi mesti ke oimachi, agak muter dari rute biasanya. Minimal dateng ke SRIT jam 7.30 biar dapet tempat buat solat kloter pertama, makanya kita pergi naek kereta jam 6, karena pengalaman sebelumnya klo telat sedikit wuiihh ga bakal deh dapet tempat.

Pagi sebelum soalt ied semangat 45 banget jadi gatel pengen cepet2 pergi. Sesudah solat subuh jamaah sama suami, kita ngelakuin tradisi sungkeman. gw minta maaf sama suami atas kesalahan yg disengaja ato ga begitun sebaliknya. hwuuaaaa,, terharu. setelah itu, jam 6 udah pergi naek kereta jam 6.02, eh ternyata kepagian hahaha, kira2 nyampe SRIT jam 7 kurang, suami gw udah ngedumel aja gara2 kepagian, soalnya lagi kita di kereta temen2nya blum pada brangkat hahaha. ya maklum lah ibu2 kan takut telat daripada dapet kloter 2. wkwkwk. dari miyamae naek kereta trus ganti di futako naek yg ke oimachi. dari sini lanjut lagi pake kereta ke meguro. dari meguro barulah naek bis sampe ke SRIT. hari itu serasa meguro milik orang indo. buanyaakkk banget org indo. senengnya. satu nasib satu rasa di negeri perantauan wkwkwkw. dari meguro kita naek bisa isinya semua org indo, udah kaya bis damri bantuan angkuta leabran wkwkwk yg di mobilnya ada iklan tolak angin hahaha. seneng bgt walopun ga kenal ya senyum2 aja. aheeyyy!!! sepanjang jalan ke SRIT banyak org indo yg jalan. tujuan kita sama ke SRIT, solat ied di hari yg fitri, hari kemenangan bagi umat muslim setelah berpuasa 1 bulan selama ramadhan. begitu nyampe SRIT, kita semua turun, bis itu kosonglah jadinya hahaha. paling ga cuma ada 5 org jepang. jalanan masuk SRIT agak jauh, lewat jalan2 kecil, SRIT ada di daerah pemukiman orang jepang. sebenernya ini balai indonesia, dikasih dari pemerintah jepang. hanya indonesia, negara yg diberi tanah oleh pemerintah jepang. sugoi desunešŸ˜€ di tanah ini berdiri sekolah indonesia, sekolah buat anak2 indonesia. tapi disini juga jadi tempat kegiatan orang2 indonesia. di balai ini klo bulan ramadhan jadi salah satu pusat kegiatan muslim indonesia.

Dari gang sebelum nyampe SRIT, org indo berbondong2 jalan buat solat. lucu banget deh. serasa kita ada di indo ya. ternyata nyampe udah banyak bgt orang indo disana. dari mulai lapangan sampe lantai 2 gedung udah terisi banyak jamaah solat ied. untungnya gw dapet di sport hall, lantai dasar gedung deket sama pintu keluar. sedangkan suami jadi sukarelawan dulu ngatur2 jamaah solat ied yg cari tempat solat di lantai 2. gila tuh orang indo bejibun banyak bgt. di sport hall tempat aku solat, ada tv yg nyiarin langsung imam, pemimpin solat di mesjid utama lantai 2 gedung. Alhamdulillah aku dapet di shaf pertama buat solat, inilah gunanya dateng pagi2 dapet tempat solat yg pewe bgt. Gw dateng sekitar jam 7an, 30 menit setelah jamaah udah penuh satu ruangan sport hall itu. Kita jamaah bolak balik ngerapiin shaf Ā biar orang2 yg masih ada diluar bisa masuk ke dalem. lumayan muat banyak juga sport hall ini. Sebelum solat dilaksanain, semua ruangan sampe lorong2 di gedung SRIT ini udah penuh sama orang, dari lantai 1-4. eAlhamdulillah solat ied dimulai tepat waktu jam 8 dan berjalan lancar setelah itu dilanjutin khutbah. selesai khutbah kita silaturahmi saling memaafkan satu sama lain. semua jamaah tumpah ruah, silaturahmi sesama temen pengajan, ibu2 disana. wah rame deh. udah kaya kampung indonesia. senengnyaaa.

Abis slat ied jamaah keluar ngikutin jalur keluar gedung yg udah ditentuin, ada yg keluar lewat jalur belakang dan depan gedung semuanya diarahin keluar ke arah yg berlawanan dari pintu masuk mesjid. meguro seketika jadi kampung indonesia. isinya orang indo semua. hahaha. semuanya jalan bareng2 ke kedutaan. sekarang ini di jepang lagi summer. panasnya minta ampun. kita jalan dari SRIT ke kedutaan itu cukup jauh. bolak-nbalik kita berenti di combini buat beli minum, yg begonya lagi lupa bawa payung jadinyangedadak beli payung di lawson hahaha. *boros* tapi ini payung beda dari payug2 kita punya, tinggal dipencet aja buat ngebuka sama nutupnya. akhirnya setelah kita jalan ampir 45 menit nyampe juga di kedutaan. ternyata kita masuk lewat pintu belakag, masuk langsung Ā ke rumah dinas dubes RI. antribok! banyak jg yg mo makan gratis hahaha. setelah antri pa jang, akhirnya salaman jg sama dubesnya. orangnya putih bgt kaya orang jepang, dia pake baju koko-sarung-jas, yg lebih eye-catching itu istrinya cantik bgt katanya ex-model basteran gt deh kaya orang2 asia tengah macem uzbekistan ato kazakstan gt. wuiihhh. abis itu langsung deh antri opor ayam. ehhe. ternyata ini rumah dubes nyatu sama si kedutaan, bersebelahan maksudnya. deket bgt klo ngantor. enak juga.Ā Ā kita makan opor bareng2 di parkiran basement kedutaan yg udah dialasin sama terpal. selain dapet opor, ada juga cemilan kaya lapis legit, pastel.Ā ketemu2 temen2 dari suami yg sesama toshiba. kenalan2. ya lumayan lah jadi bikin temen baru, sesama ibu DW *darma wanita* hahaha. senengnya berada diantara orang2 indo..ya rasa kangen tanah air terobati.

Yang beda dari lebaran taun ini gw sama suami belum sungkem ke orang tua trus ga ada tuh acara kumpul2 sama keluarga besar. hahaha. setelah dari kedutaan gw sama suami malah jalan2 sama keluarga temen suami jg ke shinjuku. hehehe. kebetulan suami tuh ambil cuti 1 hari setelah lebaran, makanya kita rencana mo pergi ke fuji-Q sama kaya dufan lah itu. kita mo cari tiket ke Byuu plaza. harusnya di meguro eki ada tapi mgkn berhubung hari minggu jadi mereka libur. makanya kita ke shinjuku deh. di shinjuku abis beres beli tiket buat fuji-Q, kita jalan2 sebentar liat toko tas second disana trus makan di resto, klo ga salah namanya Ā la piassa pokoknya berbau pissa gt. agak lupa namanya. baru kali ini di hari pertama lebaran selain makan opor ayam yg udah tradisinya, juga makan spageti. hahaha. Klo pesen spageti halal di jepang, pastinya pilih yg seafood, itu yg paling aman karna pasti ga akan ada beacon (babi). Aku pesen spageti udang, sedangkan suami pesen spageti ikan teri. jgn salah disini ada loh ikan teri. hahaha. dari mulai teri yg kecil bgt, masih imut2 sampe yg agak gede sedikit, klo di resto padang sukanya dimasak balado. Ā Selesai lunch, langsung pulang deh. Siap2 buat ke fuji-Q besoknya. hehehe…

Begitulah pengalaman lebaranku yg pertama di negeri sakura…. yg penting makna lebarannya dimana pun itu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s