13 Juli 2012

Udah hampir 3 minggu aku tinggal di Jepang… gw mo sharing sedikit tentang awal kehidupan gw disini…

3 minggu lalu, perjalanan gw nyusul suami dimulai..gw pergi dari bandung pake air asia ke kuala lumpur dulu baru dari sana ke haneda…  perjalanan ke KL alhamdulillah lancar, cuma 1 jam…

Sebelum naek pesawat

Nyampe di kuala lumpur gw buru-butu cari makan, mentok-mentok McD yg udah jelas ajalah yaa..ngantriii. ini LCCT udah kya terminal bis leuwi panjang, penuh banyak orang cuma ya lebih bagus dibandingkan Soeta😛. nunggu boarding kurang lebih masih 2 jam tapi jarak nyampe tempat boarding itu bisa jalan kaki 1 jam. otomatis abis makan langsung check in trus jalan ke boarding lounge-nya.

@Boarding Lounge, LCCT Kuala Lumpur

Boarding

 

Before Landed @Haneda Airport

setelah menempuh perjalanan hampir 14 jam akhirnya gw menjejakkan kaki di Haneda Airport 22.45 GMT+9. First impression gw turun di Haneda, “wooww ini airport gede bgt, luas abiiisss”. dari pesawat turun sampe airportnya lumayan jauh, kita mesti naek bis khusus bandara. sebelum ngambil bagasi, seperti biasa kita harus lewatin kantor imigrasi. dari antrian udah dipisahin, mana antrian buat foreigner atau penduduk Jepang sendiri. petugasnya sangat gesit walaupun itu udah malem yaa. gw ngantri di antrian foreigner dengan sub antrian untuk residence entry-permit. ketika gw antri, satu persatu dokumen foreigner diperiksa sama petugas imigrasi, klo dah lengkap boleh langsung ke counter imigrasi, klo ga suruh balik lg benerin dokumennya. Giliran gw yg diperiksa dokumennya, langsung deh gw dipisahin dari antrian yg panjang banget ke kantor imigrasinya. Duh gw udah deg2an aja ada apa ini. Feeling gw karna di paspor ge udah ada COE trus sama visa tinggal jadi pasti ini buat ngurus residence card, eh bener aje,, gw sedikit diwawancara trus disuruh tunggu 10 menit dan mereka urus pembuatan residence card. Ga lama dari itu gw udah dapet residence card, yg menandakan gw “penduduk Jepang”😀 hehehe. Gw dipersilakan ambil bagasi dan urus custom declare.yg mesti diacungkan jempol yaitu, urusan claim luggage itu cepet bok!!! beuuh ga ada deh yg kaya begini di negara kita. hehehe. gw cuma nunggu sekitar 2 menit, itu koper gw udah lewat aja di conveyor belt. Gw langsung gotong si koper plus cari trolley dan menuju ke petugas luggage buat keluar bandara. disitu pemeriksaan terakhir sebelum keluar, paspor sama residence card gw tunjukkin ke petugasnya dan gw lolos cek. Gw langsung bergeeas keluar soalnya si suami pasti udah nungguin,, hoaaaa langsung deh adegan rangga dan cinta hahahha…. seneeeennngggg…. ini deh residence card yg jadi dlm waktu 10 menit

Japan Residence’s Card

perjalanan dari haneda ke apato di daerah miyamedaira sekitar 2 jam bok!!! itu udah pake kereta apalagi klo ga. pertama kalinya gw naek subwa biasanya kan kereta api biasa ato kereta api komuter hehehe. keluar dari bandara, ternyata ada pemeriksaan polisi jepang secara random. sacara gw sama suami bawa koper gede trus keliatan baru nyampe setelah perjalanan jauh, kita langsung di-stop trus diwawancara. gw cuma bisa melongo, suami cas cis cus ngomonng japanese sama tuh 3 orang polisi yg nanyain kita tuh dari mana mo kemana. Suami ngejelasin klo dia udah tinggal disini 3 taun, kerja di Toshiba, dia blg gw istrinya yg baru dateng, suami langsung minta residence card gw yg baru aja jadi. langsunglah gw tunjukkin.ya akhirnya respons polisis tuh baik2 aja, dia ngucapain selamat datang di jepang. ternyata polisi itu kaya tim survey yg lg nanya2 gmn pelayanan imigrasi. karena peraturan imigrasi berubah dan berlaku 9 juli kemaren, terutama pemberlakuan residence card untuk izin tinggal sementara, makanya mereka mau liat respns secara langsung di lapangan.

dari haneda aiport, gw sama suami naek kereta sampai ke Shibuya trus ganti kereta yg menuju ke miyamaedaira. perjuangan bung buat gota ganti kareta ini. secara bawa koper yg beratnya 29 kg kadang ada erebeta (lift) kadang ga ada jadi mesti turun tangga huff. Jumat malam di jepang, orang2 masih kelayapan. kehidupan baru aja dimulai. pemandangan yg baru buat gw, ada yg tergeltak tidur gitu aja di stasiun kereta, ada yg muntash2 karena mabok abis minum2, ada yg jongkok saking maboknya ga bisa berdiri, sampai ada juga gelandangan yg tidur di emper-emper stasiun (gw kira di negara kita aja yg ada kya gt hehehe, jadi disini juga ada toh :P). kereta malem itu penuh abis, jarang bgt kita dapet tempat duduk, semua org pengen pulang ya jadinya penuh deh. kadang2 baru 5 stasiun lewat setelah kita naek baru dapet tempat duduk, tp klo rejeki ada juga yg begitu naek trus bisa duduk. semua orang jepang abis bergaul, bau minuman!! ditambah udara yg panas haduuh makin  hot mandi sauna lah di dalem kereta :))) gw jadi inget jaman kuliah lapangan naek kereta ekonomi bandung-gubeng, surabaya, autoklaf cing!!!

setelah menempuh perjalanan 2 jam akhirnya nyampe juga di miyamaedaira,, istana gw sama suami hehehe.. apato kita deket bgt dari stasiun, 5 menit jalan dari eki (stasiun). strategis bgt sesuai apa yg diceritain suami, deket sama 7eleven, supermarket,cafe,,woooww.. begitu turun kereta, ternyata ujan sodara-sodara, pertaa kalinya gw ngerasain ujan di negeri orang. lumayan deres. untung suami bawa payung, siaga bgt deh si ayang ini hehehe :*. jalan ke apato agak nanjak, kita agak ngos2an karna sambil bawa barang juga… tp perjuangan itu terbayar.. taraaaaa nyampe deh apato kita.. heehe (foto apato menyusul yaa hehehe)….

Alhamdulillah,, mulai hari ini kehidupan baru gw baru akan dimulai bersama suami di negeri perantauan,, semoga Allah senantiasa memberikan kami petunjuk, hidayah, dan kekuatan untuk membangun keluarga sakinah mawadah warahmah.. Amiinn

Leave a Reply

