I Got Japan Visa :D

Setelah menunggu 2 minggu akhirnya si COE (certificate of Eligibility) yg dibuat di kantor imigrasi Jepang sama suamiku selesai juga *banana dance*. 3 hari menunggu2 si COE, akhirnya aku terima juga si surat sakti buat bikin visa stay di jepang. COE itu surat jaminan kita klo akan membuat visa tinggal dalam hal ini aku akan tinggal di jepang, COE dibuat oleh penjamin kita yaitu suamiku. Persayaratan buat COE diantaranya, surat nikah, surat keterangan kerja di jepang, surat bayar pajak (yang diminta di kantor kecamatan/kelurahan setempat tempat suamiku tinggal), pas foto, ktp, juga formulir yg mesti diisi ketika kita akan memasukkan aplikasi. Pegawai imigrasi jepang memberitahu bahwa kira-kira 2 minggu setelah tgl pemasukkan aplikasi, COE akan selesai dan dikirim ke apartemen suamiku.

Tepat 2 minggu dari sejak tgl pemasukkan aplikasi ke kantor imigrasi Jepang, ada resi dari kantor pos tempat tingal suamiku di apartemennya, yang menunjukkan klo ada surat yg dikirim tetapi tidak ada orang di rumah makanya sang penghuni haruslah mengambil sendiri surat tersebut ke kantor pos 24 jam. Ketika melihat resi tersebut, kontan suamiku berfirasat sepertinya ini COE yang sudah jadi. Langsungnya saja si suami mengecek ke kantor pos setempat dan ternyata benar COE-ku sudah jadiiii *horeee horeee*, suami langsung kirim pake EMS kilat yang kira2 bakal nyampe kantorku 3-4 hari kemudian.

Wohooo, akhirnya 4 hari menunggu dag dig dug si COE datang jugaa, hehehe. Akhirnya bisa juga aku apply visa tinggal juga buat nyusul si suami hahaha. Syarat2 apply visa gampang, aku liat disini. Visa stay termasuk ke dalam visa khusus, jadi ya syarat2nya juga khusus, diantaranya paspor, formulir pengajuan visa yang disertai pas foto ukuran 4.5×4.5 cm tanpa latar belakang, foto kopi ktp, dan COE asli juga foto kopinya.  Aku juga menyertakan tiket pesawatku, aku pikir siapa tau mereka butuh buktinya bahwa tiket pesawatku sudah di-booking dari bulan februari.

Begitu COE aku terima, keesokan harinya aku langsung pergi ke embassy jepang di thamrin buat bikin COE. Pelayanan pengajuan visa pagi hari jam 08.30-12.00. jadi pagi2 sekali aku pergi dari BSD pake feeder busway trans bsd ke thamrin, perjalanan hampir 2 jam. tapi tetep semangat, perjuangan demi berkumpul sama suami hahaha.

Antrian masuk konsulat jepang udah dimulai dari pintu gerbang paling luar. ada satpam, pertugas yg nanya2 apa keperluan kita. tepat jam 08.30 pintu gerbang ke-1 dibuka, kita harus memberikan ktp untuk mendapatkan id card untuk masuk kedalam. Lewat pintu pertama, selanjutnya pintu metal detector, disini tas bawaan kita diperiksa. ini pengaman berlapis. selanjutnya masuk ke ruangan pengajuan aplikasi visa yang terlebih dahulu kita ambil nomor antrian. di ruangangan ini ada 3 loket visa,1 loket khusus untuk travel agent dan 2 lainnya untuk pengajuan visa individual/non-kolektif

Sekitar 15 menit mengantri, akhirnya nomorku dipanggil. petugas yang ngelayanin orang indonesia, padahal suamiku cerita dulu dia dilayanin sama orang jepang. ya gpp lah kita ga mesti ribet ngomngnya kan. tapi tetep ko ada orang jepang yg khusus ngelayanin di loket khusus warna negara jepang. Aku memberian seluruh aplikasi beserta syarat-syaratnya, si petugas memeriksa seluruh aplikasiku, ia nyatakan lengkap, dan aku mengisi resi penerimaan aplikasi visa yang selanjutnya ia beri cap+ttd. Aku disuruh kembali 3 hari setelah hari pengajuan visa. Woowww amazing!! cukup hanya 3 hari saja sodara2. beda sekali dengan birokrasi di negara kita yg payah sekali pelayanannya.

Aku mengambil visa sesuai dengan jadwal yg telah diberi tahu, tgl 13 juni setelah sebelumnya tgl 8 juni aku masukin aplikasi. Pengambilan visa mulai pukul 13.30-15.00. Beda dengan pengajuan visa, kali ini pengambilan agak lama ya antrinya tapi yang harus ku akui bahwa mereka itu tepat waktu membuka loketnya. itu yg aku suka. beda banget sama satu instansi yg aku sering berhubungan yg buka loketnya tuh hampir bisa 1-2 jam setelah jam istirahat selesai. Kurang lebiuh 30 menit mengantri akhirnya nomorku juga diambil, aku memberikan resi visaku kemudian si petugas mengambil pasporku yang sudah ditempeli visa. kemudian memberitahui biaya yg harus aku bayar 325 ribu rupiah. ia membuat kwitansi atas namaku dan selesaiiiii. Visa sidah ditangan…

Alhamdulillah aku bisa pergi nyusul suami hahahha *banana dance*

2 thoughts on “I Got Japan Visa :D

  1. wah.. asiknya kok bisa cuma 2 minggu yah? aku juga lagi nunggu COE udah 2 bulan lebih belum jadi2 juga.. hiks.. hiks.. kangen suamiku di sana, aku pun baru merit bulan Februari ini, bulan Maretnya si suami sudah harus balik lagi ke Jepang..😦

    • hai salam kenal..bukan cuma kamu ko yg lama bikin COE, ada temen suamiku jujga lama ko ada yg nyampe 1,5 bulan baru jadi. variatif sih lamanya jadi COE. waktu itu suamiku nyertain suami syarat2 yg diminta. hehehe.ga tau tuh suamiku buat COE cuma 2 minggu di imigrasi kanagawa.
      coba aja di-datengin kantor imigrasinya ato ditelpon tanya knp ga jadi2. kata suamiku emg birokrasi jepang agak2 ribet, klo syarat2 yg kita sertakan dlm permohonan COE buat mereka kurang jelas, mrk mesti konfirmasi satu persatu. misalnya, surat ket. kerja/kuliah nya ga jelas, kantor imigrasinya mesti konfirmasi ke univ. itulah yg bikin yg lama. ada lagi kata temen suamiku yg bikin COE-lama, itu karna antriannya juga panjang jadi lama nunggu gilirannya.
      Semangat ya buu.. ayo sini2 ditunggu di jepang…
      eh ayo kita ketemuan klo dirimu udah disini, dimana dirimu nanti tinggalnya? aku doain cepet beres ya COE-nya,, cepet nyampe pelukan suami😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s