Belajar Investasi :)

Sebagai pasangan yang baru menikah. Aku dan suami langsung berpikir untuk investasi. Investasi ini kelak buat tabungan pendidikan anak, rumah, dana pensiun, etc. Bulan lau aku baru nonton Sudut Pandang Metro TV yang membedah tentang biaya pendidikan. Biaya pendidikan di Indonesia setiap tahunnya mengalami inflasi 15-20%. Ini yang buat aku semakin syok!! ! Pendidikan semakin mahal dan biaya hidup semakin tinggi. Oleh karena itu kita perlu me-manage aset kita dengan baik dan tentunya terencana. contohnya biaya kuliah di almamater aku dan suami tuh berkali-kali lipat naiknya setiap tahun. Ga kebayang dong, berapaa biaya pendidikan yang mesti aku bayar buat anakku kelak!! Oleh karena itu, aku dan suami ingin memulai persiapan investasi sedini mungkin🙂 Sebagai orang tua tentunya kami ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anak kita nanti.

Macam-macam bentuk investasi yang aku tahu seperti LM (Logam Mulia), reksadana (RD), deposito juga tabungan biasa. LM seperti fine gold atau koin dinar/dirham bisa jadi alternatif investasi untuk mempertahankan nilai uang. Aku dan suami rencana untuk membeli LM. Persiapan sebelum beli LM, aku cari safe deposit box buat nyimpen LM yang nantinya kita akan beli. Berhubung harga LM sekarang lagi turun, makanya kita semangat buat beli LM biar lebih murah terus dapet LM nya banyak. hehehe. Deposito atau tabungan udah sering kita denger terutama aku kenal istilah tabungan sama deposito itu dari orang tua. Jadi pengetahuan buat tabungan sama deposito insya allah udah cukup. Deposito sama tabungan yang besar bunganya cenderung flat, membuat nilai mata uang kita turun oleh karena itu aku dan suami cari bentuk investasi lain untuk menyelamatkan nilai uang kita, diantaranya LM dan reksadana. Untuk reksana ini aku baru mengenal kurang dari setahun, tapi aku sangat tertarik dengan bentuk investasi ini makanya aku sering baca-baca tentang reksadana, apa itu reksadana, keuntungan dari reksadana, bentuk-bentuk RD, dan dimana RD itu bisa didapatkan. RD itu ada yang konvensional juga ada yang syariah. Untuk yang syariah aku baru belajar belakangan ini. jadi masih perlu banyak digali😀 RD merupakan bentuk investasi yang memiliki year return lebih tinggi daripada deposito yang bunganya cenderung flat *kedip kedip* jadi sangat menjanjikan untuk investasi dalam bentuk RD tapi dengan catatan disesuaikan dengan tujuan investasi, jangka waktu investasi, dan juga produk investasi.

Leave a Reply

