A C N E – 1

Kulit ku jenis yang berminyak dan acne prone. Tapi aku ga pernah punya jerawat semuka dan sebanyak seperti yg aku alami sekarang. Dulu kalaupun berjerawat hanya 1 ato 2 paling banyak 3. Itu pun klo mo periode setiap bulannya. Klo masalah komedo sih udah dari dulu ya.

Oktober 2010 aku pergi ke Korea untuk training kantor selama 3 bulan sampai januari. Slama disana itu musim dingin yang sedingin2nya. Kulitku mulai lah bereaksi atas perubahan cuaca yg signifikan dari yang Bandung bisa dibilang kadang dingin sama pana ke Korea tepatnya Chuncheon yang diakhir musim gugur mulai terasa dingin lama kelamaan suhunya makin hari makin turun,bersalju, dan angin dingin. Disana jerawatku mulailah bermunculan silih berganti. Aku obati pake Acne Speed Clearing Gel yang dibawa dari Indo. Hasilnya yaa lumayanlah buat ngurangin merah2, ngempesin, cepet matengin. Tapi mati satu tumbuh seribu. Sampe selesai training disana kulitku masih bermasalah. Ditambah pindah ke BSD City yang panas mentereng, berdebu makin lah si kulit berontak. Apalagi sekarang 1 hari full ada di dalem ruang AC yg otomatis bikin kulitku yang berminyak ga bisa ngeluarin minyaknya alhasil kulitku jadi berminyak-dehidrasi. Problem jerawat ya silih berganti terus sampe bosen deh liat muka..huhuhu..

Bermula dari ingin menyembuhkan jerawat aku mulai carilah klinik2 kecantikan biar bisa nyembuhin problem jerawatku. Setelah tanya sana sini akhirnya aku putusin ke n*****a (pake inisial tapi bisa tebak sendirikan namanya hehehe). Aku pikir karena klinik ini deket sama kantorku jadi kapan pun konsul jadinya gampang.

Inget banget waktu itu bulan april 2011 aku mulai ke klinik tsb. Petama dtg dikasih krim ini itu lah yang total jendral sangat menguras kantongku!!! Hiks..hiks..hiks.. 2 minggu setelah pemakaian krim itu hasil yg bikin gembira pun muncu. Jerawat mulai berkurang, muka bersihin, cerah..seneng..aku rutin dan rajin pke segala krim krim yg dikasih dokternya..tapi tetep ya setiap periode setiap bulan mo dapet selalu ada jerawat. Emang sih itu ga bisa dihindarin karena itu jerawat hormonal yg nantinya klo udah lewat masa menstruasi pun akan hilang dengan semdirinya. Aku ngerasain masa2 kejayaan kulitku. Tapi di akhir taun kemarin November 2011 mulailah kulitku break out.. muncullah jerawat gede2 seperti bisul..sakiiiiiittttt.. hiks hiks.. bolak balik konsul ke dokternya  ganti krim tapi ga ada perubahan jg. BT!! Dari situ aku mulai cari tau klinik n*****a (telat sih harusnya aku lebih teliti dari awal sebelum ke dokter karna banyak yg bilang klo udah ke dokter pasti ketergantungan!). sebenerny aitu klinik obat racikan apa sih komposisinya, track record klinik itu, yg punya tuh dokter spkk ato bukan, etc.

Aku mulai cari2 di forum yg ngebahas n*****a dan jreng jreeeennggg syok nya aku karana selama ini aku udah pake krim RACUN yaitu STEROID. Steroid itu obat dewa  yg bisa ngatasin inflamasi alias antiinflamasi. Biasanya dokter ngasih buat ngurangin bengkak2. Pantes aja jerawat aku pada kemps.. ternyata itu jerawat bukan disembuhin ya, itu hanya DIPERAM!! Yg sewaktu2 klo itu krim2 ga dipake maka dia si jerawat akan bermunculan dg sendirinya. Krim n*****a sangat oily yg notabene nambahin banyak lemak2 bebas di kulitku alhasil yaa muka berminyak abis lengket dan jerawat muncul karena lemak terjebak. Dari situ aku bertekad untuk berhenti total dari n*****a SI RACUUUUUNNNN. Ga tanggung2 aku buang semua yg berbau n*****a. aku mulai pusing cari skin care yg cocok sama kulitku.. dari situ mulailah aku ngalamain STEROID REBOUND EFFECT.

Kulit ku di sekitar pelipis gatel parah, radang di bagian dalemnya.. Mulai serangan2 jerawat itu bermunculan di jidatku. Penuh semua deh jidatku. Ga berenti dari situ mulailah ke pipi kiri kana, sedikit bagian dagu. Tapi memang yg paling banyak itu di jidat. Pokonya fase ITIK BURUK RUPA. Radang jerawatnya sakiiiiiiiiiiiitttt bgt!!! Efek psikologis dari keadaan wajahku begitu kuat aku rasakan. Sering kali aku meratapi wajahku di cermin dan menangis. Aku mulai stress, depresi, malu untuk keluar rumah, orang2 di sekelilingku tak berhenti bertanya apa yang terjadi. Sampai2 aku benci jika melihat cermin, “anti cermin”. Stress itu makin nambah ketika aku sadar waktu married semakin dekat, bulan Mei, sedangkan wajahku lg break out otomatis ini menambah beban pikiranku. Takut jerawat2 ini belum sembuh saat tiba hari pernikahanku. Tapi Bismillah, insya allah semuanya pasti berlalu…Aku merasakan berbagai tekanan padaku. Psikologisku tidak sehat!

Tapi aku bertekad untuk sembuh! Siapa lagi yang akan mengerti dengan kamu kalau tidak dimulai dengan dirimu sendiri. Mulai saat itu aku mencoba untuk “dealing with acne”. Yup mencoba untuk berdamai dengan jerawat, mencoba untuk lapang dada menerima cobaan ini pasti ada hikmah dan rencana besar dibalik cobaan ini. Setiap hari aku berusaha untuk mencari tahu atas apa yang terjadi pada diriku. Aku rajin sekali membaca berbagai rubrik di forum2 internet untuk menambah pengetahuanku dan mencari pengobata yang tepat untuk masalah yang sedang ku hadapai….

Leave a Reply

