Nihongo Lesson

Beberapa bulan terakhir ini, aku punya kerjaan baru. Tepatnya PR baru. Upps,,sebenernya udah dimulai dari awal taun ini. Hehehe. Tapiiii,,sepertinya ujung2nya males ato ketiduran. Hehehe. Nampaknya mulai sekarang ini harus dimasukkan dalam agendaku setiap hari. Kerjaan baru yg kumaksud adalah belajar Nihongo a.k.a Japanese.

Belajar bahasa jepang ini aku butuhkan nantinya untuk ikut suami yg tinggal di Jepang. Yes, ayang mulai tinggal di Jepang sejak 2008. Insya Allah, setelah menikah nanti, aku akan ikut juga kesana. Sebagai persiapannya, aku harus belajar bahasa Jepang. Yah minimal sih buat percakapan sehari-hari biar mempermudah nantinya buat aku disana, kya buat pergi belanja, naek kereta, tanya jalan ato apapun deh.

Ayang udah bawain buku Nihongo yg level awa dari mulai bulan februari. Buku Nihongo Level 1, Nihongo Level 2, Belajar mudah Kanji, kamus. Tapi ya gt deh, aku maju mundur buat belajarnya. Tapi akhirnya ya aku mulai belajar sedikit. Mula-mula aku menghafal huruf hiragana & katakana. Karna itu modal buat blajar bahasa jepang selanjutnya. Klo ga hafal hurufnya, ntr repot deh ga bisa bacanya. Pusing sih awal baca yg mana hiragana, katakana. Yang harus aku lakuin, ngapalin gmn bentuknya hiragana & katakana sekaligus cara nulisnya. Huff,,,, sering bgt lupa bentuknya. Hehehehe. Maklum udah lama juga ga ngapalin.🙂 Alhamdulillah akhirnya aku bisa ngapalin Hiragana & Katakana… Horeeee,, tapi msh bnyk lagi yg msh dipelajari. .. Ganbarimasu!!!

Hiragana, dikenal dengan tulisan wanita, makanya dalam menulisnya “lembut”. Klo Katakana, nulisnya tegas, biasanya digunakan buat nulis bahsa asing yg ga ada dalam kosa kata bahasa jepang, misalnya nulis nama orang, nama Negara. Sedangkan Hiragana umum digunakan. Masih ada juga kanji, kurang lebih ada 1000 kanji dalam bahasa Jepang. Klo kanji yg umumnya tidak diketahui cara bacanya, biasanya jg ditulis dalam Hiragana.

 

Hiragana

 

Katakana

 

Katakana Extended 1

 

Katakana Extended 2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s