ASAM RETINOAT/TRETINOIN

Vitamin A atau asam retinoat (retinoic acid) merupakan obat jerawat generasi terakhir yang merupakan turunan dari vitamin A. Asam retinoat digunakan untuk mengobati jerawat, whitehead, dan blackhead. Selain itu asam retinoat juga dapat berfungsi sebagai anti aging. Asam retinoat juga digunakan dalam campuran kosmetik dalam bentuk retinol, biasa digunakan sebagai anti aging. Selain itu asam retinoat juga digunakan untuk mengobati acute promyelocytic leukemia (APL) atau dikenal dengan acute myeloid leukemia subtype M3)

Apa fungsi asam retinoat bagi kulit???

  1. Meningkatkan produksi sel-sel di permukaan dermis kulit (lapisan paling luar kulit)
  2. Membuat kulit tampak lebih halus sehingga terlihat lebih muda
  3. Menstimulus produksi kolagen di kulit
  4. Meningkatkan kandungan air di dalam kulit
  5. Membantu mengurangi hiperpigmentasi akibat paparan sinar matahari

Merk dagang dari asam retinoat/tretinoin ini seperti Vitacid, Retin-A, Retin A Micro, Retiva, Reviderm, Sensiderm, Renova dan Tretinoin Gel. Bentuk sediaan asam retinoat yaitu lotion, krim, atau gel. Gel atau lotion akan melakukan penetrasi kulit lebih kuat dibandingkan dengan krim. Ada juga tretinoin yg diminum dg nama dagang Ro-Accutane keluaran dari Roche. Perusahaan yg pertama kali membuat asam retinoat itu dengan merk Retin-A, sedangkan vitacid sendiri adalah merk lokal buatan Surya Dermatologi, Suraba ya (SDM). Vitacid ini ada 3 dosis 0.025%, 0.05%, dan 0.1%. semakin tinggi dosisnya maka kecepatan kerja asam retinoat semakin tinggi namun sebanding pula dengan tingkat iritasi, sedangkan Retin A juga memiliki tingkatan dosis yang sama dengan Vitacid. Selain itu juga berhubungan dengan tingkat jerawat yang akan diobati. Tretinoin tidak boleh dipakai dengan zat-zat lain yg sifat mengeksfoliasi kulit seperti benzoil peroxsida, sulfur, asam salisilat karena dapat meningkatkan iritasi kulit. Tretinoin akan mempercepat regenerasi kulit melalui proses eksfoliasi sel-sel kulit mati secara alamiah serta meningkatkan produksi kolagen.

Saat memakai tretinoin untuk pengobatan jerawat, kondisi muka akan terlihat buruk dalam waktu beebrapa minggu (2-3 minggu di awal pemakaian). Efek samping lainnya kulit akan kering, kemerahan, bengkak. Hal ini hanya berlangsung sementara. Orang yang memiliki kulit sensitif haruslah berhati2 jika menggunakan tretinoin. Kulit sensitif sebaiknya memakai tretinoin janganlah langsung setiap malam dianjurkan untuk 2/3 hari sekalai setelah baru dirutinkan setiap hari,hal ini berguna untuk membuat kulit beradaptasi terlabih dahulu. setelah pemakaian seminguu atau dua minggu barulah pakai tretinoin setiap hari. Kulit akan mengelupas, itu tanda tretinoin bekerja untuk mempercepat rontoknya sel kulit mati. Tretinoin juga sangat baik untuk digunakan pada kulit yg bersih dan dipakai pada saat malam hari. Dengan pemakaian tretinoin ini kulit akan sensitif terhadap cahaya maka dianjurkan untuk menggunakan sunblock di waktu siang hari jika kulit tidak ingin terbakar atau lebih baik hindari paparan sinar matahari secara langsung. Wanita yang hamil ato dalam program untuk hamil, menyusui sebaiknya menghindari kosmetik yang mengandung tretinoin seperti retinol atau retinil palmitat. Mengapa? resiko tinggi yang disebabkan oleh tretinoin yaitu teratogenik. Bayi yang akan lahir akan mengalami cacat lahir (masalah fisik yang hadir pada saat kelahiran).

Tips pemakaian Tretinoin atau Asam Retinoat

  1. Tretinoin bagus digunakan pada muka yang bersih dan kering. Tunggu 15-30 menit setelah cuci muka. Karena jika dipakai saat kulit masih banyak makan akan meningkatkan resiko iritasi.
  2. Untuk pemula, sebaiknya di awal pemakaian tretinoin dilakukan secara bertahap, misalnya diapakai 2/3 hari sekali selama 1-2 minggu kemudian baru secara rutin dipakai setiap hari. Hal ini untuk memberikan waktu bagi kulit beradaptasi.
  3. Dianjurkan untuk memakai sunblock di waktu siang hari karena tretinoin menyebabkan kulit menjadi fotosensitif.
  4. Sebaiknya tretinoin tidak dipakai bersamaan dengan zat-zat lain yang bersifat eksfoliatif seperti benzoil peroxsida, asam salisilat, dan sulfur. Jika dipakai hal ini akan menambah pengelupasa kulit.

Siapa yg pertama kali penemu asam retinoat???

Penemu asam retinoat oleh Prof Albert kligmen, yang memperoleh nobel karena pengobatan kulit dengan menggunakan vitamin A.

Awalnya asam retinoat ditujukan kepada remaja yang bermasalah dengan jerawatnya. Namun, obat berbentuk krim itu diminati para wanita berumur yang mencemaskan keriput wajahnya. Di Amerika, negara asal penemu asam retinoat, dari lima juta pemakai Retin-A (merk dagang asam retinoat yang pertama) separuhnya dipakai perempuan yang ingin menghalau keriput di wajahnya. Selain itu, asam retinoat pun manjur untuk pria. Ini dibuktikan sendiri oleh penemunya yang sudah uzur, Profesor Albert Kligman, 75 tahun. Punggungnya sudah bungkuk, tangannya gemetar tak terkontrol, hingga ia sulit bersalaman. Tapi wajahya halus dan licin seperti baru 40 tahun. Itu berkat Retin-A yang dipakainya 10 tahun.

Source :

http://acne.about.com/od/acnetreatments/a/retina.htm

http://majalah.tempointeraktif.com/id/arsip/1991/07/20/KSH/mbm.19910720.KSH14588.id.html

http://www.foreverlookingood.com/retinol-vs-retin-a

About these ads

6 thoughts on “ASAM RETINOAT/TRETINOIN

    • klo untuk penyebab kanker aku belum pernah baca ya.. karena tretinoin itu ditemukan lalu digunakan sama dermatologist buat ngibatin jerawat yg udah ga bisa lg diobatin pake obat2 umum (asam salisilat, benzol perksida). tretinonin termasuk obat yg keras makanya di luar itu dipake dalam pengawasan dokter.
      tretinoin ga boleh dipake sama ibu hamil ato yg sedang dalam program kehamilan (TTC) karena bersifat teratogenik pada bayinya…

    • sepanjang yg aku baca aman aja dipake jangka lama, asal jgn dipakai waktu program hamil dan saat hamil karena ini obat keras yg bisa nyebabin bayi cacat.
      versi mild dari asam retinoat (vitacid) itu retinol yg biasa dipake di kosmetik2, contohnya yg anti-aging kaya ponds age miracle, itu pake asam retinoat yg sintetik, lebih mild/lembut efeknya
      ^_^

    • Klo ga ada pengelupasan gpp. Mgkn krn halus bgt kulitnya ngelupas jadi ga keliatan. Ada org2 yg emg ga keliatan ngelupasnya. Panas di wktu awal make itu biasa tandanya vitacid bekerja, kulitnya lg adaptasi. Klo cocok diterusin pakenya jg gpp..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s