A C N E-2

Sampai akhirnya aku baca2 di forum Female Daily  tentang gmn caranya ngelepasin ketergantungan dari n*****a. ada yang ngalamin prosesnya lama bgt sampe 2 taun. Dari situ aku  banyak belajar apa yg cocok buat tipe kulitku. Aku gonta ganti skin care ga ada yg cocok karena memang kulitku sedang bermasalah. Aku mulai dari krim yg based gel, krn kulit berminyak ga boleh pake krim2 yg terlalu rich sama minya. Kosmetik yg based gel itu kandungan airnya lebih banyak jadi bisa nahan air lebih banyak di kulit sehingga jadi lembab. Aku mulai pake wardah acne series tapi ga cocok. Lanjut lagi ke biokos, lumayan bikin muda lebih adem. Sambil coba2 skin care macem2 aku juga intens baca2 forum itu. Mereka bilang harus minum antioksidan juga supaya ngelawan efek steroid dari dalem sama luar. Aku pun minum suplemen antioksidan yg mengandung vit A,C,E. Mulai hidup sehat dengan makan sayur buah tiap hari, mengurangi goreng2an buat mendukung penyembuhan si jerawat. Sejak musibah ini aku lebih selektif terhadap kosmetik yang aku pakai juga menjaga makanan dan mencoba untuk hidup lebih lebih sehat. Ada pepatah  “a moment on the lips, forever on the hips” (Fimela) jadi mulai saat itu aku berusaha untuk menata ulang apa asupan makananku dan hidup lebih sehat.

Secara ga sengaja aku ketemu blog Bobby Fahlevi . Disini dia mengatasi jerawat dengan vitacid yang isinya mengandung asam retinoat. Setelah baca2 ternyata di luar negeri dermatologist mengobati pasie yg memiliki problem acne dg asam retinoat atau juga dikenal dg tretinoin. Bobby mengobati jerawatnya dg vitacid yang berhasil dan membuat wajahnya bersih. Aku pun mencoba dengan membeli vitacid ini kemudian mengikuti cara2 yang telah dijelaskan si penulis. Dia wal pemakaian aku menggunaka dosis vitacid paling rendah yaitu 0.025%. Hanya semalam aku memainya maka keesokan harinya banyak sekali komedo2 yang rontok, jerawat pada mateng, bahkan ada pula yang pecah dan kempes. Setelah pemakaian seminggu aku pun menaikkan dosisnya sedikit demi sedikit. Dosis yg tinggu aku paakai untuk jerawat batu/bisul yang gede kemudian dosis rendah aku pakai untuk komedo. Aku pakai vitacid pada seluruh muka. Aku hanya cuci muka pakai susu pembersih viva cucumber, air matang. Sedangkan untuk siang hari aku pakai sunblock parasol kemudian bedak tabur. Aku pakai vitacid sejak ahir desember. Setelah 3 minggu pemakaian hasilnya pun sedikit demi sedikit terlihat. Wajahku mulai lebih cerah, yg awalnya kusam karena lepas dari krim2 n*****a dan juga tanda bagi bekerjanya tretinoin pada kulitku akrena di amempercepat pergantian sel-sel kulit mati dengan yang baru. Namun jerawat pun terus menerus keluar hingga puncaknya di minggu ke-3 dan ke-4 dari pemakaian vitacid. Muka ku penuh dengan jerawat yang besar2 dan merah2 disertasi dengan radang yang luar biasanya sakitnya. Hingga aku pun sulit untuk membersihkan mukaku. Lalu aku coba pakai Acnes mentholatum sebagai sabun cuci muka. Namun tetap meamkai vitacid di malam hari, dan pakai mediklin obat jerawat yang mengandung Clindamycin phosphate 0.1% yang ku pakai siang hari untuk mengeringkan jerawat2ku sebelum memakai bedak tabur.  Kombinasi tretinoin malam hari dan mediklin di disang hari lamayan membantu penyembuhan jerawat2ku walaupun masih tetap serbuan acne dimana2. Ini ada puncak2nya purging jerawat atas tretinoin yg bekerja untuk menormalkan kembali sel-sel kulitku. Karena dari yang aku baca,bahwa tretinoin bekerja dengan membersihkan jerawat2 yang ada di permukaan kulit, mematangkan kemudian nantinya menghilangkan jerawat2 tersebut. Memang membutuhkan waktu yang lama untuk pengobatan jerawat. Penyembuhan jerawat tidaklah instan sehingga haruslah sabar, telaten, dan berdoa untuk meminta kesembuhan.

Dengan keadaan muka yang ancur banget, orang2 di sekitarku pun menyarankan untuk pergi ke dokter. Aku pun memang ingin konsul ke dokter, bertanya apakah apa yang selama ini aku lakukan sudah benar arau belum. Maksudku dengan memakai vitacid dan mediklin. Akhirnya aku mencari dokter spkk yang memberikan obat jerawat merk pasaran yang ada di apotek. Mulailah pencarianku atas dokter yang kumaksud. Tanya sana sini. Cari di internet. Baca di forum. Akhirnya aku tanya temanku Kynoy, teman semenjak kuliah yang memiliki problem yang mirip dengan ku. Dulu saat kuliah kinoy pernah mengalami jerawat sepertiku jadinya bermula dari sms-an bertanya gmn cara penanganan jerawat yg dulu pernah ia alami sampai dia cerita sekarang ini ia berobat ke dokter rani di daerah radio dalam. Dokter ini ngasih obat jerawat pasaran yang ada di luar memang sih setelah selesasi problem jerawat ia memberikan krim2 racikan yang ia buat dari obat2an pasaran di luar. Singkat kata aku tertarik dengan dr.rani ini, akhirnya akhir bulan januari lalu aku pergi ke Dr.rani. Setelah konsultasi sama dokternya aku hanya diberi antibiotik yang mengandung clindamycin untuk diminum selama 10 hari yang setiap harinya diminum 2x pagi dan malam sehabis makan, ternyata vitacid yg kupakai sudah betul hanya agar cepat meresap diganti dengan bentuknya lotion. Jerawatku yang besar2 disuntik bair cepet kempes. Aku pun diberi sabun muka  khusus jerawat, acne-aid bar toner untuk kulit muka berminyak dan berjerawat merk immortal. Selain itu, aku juga pakai bedak tabur khusus kulit berjerawat tapi aku ga dikasih sunblock. Tapi gpp sih soalnya aku seharian di dalem ruangan AC yg ga pernah panas2an. Aku ngerasin cukup enak konsul sama Dr.Rani sewaktu aku bilang dari n*****a yang dalam 2 minggu jerawat reda kemudian ketika aku berenti langsung break out parah, dia bilang “n*****a nakal ya itu pake steroid”. Hufff jadi benar dugaanku selama ini dan pembicaraan orang banyak ttg klinik tsb yang pake obat dewa bernama STEROID untuk meredakan sementara problem kulit yang ada tanpa penyelesaian.

1 bulan setelah pake vitacid lotion, jerawat2 kering tinggal bekas2 nya, flek2 akibat jerawat memang sulit dihilangkan. Tapi vitacid ini juga membantu turn over kulit dan menghilangkan bekas2nya jerawat. Jadi aku terus pake ini vitacid. Jerawat makin cepet kering karena ku pun minum antibiotik, Dr. rani bilang bisa lebih cepet klo minum tretinoin yg dimunim alias si Ro-Accutane tapi karena aku mo married dan obat ini teratogenik maka dokter ga ngasih sebagai persiapan jika aku langsung hamil setelah menikah. Di luar negeri 6 bulan sebelum hamil pasien tidak boleh mengonsumsi tretinoin yang diminum juga yang diioles. Untuk yg program ttc (trying to conceive) juga diajurkan untuk stop segala kosmetik yang mengandung asam retinoat atau berbau tretinoin, retinol.  Aku cari tau apa sih accutane ini, ternyata ini salah satu medikasi yg ditempuh untuk problem kulit jerawat yang sulit sembuh dan dengan tingkat yang parah serta hanya boleh diminum dalam pengawasan dokter.

Setelah pakai vitacid lotion kulit mukaku nunjukin banyak kemajuan. Jerawat2 gede udah ilang tinggal jerawat kecil2 yang muncul, muka udah mulai halus, komedo bersih, sel-sel kulit muka yang mati cepet ngelupas. Hati seneng,, makin optimis ngejalanin proses pengobatan jerawat dan ga lupa selalu berdoa minta kesembuhan sama Allah swt. Senangnya jerawat udah berkurang jauh lebih banyak walaupun masih ada yg suka muncul tai over all jauh lebih lebih baik dari sebelumnya.. horeeeeee.. tinggal flek2 yg masih merah2 yang masih tersisa…aku minum vitamin c dosis tinggi, makan sayur, buah biar jerawat cepet sembuh, stop makanan berlemak jenuh.. aku yakin dg ikhtiar insya allah yang di atas akan memberi jalan…amiinn

About these ads

275 thoughts on “A C N E-2

  1. Mba , sorry deh mau nanya .. Emang vitacid lotion ada yah ? Koq saya tanya” cuma yg cream aja .. N 1 lagi .. Antibiotik’a nama’a apa yah ? Dan diminum sampai berapa lama .. Krn itu kan antibiotik .. Thx .. ( Problem nya sama soalnya )

    • hai, salam kenal. vitacid lotion ada, mengandung asam retinoat 0.05% produsennya sama SDM kaya yg cream. Memang saya juga cari yg lotion ini agak susah di apotik2 biasa. kebetulan saya dapet dari apoteknya dr.Rani. coba cari di apotek yg besar+lengkap. klo yg cream ada yg 0.05%, 0.025%, 0.1%. antibiotiknya namanya clindamycin 300 mg, ini ada yg versi generik klo ga salah di bawah 20.000 1 stripnya, isi 10 biji diminum pagi dan sore abis makan. klo ga salah minimum pakai antibiotik itu 1 minggu-10 hari biar bakterinya mati dan jadi ga resisten.
      selamat mencoba :)

      • Owhh .. Jadi kl yg lotion kadar’a cuma 0.05% ya ?
        20.000 untuk 300mg?? Saya beli clindamycin yg 150mg. 42ribu .. More ekspensive .. Ckckck
        Dan menurut mba baik’a antibiotiknya itu yg 150mg atau yg 300mg ?

  2. yg lotion cuma ada yg 0.05% aja.. klo yg cream lengkap semua dosis..
    iya 20.000 buat 300 mg 1 strip 10 biji *lupa merk nya apa* itu yg generik. kamu beli merk apa? yg generik aja yg penting isinya sama aja clindamycin 300 mg. :D
    awalnya aku beli di apotek dr.rani tuh yg mahal punya merknya interbat 8500/biji..mahal!!! jadi pas nemu generik 20rb sama2 1 strip 10 biji, merasa tertipu hahaha.
    karna aku dikasih dokter yg 300mg ya klo mo ikutin aku ya better 300mg..
    vitacid lotion beli di apotek dr.rani 50rb-an klo ga salah ya….

    • Merk nya Clinidac 150mg mba .. Baiklahhh kalo begitu mba armelia … Thx a lot buat sarannya .. Sangat membantu .. :)

      Suksess yah mba :)

  3. Mbak Clindamycin nya di minum seminggu setelah itu stop ya????
    Soalnya saya minum sudah lebih dari seminggu heeeee

  4. iya clindamycin diminum 1 minggu-20 hari aja, udah gt berenti. pake yg oles aja buat jerawat, merk nya mediklin isinya sama aja clindamycin phosphate 0.1%. cepet buat ngeringin jerawat, ngehambat pertumbuhan bakteri..

    • #nyambung ach.. Wahh ane aja dah sembuh minum 10 hari tuh .. Dah bebas jerawat alhamdulillah yg kecil2 keluar sendiri (yang penting pola makannya n tidur bener) ane dah buktiin .. Pemakaian vitacid juga sudah dikurangi kadar’a ga pake stiap hari lagi deh…tinggal noda” nya aja ni mba, pake apa yah ? N pas liat yg foto si #Bobby itu koq kinclong bgt yah ? Ampe nge pink geto .. Hahaha

      • sukur dy lo udah sembuh.. noda2 nya sih bisa terus pake vitacid cuma memang flek2 jerawat tuh susah ilangnya. gw juga masih berkutat sama si flek ni! bisa juga rutin pake masker ntr juga ilang. iya jerawat tuh ygp penting pola makan, tidur pls yg penting jangan stres!! intinya sabr ya ngibatun jerawat. banyakin vit c biar memicu regenerasi kulit, pembentukan kolagen. :)

  5. mbak ,leo mw tanya nih ,,,leo dh pake vitacid 0.05,, nah setelah 1 bulan , jerawat yang gede2 dah pda ngacir alias hilang , meski masih ad 1 ,2 ,, tapi ga kyak dulu yang penuh 1 muka,, yg mw leo tanyain ,, pake mediclyn itu malam hari apa siang hari ,, n 1 lg,, kalo leo baca d blog si bobby itu pake parasol sbg sunblock,, nah bersiin pake susu pembersih ,, ex nay susu pembersih itu sperti apa aja yang aman d pake tuk kulit msa pengobatan mbak ,??

    • hay leo.. wah udah sembuh ya, sukur deh..pake mediklin nya pagi ato siang hari aja, maksimum dipake 2x sehari (klo ga salah pake), coba baca aturan pakai obatnya. iya di blog nya bobby, di apake susu pembersih viva yg mentimun, enak ko, sy udah pernah coba. dicoba aja yg susu pembersih viva mentimun smg cocok, dia kan produk dalam negeri biasanya lebih cocok sama kulit tropis. gw juga pake itu ko. good luck yaa :)

  6. Mba mw tanya klo pke parasol bedaknya ap Чä”̮?aq pngen ngilangin flek item diwajah?• · ♡·♥ τнäиκ чöü ♥·♡ · •

    • hay riani.. salam kenal.. buat bekas jerawat vitacid lotionnya bisa dioles ke bekas2nya. tp klo mo ke seluruh wajah juga bisa (tapi harus siap purging yaa, takutnya kulit org kan beda2)… saranku di tempat bekas jerawatnya aja.. klo aku pake seluruh wajah

  7. Hi mba armel, kalo aku liat di blog boby, bekas jerawat pake vitacid cream paling rendah 0,025%.
    lebih bagus mana ya untuk bekas jerawat, vitacid lotion 0.05% atau vitacid 0,025%?

  8. sebenernya tergantung bekas jerawatnya, dalem ato ga, udah lama ato ga. klo yg baru bisa cepet ilang pake vitacid lotion atopun cream. tp klo bekas jerawatnya udah lama yaa butuh waktu yg lama juga. flek jerawat memang susah ilangnya. klo aku udah pernah pake dua2nya, lotion 0.05% atopun cream 0.025%. pendapatku sih sama aja ya. klo belum pernah coba pake vitacid, saranku pake yg dosis terendah cream 0,05%. Kunci pake vitacid tuh mesti sabar ya. dia ga instan langsung keliatan efeknya. tapi butuh waktu. vitacid tuh benerin struktur kulit dari lapisan paling dalem baru terus ke permukaan keliatan jadi regenerasi kulit

  9. mbak armel, setelah baca blog mbak saya jd tertarik pake vitacid..
    kl yg baru pertama kali pake vitacid, bagusnya yg cream aja ya? kl mw pake yg lotion bisa ga?
    trus kl saya pake wardah, trus pake vitacid gpp kan?

    • hai Frisa, salam kenal. jenis kulitmu apa fris? klo menurutku pake yg cream aja. tujuannya buat ngobatin jerawat?spot bekas jerawat?ato perawatan biasa? utk jerawat pake di spot2 aja dulu jgn seluruh wajah. o iya udah siap purging? karena vitacid ini bekerjanya ngeluarin semua kotoran2 di permukaan kulitmu.
      lotion mengandung alkohol takutnya kulitmu ga tahan trus iritasi.
      utk pertama kali pake vitacid nya malam hari ya, pakenya selang seling selama seminggu. ini biar kulit kamu beradaptasi. biasanya kult jadi merah ato agak perih trus mengelupas klo sudah beberapa hari. jgn kaget ya. o iya mesti pake sunblock siang harinya min spf 30 soalnya kulit jadi sensitif cahaya, klo terpapar langsung lama2 bisa gosong.
      gpp ko kamu pake wardah trus pake vitacid. asal wardahnya dipake siang hari.
      selamat mencoba :)

  10. jenis kulit aku sensitif mbak..tujuannya sih buat ngobatin jerawat sama ngilangin bekasnya ni..
    kl mbak pernah muncul bintik2 kecil gitu ga..itu knp ya? :s
    maksud aku kl misalnya pake pembersih wardah pas malem, trus abis tu pake vitacid gpp?
    trus yg clinidac 300mg itu baiknya diminum brp hari ya mbak? aku udah minum dr semalem hehe
    purging tu kulitnya ngelupas2 gitu ya?

    • ok. klo sensitif coba vitacid yg cream aja yg ga too harsh.. dari dosis paling rendah 0.025%. ada ko di apotek2 kaya K 24 jam. pakenya di spot jerawatnya aja dulu ya sama bekas2 jerawat. pake selang seling setiap malam selama seminggu trus liat perubahannya.
      bintik2 kecil gmn? coba diperjelas. hehehe
      ooo permbersih wajah wardah. gpp pake aja. yg penting udah cocok sm kulit kamu. sebaiknya ga usah pake toner setelah cuci muka. tunggu aja sampe kering, kira2 30 menit. baru pake vitacid. sebaiknya vitacid dipake di kulit yg bersih dan kering biar ngurangin iritasi…

    • vitacid tuh isinya asam retinoat. turunan dari vitamin A. klo mediklin mengandung clindamycin phosphate 1.2%, ini antibiotik. aku pake vitacid malam hari. siang nya aku pake mediklin

  11. Haii..armel..
    Km pke bedak tabur n sbun apa??
    Trus abis ganti vitacid lotion..km suda gg pake yg cream yaa…??

    • hai meka…
      aku pake bedak tabur immortal khusus acne sama sabun acne aid. ini aku dapet
      dari dr.rani. acne aid ini utk oily and acne skin. bisa cari di apotek2. ktanya sih ada
      klo ga ada erasul jg bisa, temenku pake itu. klo bedak nya, bless/wardah punya yg khusus
      buat kulit berjerawat.
      iya sudah ga pake. tapi klo susah cari vitacid lotion ya balik lg ke yg cream. ini juga
      kesulitanku, ga semua apotek punya vitacid lotion, kebanyakan mereka punya yg cream+gel.

      • #sambungya..
        Siip dh..bole dcoba tu acne aid/erasul..
        Oya..mnurutmu ney klo suda sekian bulan pake vitacid n ada prubahanx gtu trus berenti..abis itu pake melanox apa bole yaa..alx melanox itu kn bsa bkin flek2 noda item jadi pudar dan berangsur2 ilang n wajah bsa jadi putih gtu…

      • ya gpp klo udah ada perubahan setelah pake vitacid itu berenti. vitacid nya jg bisa ko ngilangin noda2 item tp proses nya lama, dia kerja nge-push turn over kulit dari lapisan dalem kulit makanya lama. ga instan.
        hhmm pake melanox ya??? duh sorry kurang tau soal melanox, gmn cara kerjanya trus efeknya. jadi sory ga bisa kasih saran.
        tp menurutku sih itu tergantung cocok2an kulit ya.. sepertinya prinsip kerjanya melanox sama kaya vitacid buat regenerasi kulit. jadi mungkin bisa aja. imho yaa..

  12. oya mba…d daerah q sni d bpp susah banged cri acne aid
    suda smua apotik ta datangin…huhuhuhuhuhu…
    mba armel tau gg toko onlen yg jual acne aid..???
    ini jga sya mau sistem kebut menjelang wedding day…
    hihihi..jadix rada gmna gtu..

    • duh sorry aku juga ga tau toko online yg jual acne aid. pake aja facial wash yg biasa kamu pakai, yang penting gentle/lembut di kulit. klo mau coba sebamed, ada di century/guardian itu sabun ada yg buat acne, pH netral menurut orang banyak bagus buat acne. sorry ya ga bantu banyak.. semoga berhasil ^^

  13. klo pkae facial wash yg biasa aq pake kykx gg mgkn dh mba..krna sblumx ney aq pke n*****a gtu…hehehehe….klo gtu tar ta cba cri sebamed ya..tenks ya mba infox…^^

  14. Mb kmren konsultasi sama dr rani brp bujetnx, disamarinda ad ga y dr sprti itu, dsni mhl bgt perawatannx ampe 450 rb

  15. heloo armelia :D
    ikutan niiihhh,, saat nii aq pke cream dri dokter,, tpii gk dikasii obat minum.. aq pngen bantuu pke obat minum. CLINDAMYCIN 150 itu aman kh? agak ngerii siihh klo dengar obat” gt.. obatnya tuu gk ngeluarin jerawat kh? kan biasax ada tuu obat yg ngeluarin jerawar klo diminum & Trs makenya mpe kapan,, mkasii ya mbak.. :D

    • hay. boleh aja pake clindamycin. saya dikasih resep dari dr.Rani clindamycin 300 mg 2×1 hari.
      gpp ko. clindamycin aman cuma antibiotik aja, menekan pertumbuhan bakteri P.acne. dicoba aja.
      antibiotik minimal minum 10 hari ya, biar bakterinya ga resisten.
      selamat mencoba :)

  16. tq banget ya infonya…… mu nanya sekalian ya, kalo sunblock parasolnya itu yang cream apa yang lotion ya? jadi buat pengobatan sy perlu: clindamycin, vitacid lotion, mediklin dan parasol ya? #stres berat karena jerawat….. T_T

    • sama2 mba :) semoga bermanfaat yaa. yg mana aja sebenernya boleh aja. yg lotion
      cenderung lebih cepet nyerep ke kulit daripada yg cream. klo saranku yg klo kulit
      mba berminyak mending pake yg lotion, klo kulitnya kering/normal mending pake yang
      cream. iya mba clindamycin 300 mg diminum 2×1 hari, siang pake mediklin tunggu sampe
      menyerap baru pake sunblocknya, boleh pake bedak tabur jg. tp utk sementara jgn dulu pake bedak
      two way cake ato foundation yg berminyal. vitacid dipake tiap malem setelah cuci muka dan muka
      dalam keadaan kering..

  17. hallo mbak.. mau nyoba pake vitacid nih.. kemaren nyari yang cream 0.05%, tapi adanya malah yang lotion 0.05% (di solo susah nyari vitacid).. bingung, cara pakenya gimana ya (soalnya bentuknya cair kyk air). pake kapas ato pake tangan?

    • hai.. sorry for late reply “)
      yg lotion jg gpp ko, malah lebih bagus klo pengobatan. asam retinoatnya lebih cepet resep
      ke dalem kulit. cara pakenya klo aku pake 2 cotton bud, dicelup ke dalam botol terus
      dioles ke muka. sebelum pake vitacid cuci muka yg bersih terus tunggu sampe muka kering, ini
      buat ngurangin iritasi merah-merah. jgn lupa pake sunblock ya siang harinya
      selamat mencoba :)

      • oo gitu ya. soalnya aku kemaren pake kapas, jadinya malah meleber kemana2 hehe. aku juga pake sunblock parasol33.
        oiya, ini hari keempat aku pake vitacid. bbrapa jrewi udah mulai kering, tapi kulitku mengelupas, rasanya perih bgt, kalo cuci muka jg perih. kayaknya mau stop dulu deh. nanti kalo udah normal mau pake lagi :)

      • sukur klo udah mulai kering. klo pmerah2, iritasi parah stop dulu aja, setelah kulit normal lg baru pake lagi.untuk awal pakenya selang seling aja jgn tiap hari :)

      • sukur klo udah mulai kering. klo pmerah2, iritasi parah stop dulu aja, setelah kulit normal lg baru pake lagi.untuk awal pakenya selang seling aja jgn tiap hari :

  18. kak armel, ak pake mediklin pagi siang saran dari dokter juga tp kenapa malah kering + merah dan mengelupas tp mengelupasnya ke bagian luar jerawat juga? kaka gitu g?

    • iyaa. aku jg klo pake medklin, jerawatnya jadi kering, mengelupas.sama kya kamu ko. memang jadi merah, tapi lama kelamaan kempes ko. trus ilang. asal sabar jgn dikopek2 pake tangan..

  19. iya kaka ngempesin, malah ada yg udah sembuh :D mksh ya kaka tp kaka skrg bertambah lg :’( tumbuh ditempat yg gak jauh dr jerawat yang lama. kaka kalau anti inflamasi yang kaka share d sini itu berbentuk salep? nama obatnya apa? bekasnya ilang kak?

    • o iya? sabar ya. jerawat emg gt. aku juga suka gt ko, ilang satu eh muncul lg. yg penting sabar ya. o iya trus jgn makan makanan
      yang berlemak, banyakin minum air putih klo bisa teh hijau juga. cukup membantu biar jerawatnya cepet sembuh.
      anti inflamasi gel itu yg aku beli dari dr.rani bentuknya gel, agak kentel gt. ga ada merknya. jdi aku ga tau klo beli di luar merk apa.
      mo ngilangin bekas jerawat kan? coba deh cuci muka sama oatmeal aja 2×1 hari, aku juga pake ko. oatmeal ngilangin merah2 akibat iritasi. bekas
      jerawatku juga ilang ko. tp memang lama, aku udah pake kira2 1 bulan. lumayan ngefe. ada di postingku yang “oatmeal cleanser”. coba aja :)

  20. iya kaka jd tertarik pake oatmeal belinya yg biru yg original aja y? iya kaka jerawat yang dulunya udah sembuh, tp tumbuh lagi dan ttp di dagu :’( terus 3 hari kemarin kurang tidur jerawatnya bengkak kak merah dan gede sakit lg :( iya harus bener” sabar ya, dari dokter cuma dikasih mediklin sama bioacne tp berhubung sebelumnya ak udh pake vitacid jd ak nerus aja, mediklin + vitacid , elocon jg ktnya bisa buat bekasnya y *dpt dr browsing” d internet.hehehe

    • iya vina. yg biru ato yg merah sama aja. yg penting pure oatmeal ga ditambah apa pun :) cobain aja. di aku sih lumayan ngefek walopun lama tp gpp biar lambat asal selamat. hehehe. kurang tidur bikin cepet jerawatan. makanya mesti cukup tidur sama jgn stres juga. coba deh cuci muka jadi 3x sehari, biar minyak di muka berkurang apalagi klo udah kena debu terutama abis naek motor. bener mediklin siang, vitacid malem, aku jg dikasih resep nya gt ko. insya alla cepet sembuh yaa. aku baru browsing ttg elocon, prinsip kerjanya sama ko kaya antiinflasi gel yg aku beli di aptik dr.rani. mrk sama2 antiinflamasi buat ngurangin merah2, iritasi, bekas jerawat. aku sih blum pernah coba jadi blum bisa share apa2.. :D

  21. iya semoga sama ya ky antiinflamasi kaka :D
    kalau sebelumnya ak gak perawatan tapi pake cream gitu kak tau dari temen dan cocok 2 tahun bersih baru awal juni kmrn mulai parah ampe sekarang jerawat” gede tiba” muncul pdhl dulu paling jerawatan kecil jd skrg ak berhentiin dl sama skrg pake parasol dulu deh buat siangnya :D kaka makasih ya udah share :*

    • sama vina :)

      sama ko vin, dulu aku jg ga pernah jerawatan semuka aalagi gede2, ya pokonya jerawat wajarlah. tp sejak pake natasha april-nov 2011 trus berenti lsg deh break out besar2an, jerawat gede2sili berganti.. sampe skrg blum bersih tp ya mending lah..
      insya allah dg usaha sama doa semoga cepet sembuh yaa ^^
      thanks yaa udah mampir di blog aku :D

  22. hii mba,,mo nanya dunk,,klo mediklin utk pagi-siangnya yg mana y?aq nanya ke apotik dikasi 3 macem,,bingung mo ambil yg mana ..akhirnya ga jadi belideh,,klo ga salah sih yg kaya cairan mengandung alkohol deh,,jadi antara2,,yg tanpa tretinoin or with tret,,,info plizz..tq

    • aku pake mediklin, merk nya mediklin produksinya SDM surabaya. warna kemasannya orange. ada 2 jenis gel sama lotion.
      saranku yg lotion/cair aja lebih cepet ngeringin jerawatnya.
      ada juga mediklin yg ungu, itu mediklin-TR itu perpaduan antara mediklin+tretinoin. klo yg ini pakainya malem aja, soalnya
      tretinoin bikin kulit sensitif cahaya ntr bisa kebakar. dari petunjuk penggunaan tretinoin dipakenya malam hari…
      selamat mencoba ^_^

  23. yg orange ini bisa kita pake pagi/siang kah?klo yg cair/lotion ga ada kandungan alkohol or sulfurnya mba?kan klo lg pake vitacid ga boleh treatmen lain yg mengandung alkohol kan y?takut salah n jadi makin menyeramkan ini muka,,btw aq baru semunggu pake vitacid,,,n ampunnn dehh ancur bgt muka’e..hehehe,,,tx 4 d info mba..

    • Hai nana…
      Iya mediklin yg orange tanpa tretinoin bisa dipakai pagi/siang. Di petunjuk penggunaan dianjurkan dipakai 2x sehari.
      Yg lotion/cair itu mendung alkohol, sbg pelarut, ini gunanya biar kandungan antibiotik clindamycin cepet ngeresep ke kulit.
      Klo pke vitacid, jgn lupa siangnya pake sunblock, soalnya kulit jd sensitif sm cahaya.
      Jgn juga pake sulfur, benzol peroxisida, asam salisilat, pokonya bahan2 yg sifatnya eksfoliasi, bikin kulit ngelupas. Soalnya vitacid mempercepat pergantian kulit, yg keliatan dr luar kulit kita ngelupas2…
      Emg minggu2 awal kurang lebih 2 bulan pake vitacid, pasti ancur deh. Aku jg gt ko. Sabar aja. Itu tandanya vitacid bekerja ngeluarin segala kototan di permukaan kulit. Nanti jg berhenti. Sabar yaaa
      ^_^

  24. berarti muka ku kotor bgt yak smpe babak belur begini,,wkwkwk..tp bner mba gpp gitu pake yg ada kadar alkoholnya?soalny aq baca2 klo lg treatmen vitacid ga boleh dipaduin sama skincare yg mengandung alkohol…bisa makin kering ntar mukanya,,gmn tuh mba?sori y mba,,nanyanya itu2 lg,,soale ga ngertiii…hehe..klo pake yg gel gimana ?makin oily y muka kita?urutan pemakaian mediklin,,sunblok,,vitacid gmn mba?,,tx a lot infonya sis,,jgn bosen yaaa,,hihihi..

    • Mungkin iya mukamu kotor. Pengalaman aku sama ko, ancur bgt. Ya mo gmn lagi tahan2 aja. Skrg aku lg break out lg krn aku pindah jd sensitif sm cuaca di tempat skrg.
      Jenis kulit mukamu apa? Aku berminyak, acne prone, dari dr. Rani aku dikasih vitacid lotion krn itu lbh cepet bikin kering drpd gel ato cream. Yg cair+gel sama ada alkoholnya. Klo cream lbh sedikit kandungannya, krn dasar cream kan oil. Klo kulit kamu kering saranku pake vitacid lotion. Klo berminyak, pke gel ato cair ok2 aja.
      Pagi2 setelah cuci muka, tggu sampai kering trus pake mediklin. Tggu sampai mediklin meresap ke kulit, baru pake sublock klo mo pake bedak boleh ko, tipis2 aja. Klo aku setelah pke mediklin aku pake pelembab dulu baru sunblock trus bedak. Pelembab berguna biar muka kamu ga terlalu kering, ga terlalu kentara kulitnya mengelupas.
      Malem, cuci muka yg bersih. Klo abis make up usahain bersihlan pke cleanser dlu baru pake sabun muka. Aku pake acne aid, coba dicari di apotek besar, klo ga pake facial wash yg kamu biasa pake tp jgn mengandung sulfur, benzol peroxisida ato asam salisilat. Tunggu sampai muka kering. Trus pake vitacid deh. Bangin tidur lsg cuci muka..

  25. kaka maaf baru mampir lagi :D
    jerawat sih masih ada kak ampe sekarang dan dulu di dagu skrg merambah ke pipi, mungkin disebabin sama hormon kyknya soalnya beberapa bulan lalu siklus menstuarsi gak lancar dulu sih lancar ampe apal tanggalnya sekarang sih telat terus :’(
    kayaknya harus dibarengin sama obat minum deh ya kak :D

  26. mbak. aku baru pake vitacid cream yang 0,025 selama 2 hari. sekarang sih udah mulai keliatan purgingnya. jerawatku ngga banyak sih, purgingnya juga ga semuanya purging cuman dipipi kiri aja. nah aku kan lagi mepet banget sm satu acara penting 10 hari lagi. ada kemungkinan ngga sih mbak 10 hari lagi aku bisa bebas purging? :’(

    • Hai… Purging yg aku alamin lama, lebih dari 1 bulan… Di petunjuk penggunaan vitacid, hasil terlihat setelah 3 bulan pake.
      Kayanya klo baru 10hari msh blum. Tp klo jerawatnya ga banyak, bisa
      Jadi udah selese. Tergantung kulit masing2. Tp ada jg yg Pake
      Vitacid ga purging sama sekali, jd balik ke masg2.. Smg aja kamu gpp yaa..
      Pake pelembab yg bener2 ngelembabin biar kulit yg ngelopeknya ga keliatan. Sunblock jg jgn lupa
      GoOd luck. o(^▽^)o

  27. kaak, aku salah beli .. T.T sharusnya mediklin lotion ya bukan gel .. ? Yg gel kurang bgus kn buat kulit brjerawat ? Apa mesti beli baru lagi aja apa ya?

    Minta saran ya kak ..

    Ah iya, itu sabunnya skitar brapaan ya kak di apotik ?acne aid ya namanya?

    Makasih kak ..

  28. okee deeh kak pake yg gel dulu aja deh … Oh iya .. Ini makenya boleh 1 muka? Atau di tempat yg berjerawat aja kak? Ditotol2in gtu?

    Oh .. Okedeh .. Harganya lumayan .. Haha .. XD

    Makasi kaka ..

    • Saranku, pake aja ditotol tipis pake cotton bud di tempat yg ada jerawatnya. Liat beberapa hari gmn efeknya. Smg jerawatnya reda radangnya.

      Oleh karena harganya lumayan. Pake aja dlu. Isinya sama2 clindamycin ko
      ヾ(@⌒ー⌒@)ノ

  29. woa, makasi sarannya .. Amin .. Moga mereda .. Amin amin amin .. XD
    Hum, trus kalo pake parasol bgusnya langsung templok stelah pake mediklin ato di jarakin bbrapa menit dulu kah? Ato mlah makenya sblm pake mediklin? Hehe maap banyak nanya ..

    Hehe, iyaaa .. XD

  30. hi mba,,,apa kbr?hehe…kondisi muka ku masih berantakan,,,jerawat tetep muncul,,udh mo 2 bln pake vitacid,,,hikss…hikss…knapa kah purging ga tuntas2 di wajahku…huuhuhuh,,,btw mo nanya dr rani,,alamatnya dmana y mba?n bakal kterganrungan ga sama dia?brp perkonsul,,,tq so muchh y mba,,,

    • baik nana. sory barus empet bales :D
      oh ya 2 bulan blum beres purging? kemaren ini juga aku purging sampe ada 3 bulan. kdang udah bersih tapi trus ada lagi. emg bikin galau hehehe.
      mungkin memang bnyak jerawat terpendam yg blum keluar say. sabar aja. ato konsul aja ke dokter. biar ada temen diskusi. soalnya tergantung kulit masing2. klo kulit kan cocok2kan. kulitku sampe skrg juga masih angot2an ko :’( tp alhamdulillah ada pencerahan. ehehhe.
      alamat dr.rani Jl. Radio I No.2 Kebayoran baru, jakarta selatan. telp: 724 7967. http://www.raninovian.com
      perkonsul nya, dokternya aja 120rb. klo obatnya variatif sih. coba konsul aja. tapi siap2 ya, dr.rani suka kasih isotrex/isotretinoin itu asam retinoat yg diminum itu lebih cepet buat berentiin jerawat, sampe minyak dimuka kering deh tp dengan catatan kamu ga lagi siap2 hamil ato mo nikah. karna itu bisa bikin rahim kering.
      selamat mencoba :D

    • hai :)
      klo ga salah ya, yg aku baca dari petunjuk penggunaan clindamycin itu dipake 2×1 hari. coba cek lg di petunjuk penggunaannya.
      soalnya klo pake obat yg berlebihan ga sesuai sama dosis penggunaannya, bukannya malah bikin cepet sembuh tapi takutnya malah efeknya yg ga keliatan. IMHO ya. klo ragu, coba tlg dicek ke dokter..
      semoga cepet sembuh yaa :)

      • Mmm…oke deh mbak.. Untung bru saya pakai 2 hari :)
        owh ya kok saya pakai vitacid 0.1% krang lebih 3 mnggu jerawat yg bsar2 pda tumbuh ya dan bekas jerawat malah memerah :( apa itu iritasi atau vitacid yg sdang bkerja ?

      • itu tandanya kulitnya lagi purging makanya kelaur jerawat gede2. vitacid lg bekerja. langsung pake yg 0.1%? bekas jerawatnya merah2 itu pasti iritasi. coba di-jarang-in pakenya biar kulitnya ga kaget. klo merah2nya udah berkurang baru diterusin lagi…

    • sorry ricky baru bales :)
      iya itu lg purging, coba deh dibaca di petunjuk pemakaian vitacidnya.. kira2 12 minggu baru keliatan hasil pengobatannya. harus sabar2 klo lg purging. ntr juga reda sendiri. coba siangnya pake mediklin biar cepet kering jerawatnya. jgn dipocel2 ya.
      purging ini tandanya vitacid bekerja di kulit kamu. dia lg bersihin permukaan kulit yg kotor dari bibit jerawat.
      kerja vitacid emg gt, dia ngeluarin semua jerawat2 di permukaan kulit baru udah gt nyembuhin.. :D semangat yaa

      • Mmm…skrng si agak lmyan tinggal beberapa jrwat aja dan bkas2 jrawat yg hitam2. Dan sypa pke nya 2hari skali, lama klamaan saya akan pake tiap hari lgi:)

        klw gk di pencet gk bkal kluar mata jrawatnya dong ?
        Wktu itu sypa prnah pnya jrawat yg udh kring lalu saya diemin,,eh lama lama malah meradang lgi.

      • Sukur deh klo udah agak mendingan. iya ciba diliat aja kulitnya klo udah biasa sama vitacid bisa dipakai tiap hari, tapi klo msh adaptasi mending dipake 2 hari sekali. itu juga biar ngurangin iritasi merah2 di kulitnya.
        pengalaman saya klo ga dipencet pun mata jerawatnya keluar ko asal sabar aja. biar bekasnya cepet ilang juga. bekas2 jerawat yg item2 itu klo rutin pake vitacid juga lama2 ilang ko. bisa naik-in permukaan kulit yg dekok/bopeng juga. tp itu butuh waktu lama. asal rutin. ntr juga keliatan kemajuan di kulitnya.
        klo jerawatnya udah kering terus radang lagi, mungkin memang di bagian yg jerawat itu msh ada potensi jerawatnya makanya dia radang lg. saya pernah ko kaya gt. itu juga bisa karena dipencet2 kan kotor jadinya infeksi bakteri lg makanya radang…

  31. hai mbak slm kenal,,
    sy mw nanya vitacid bsa sembuhin bopeng2 diwajah gak..????
    soalx jerawat sy termasuk cystic acne n klo sdh hilang jrawatx, muncul bopeng2..
    truz klo utk jrawat di punggung pakex gmn mbak???
    btw,koq susah skali dpt vitacidx yach..?? soalx sy udah cari hampir sebulan.. truz sdh nanya sana-sini tp hasilx nihil. mohon bantuanx ya mbak,,, makasiii :)

    • hai anisyah :) salam kenal
      vitacid bisa ko nyembuhin bopeng2 bekas cistic acne. tapi agak lama. yg penting sabar ya. permukaan kulitnya jadi naik. ga terlalu bopeng. saya pernah ko ada bekas yg kaya gt tapi alhamdulillah lumayan udah mending bekasnya.
      klo buat jerawat di punggung sama aja kaya yg d muka ya. pakenya abis mandi aja, asal kulitnya udah kering. bisa dipake klo mo pergi keluar ato mau tidur. karna kulit punggung ketutup jadi gpp klo dipake siang…
      selamat mencoba ^_^

      • oo gtu ya mbak.. makasii atas penjelasanx..
        tp msh agak bingung nich, mulai pakex harus yg kadar brp ya bagusx,,??
        trus utk yg dipunggung pakex ditotol ato oles merata aja kyk dimuka ya..?? ato gmn mbak..?!
        hehe maaf low kebanyakan nanya.. ;)

      • mulai aja dari kadar yg paling rendah. 0.025%. liat perkembangan kulitnya kuat ato ga. klo udah mulai terbiasa bisa dinaikin dosisnya..pelan-pelan aja dicobanya. yg dipunggung ditotol di area yg jerawatnya aja. tunggu sampe kering baru pake baju.. :D

    • clindamycin tuh antibiotik, ngehambat kerja bakteri yang menyebabkan jerawat. bikin jerawat yg radang2 ato yg mateng cepet kering. biasanya dokter kasih minimal 10 hari pemakaian biar ga resisten antibiotik. tapi ini juga tergantung tingkat keparahan jerawatnya juga. dulu saya dikasih 2×1 hari 300 mg selama 10 hari.

  32. mbk aq mau tanya, kata mbk make vitacid dlu bru sunblok tp ko kata mbk jg make mdikkin dlu bru sunblok?aq bgung,trz sunblock itu ky alas bdak.y ?

    • klo siang, biasanya aku pake mediklin dulu trus sunblock. sunblock nya pake yg parasol, sekitar 30rb. ada di apotek. parasol udah kaya alas bedak. karna klo pake vitacid kulit sensitif sama cahaya matahari. klo ga pake sunblock bisa merah2, gosong, perih. pake vitacid nya malem aja, dipake setelah cuci muka, tunggu muka sampe kering baru pake vitacid (lotion/cair/ ada juga yg cream).

    • clindamycin ungu itu ada TR alias tretinoin. tulisannya mediklin-TR? itu salah. yg ungu campuran mediklin+tretinoin. sebaiknya itu dipakai malam hari karena tretinoin itu sensitif sama cahaya. kulitnya bisa iritasi merah2, lebih parah bisa gosong klo kena sinar matahari. kalau mau pakai siang hari itu clindamycin, warnanya orange. parasol sama bedak tabur nya OK.
      *sory ya, lupa klo clindamycin tuh ada 1 yg ungu sama orange*.

  33. hiii mba lia salam kenal yaa, mau tanya dunk antara sabun acne aid sama erasul, bagusan yg mana ya? kulit ak berminyak berjerawat, maksih yaa mba

    • erasul aku blum pernah pake ya. sory jadi ga bisa bandingin mana yg lebih bagus ato mana yg lebih jelek. acne aid, di kemasannya juga ditujuan untuk yg kulitnya berminya+berjerawat. tergantung preferensi kamu gimana…

  34. Alhamdullilah sekarang mah udh lumayan sembuh mbak :) pipi sbelah kanan udh smbuh tnggal ngilangin flek hitamnya..tpi pipi sebelah kiri kaya mash ada purging :(
    Owh iya…saya pake sunbloknya di wilayah yg berjerawat aja gpp kan ? Soalnya klw saya pake ke sluruh muka,,kayanya wajah saya jadi berminyak gtu.:(

    • Alhamdulillah klo udah sembuh.. klo flek2 rajin2 aja di-peeling ato pake pencerah ntr juga lama2 ilang. pake vitacid juga ntr lama2 ilang ko flek2nya. berdoa sama sabar ya. tetep usaha :)
      gpp di wilayah jerawat aja, kamu pake vitacidnya jg cuma di tempat jerawat aja kan? asal bagian yg lain ga kerasa iritasi merah2 gosong kena sinar matahari. gpp ko. iya kekurangannya pake sunbock kaya gt, berminyak. tapi dariapada kulitnya kebakar…

  35. Kalo aku make apa-apa udah kebal mbak……paraaah ne muka padahal aku harus ketemu mahasiswa kalo mau kekampus, pernah dulu pas pake vitacid lagi purging parah banget ne muka sampe bolos ngajar. Merah2 semua bagian muka, aku pertahnkan make tapi purgingnya ga slese2 jadi tambah ancur muka bolong2. In sekarang aku pake clindamicin ma vit C yang dicampur n dioles kemuka, ya gini hasilnya, ga tau deh pusiiing…………..denger komentar orang2, liat muka kaya gini haduuuuuh…………..
    Kaya udah kebal gitu mbak sama obat, minum N-Skin udah satu bulan lebih tapi ga ngaruh dijerawat aku,,,,,,,,,,,

    • waduh,, ikut sedih ya mba.. semoga cepet baik ya mukanya..kenapa ga coba konsul ke dokter kulit mba? tapi konsulnya ke spkk jgn ke klinik2 kecantikan gt. siapa tau ada titik cerah.
      memang pake vitacid itu tergantung kulit masing2 juga, yg saya baca memang ada yg udah lama pake tapi purgingnya ga selese2, itu mgkn karena memang ga cocok vitacid, kulitnya reaktif sama vit A ato turunannya jadi ga bisa dikasih vit A.
      sabar ya mba.. tetep semangat n sabar,, jgn lupa berdoa ^_^

  36. aq baruuu sadar mbk setaunan jerawat gak karuan gara2 n*****a huhuhu” setaun kinclong setaun gak karuan….
    aq make mediklin Tr buat malam..
    trus make krim ADC (allday cream )..
    nie udah tipis jerawatnya aq mau make medklin gel buat bagi trus aq tindih sama krim aman g ya mbak..?
    duluu waktu k spesialis aq aq udah pernah minum clindiamycin 150mg tp cuma 5 hari aja..kalo sekarang minum lagi g masalah kan mbk??
    makasih mbak ya..:)

    • wah sama. hehehe..emg kulit jadi addict, klo lepas ya gt lsg deh break out..

      ADC tuh krim apa ya? *sorry baru denger* hehehe.. IMHO yaa, klo kamu udah cocok sama ADC mgkn gpp abis mediklin gel trus pake ADC. kamu pake sunblock ga? klo pake tretinoin (mediklin-TR) siangnya mesti pake sunblock, soalnya kulit sensitif sama cahaya ntar bisa merah2 loh.
      menurutku gpp ya klo mo minum clindamycin lg, dicoba aja 5-7 hari, minum yg kamu udah pernah konsumsi aja 150 mg.

      semangat ^_^

  37. Mba, aku udah beli mediklin 1,2% dan vitacid cream, ternyata vitacid yg aku beli 0,1% apa boleh mba utk pemula pake yg 0,1%? awalnya aku gak pernah jerawatan, kayanya karena ga cocok salah satu kosmetik yg aku pake. Sekitar 4 bulan yg lalu jerawatku mulai tumbuh satu persatu, udah coba pake macem2 obat jerawat gak ada yg mempan :(

    • hai.. wah sepertinya buat pemula saranku jgn pake yg 0.1% terlalu keras itu. coba pake yg 0.025% dulu itu jauh lebih ringan. soalnya ntr kulitmu iritasi merah2 loh. klo mediklin gpp dipake aja, itu antibiotik.
      wah ati2 klo coba2 kosmetik salah2 malah ga cocok jadi jerawatan.
      selamet nyoba yaa
      ^_^

  38. Pake vitacid siangnya wajib pake sunblock ya mba? trus kapan pk mediklin nya?
    Kalo sabun cuci mukanya bagus pake apa mba, yg bisa angkat sisa sunblock di muka yg water resistant?

    Makasih ^^

    • iya siangnya wajib pake sunblock, soalnya kulit jadi sensitif sama cahaya. klo ga pake bisa2 merah2 iritasi, kebakar. pake mediklin siang, sebelum pake sunblock. sabun cuci muka pake yg lembut, yg cocok di kulit kamu tapi usahakan klo mo pake vitacid, jgn pake sabun cuci muka yg sifatnya eksfoliatif/keras kaya mengandung belerang/sulfur, asam salisilat. bersih-in aja dulu sun block nya pake make up remover ato cleansing milk.cleansing oil baru cuci muka..

  39. aku nongol lagi mbak…..aku udah kapok kayanya mbak kedokter ato klinik,,,jadi ntar dulu deh hehe
    aku udah minum 10 hari klindamisin 300mg 2×1, tapi jerawat masih kuar, kalo mbaknya dulu minum klindamisin kering pa masih tumbuh ya???

    • Hai ^_^
      iya klo udah kapok, ntr aja dulu. cooling down. dulu juga, aku setelah stop n*****a mendadak sempet kapok, trauma ke dokter apalagi klinik2 kecantikan hehehe. ya berhubung makin parah trus stress mo married jadinya pilih2 dokter yg bisa diajak diskusi apa obat yg mereka kasih ke kita. kebanyakan dokter suka ga mo ngomong apa ingredient obat mereka :D
      o ya? waktu aku break out parah banget itu, lagi muncul2nya si jerawat dr.rani kasih clindamycin 300mg diminum 2×1 20 hari. itu masih basah2 menconot gede2 jerawat dimana2. gede2 banget, komedo, white head segala macem deh keluar. berantakan abis. hehehe

      • Hay Mbak :) apa kabar :)
        saya tuh udh bsen bngt pake vit acid :(saya mau brnti tpi brntinya tuh lngsng aja apa bertahap ( kaya 2 hri skali, 3 hari skali, smpe 1 minggu 1 kali )

  40. ka. Mgkn sebelum ka2 saya udah lama memakai mediklin gel nd vitacid cream. yang saya ingin tanyakan. Apakh penggunaan ke2 obat tersebut ketergantungan ato tidak?

    • o iya? gmn udah ada perubahannya? saya lagi stop pake vitacid, krn kulit makin kering klo dipake musim gugur.
      hhmm..mungkin ga ketergantungan ya, imho. vitacid sendiri sebenernya obat keras yg hanya untuk pengobatan. klo udah ada kemajuan/hasil dari pengobatannya, dikurangi pemakaiannya. itu yg saya baca dari petunjuk penggunaan vitacid. begitu juga mediklin..

  41. Hello mbak ^^

    Kan skrng saya +/- sminggu udh lepas dari vit acid.. Nah problem skrng tuh mw ngilangin flek2 hitamnya aja,..
    Mnurut mbak produk apa yg bsa ngilangin flek hitam dg cpet ?

    • hai ricky..
      wah klo flek2 hitam susah buat ilangnya. mesti sabar. makan waktu yg lama. coba aja pake produk2 whitening yg dijual bebas kaya olay, loreal, ponds itu bisa bantu pengelupasan biar flek2 hitamnya berkurang XD

  42. Mba aku udah pake vitacid+mediklin hasilnya lumayan berkurang tapi lambat banget ya mba ilangnya, skr masih bruntusan merah, apa aku ganti vitacid yg 0.05 saja kah?

    • hai dinaa.. pake vitacid+mediklin harus sabar, emang lama berkurangnya. . udah berapa lama pake 0.025? klo cocok sebaiknya jgn ganti, takutnya kulitnya makin merah2 krn iritasi. klo mo ganti pake yg 0.05, coba pakenya 1-2 hari sekali lama2 baru tiap hari, biar kulit kamu adaptasi ..
      semoga berhasil ^_^

  43. aku masih pemula tapi langsung beli yang 0,05 . masih belum seminggu aku pakai . diterusin atau pindah ke 0,025 dulu ?

    • kulit kamu gimana skrg? iritasi merah2 ato biasa aja? kamu pake tiap hari ato 1/2 hari sekali?
      selama kulit kamu ga iritasi, merah2 parah berarti kulit kamu kuat. coba aja diterusin. klo
      iritasi, coba dipakai tiap 2 hari sekali dulu kira 1-2 minggu biar kulit terbiasa setelah itu
      baru dipake tiap hari. pake sunblock siang hari itu wajib. semoga berhasil…

  44. enggak sih, biasa aja , cuma kadang-kadang gatal pada bagian tertentu itu pun cuma beberapa menit saja, nggak tau gatal itu efek vitacid atau keringat (badan saya gatal-gatal karena keringat).
    masa purging itu berupa apa saja sih kak ?

    • hoo..coba diperhatikan klo kulitnya merah2 itu bisa jadi iritasi. klo ga pake sunblock siang hari juga kulit bisa terbakar. masa purging tergantung kulitnya sendiri bisa 1-3 bulan.. ada di petunjuk pemakaian vitacid

  45. Aku pake udah 1 bulan lebih mba, tp memang udah lebih baik sih. Tinggal bekas2nya n kadang masih muncul jerawat matang 1-2. Memang kalo sampe bersih banget harus pake berapa lama mba?

    • di petunjuk penggunaan vitacid kurang lebih 1-3 bulan bersih. tapi itu tergantung kulitnya. klo merasa sudah bersih, coba pemakaiannya dikurangi sesuai dengan petunjuknya. mudah2an berhasil ya

  46. Halo mbak armelia. salam kenal, aku Nia. Postinganmu sgt menarik utk aku baca, dan kamu sabar balesin2 yang tanya2 di blogmu. Semoga km membalasku juga.
    Aku skrg mengalami jerawat parah mbak, awalnya pruntus2 kecil2, skrg jadi gede-gede dan ada nanah putih didalamnya. Aku takut akan kondisiku. awalnya ak jg memakai klinik n____a utk mengobati, tp malah lebih parah. Trakir skrg aku ke dokter kulit di RS MEdika Sentra Cibinong. Dokter jg kasi aku lotion mediklin, sabun gel bening utk kulit berjrawat, antibiotik utk 10hari, trs krim malam dn krim pagi utk kulit berminyak. aku udah 3 bulan parah jrawatnya mbak. pdhl dl g prnah jrawatan, y cm kalau mau mens. Mbak dl brp lama jrawatannya? Apakah obat2 yg dikasi dokterku udah bagus ya mbak? aku uda peeling 2 kali sm dokter. Apa aku perlu ganti dokter ya?

    mbak pernah coba jamu utk jerawat? krn ibuku ngusulin itu..

    Makasi ya mbak, mohon tanggapannya :))

    • Hai nia, salam kenal juga :)
      thanks udah baca postinganku.
      Oh ya ampun ikut sedih ya lg tertimpa musibah. sabar ya. wah ternyata kita senasib
      maksud hati pengen berobat ke n_____a yg ada malah makin parah. Sama kaya aku dulu aku
      juga jerawatan normal, sesekali aja ato pas lg mo mens. Dulu aku jerawatan setelah stop
      ke n_____a itu hampir 6 bulanan ya, tp yg paling parah itu 4 bulan pertama setelah berenti
      n_____a. Setelah itu ya masih tetep jerawatan jg walopun udah ga terlalu menyeramkan, ya naik
      turun juga. Soalnya aku juga jerawatan juga disebabin hormonal, pola makan+tidur.
      Menurut aku diterusin aja pengobatan dokter yg sekarang, coba dilihat setelah 1 ato 2 bulan ada perkembangan
      ato ga. karena pengobatan itu juga mesti sabar intinya. jerawat ga akan instan sembuh tapi proses. kita
      sama ke addict sama n____a makanya proses sembuhnya juga lama. menurutku obat yg dikasih doktermu udah standar ya buat
      kulit berjerawat. itu dokter spesialis kulit? saranku klo berobat ke spesialis kulit ya jgn ke dokter umum. dulu aku
      berobat ke dr.rani ga pake peeling, cuma dikasih vitacid, antibiotik clindamycin, sabun acne aid (ini bisa didapet di kimia farma), mediklin.
      Aku blum pernah minum jamu2 jerawat gt. jadi sory ga bisa kasih masukan…

  47. hai mbak..
    makasih ya balasannya..

    kayanya dokter kulitku ini ga berhasil. masih gini2 aja.
    besok aku mau pulang ke jogja, ganti dokter kulit kepercayaan bpkku
    dan ibuku mau cariin obat herbal juga.

    smoga hasilnya oke. Kalo oke nanti aku share k km juga mbak resepnya..

  48. Assalamualikum salam kenal, lg cr2 info tentang tretinoin ni.. boleh nanya ga, jadi sebenernya kulit muka aku termasuk yang biasa aja jarang bermasalah yg aneh2. jerawat jg jarang. Cuma aku pengen kulit yg lebih halus, krn kulit aku bruntusan gitu, paling banyak di area T, yg kadang2 jd jerawat tp cepet jg ilangnya. Cm bruntusan te2p ga ilang udah dr kapan tau, jd ga rata kalo makeup. Bisa ga sih ngilangin bruntusan pake tretinoin 0,025 ini? Kalo untuk jenis kulit aku yg normal ke kering co2k ga? *ngeri purging* klo purging bs smp brp lama sih? Makasih yaaahh

    • hai salam kenal…menurutku bisa aja bruntusan di kulitmu ilang pake tretinoin tapi karna kulitmu ga bermasalah apa2, saranku coba pake tretinoin dalam jenis lain yg banyak dijual di pasaran. efeknya lebih soft kaya retinol, yg dipake kaya di produk2 anti aging. soalnya tretinoin itu obat keras ya, takutnya malah kenapa2. kulitmu ada jerawatnya normal2 aja, maksutnya jerawat wajar yg cepet ilangnya. kulitmu yg normal ke kering takutnya malah jadi kering2 ngelopek gt, soalnya tretinoin efeknya nge-booster kulit buat ngelupas/eksfoliasi. mungkin bruntusan karena komedo ya? coba cuci muka pake oat meal, di-peeling gt mungkin bisa membantu..
      purging tergantung kulit masing2 ada yg 1 minggu-3 bulan ada juga yg ga purging sama sekali. tapi klo kamu udah siap mental purging boleh dicoba, tapi jgn dipek langsung tiap hari. coba aja di spot2 yg bruntusan 2hari sekali, liat perkembangan selama 1 minggu, klo kulit kamu gpp, boleh dipake tiap hari masih di spot2nya aja. klo msh oke boleh dipake ke seluruh muka. wajib pake sunblock ya sama pelembab yg bener2 ngelembabin kulit karna tretinoin bikin kulit itu makin kering, jgn paas2an juga :D

    • vitacid itu memang obat buat jerawat yg tingkatan paling tinggi alias obat keras. kandungannya tretinoin. khasiat lain dr tretinoin itu juga anti aging, banyak dipake dipasaran di produk anti aging. nama tretinoin buat kosmetik itu retinol, efeknya lebih lembut dibanding tretinoin yg dipake buat obat jerawat..

  49. Assalamu alaikum mbak Armelia. slam kenal ya.. lagi cari info nih untuk ngobatin jerawat. jenis kulit aku Sensitif & berminyak.
    aku Pusing mw pake Vitacid atau Mediklin. kira2 bagusnya apa ya.?
    trus selama ini aku pake sabun pencuci muka JF sulfiur, apa perlu aku ganti dgn Sabun Acne Aid jika pakai Vitacid atau Mediklin.
    Thanks before… ^__^

    • hay, salam kenal. dicoba aja dulu pake mediklin, ini antibiotik biar radang jerawatnya cepet kempes. coba beli yg lotion, dioles ke spot jerawatnya, bisa dipake siang ato malem. mediklin ga ada resiko purging. klo vitacid ada resiko purging, lamanya 1-3 bulan tergantung kulit masing2. vitacid mengandung retinoat yg bakal ngeluarin bakal2 jerawat di kulitmu, ya ngebersihin kotoran2 gt. dipakenya malem hari aja, wajib pake sunblock siangnya. klo mo pake vitacid, sabun mukanya jgn mengandung sulfur takutnya amah makin perih/iritasi, soalnya vitacid itu bikin ngelopek kulit, krn dia nge-booster untuk regenerasi kulit. pilih yg lebih lembut. acne aid juga boleh, ada di kimia farma. pake yg mana aja bagus, asal siapin mental aja. yg penting sabar klo ngobatin jerawat, ga akan sembuh instan.. selamat mencoba

  50. Assalamualaikum mbak :)
    mmm..saya udh pake vit acid kra2 3-4 bulan deh dan hasilnya alhamdulillah memuaskan :) skrng tinggal ngilangin flek hitam.a aja.
    Pas saya pake G*****r buat ngilangin flek hitam ehh trnyata jerawat kecil2 kluar di kening dan sebagian kecil di pipi dan akhirnya saya stop buat pakai lagi.
    Nahhh kan saya mau hilangkan jerawat saya yg kecil2 itu.. Solusi mbak langsung pakai 0.1% aja atau gmna ?

    • hay ricky. alhamdulillah klo jerawatnya udah sembuh pake vitacid. klo ngilangin flek2 emang mesti sabar. soalnya bakal lama. pake vitacid juga bisa. tapi pake produk whitening lain juga bisa, yg dark spot. wah mungkin ga cocok pake garnier. klo mo nyoba cocok ato ga, pake aja dulu di spot2 fleknya jgn seluruh bagian muka. pake dulu aja yg 0.25% klo udah 1 minggu baru pake yg 0.1.. good luck

  51. Salam kenal mb armelia… mb mau tanya, aku lgi pake vitacid 0,05% udah mau hampir 1 bulan ini… tapi kok mukaku jdi tambah ancur ya? jadi kusem, jerawat yng gak ada jadi bnyak n kulit nglupas semua… apa itu emang efek yng katanya purging itu? tapi lama bnget sampe 1 bulan?
    ada saran gak aku harus gimana???
    thnks….

    • Tetep dipake aja Vitacidnya nanti juga reda sendiri. Siang jgn lupa pake pelembab sama sunblock. Menurut petunjuk penggunaan, Kurang lebih 12minggu setelah pemakaian baru keliatan hasilnya. Jgn dikopek2 ya, pke vitacid bikin jerawatnya cepet kering ko, bekasnya juga lama2 hilang..

    • Boleh klo mo minum antibiotik. Clindamycin 300mg, diminum 2x1hari biar radang jerawat cepet reda. Bisa juga siang hari pake mediklin lotion isinya sama clindamycin jg trus pake pelembab sama sunblock. Makannya jg dijaga jgn yg pedes2, berlemak biar ga memicu tumbuh jerawat. Jgn lupa berdoa yaa.. Insya allah cepet sembuh yaa..

      • mediklin lotion maksudnya yang bukan mediklin TR ya? yang warnanya orange apa yng mna mb?
        sunblocknya aku udah pake parasol tapi bukan yang SPF 33.

      • Iya yg warna orange bitolnya. Bukan yg TR, klo TR itu ada tretinoin/asam retinoat yg ada di vitacid. Sunblock gpp ga pake yg parasol 33, yg penting klo ada d tempat panas dlm wktu lama diulang aja makenya beberapa kali..

      • Mudah2an yaa.. Tetep semangat. Flm jangka wktu panjang vitacid bagus dipake, asal bukan di dlm program kehamilan ato lg hamil sama menyusui, soalnya asam retinoat itu karsonogenik, bahaya sama janin.. Selama ga dlm keadaan itu boleh aja dipake..

  52. mbak armelia.. aq mau tanya nih. gini yaa.. aku kn pnya msalah wajah berjerawat,komedo n berminyak. aq msh dlm tahap nyoba ini..
    kalo misal mlmnya aku pkek vitacid lotion, trus paginya pke sabun acne aid,trus pke medicklin sama sunblok, trus sama minum antibiotik CLINDAMYCIN 300 mg bgus gak kira2??
    kalo udah pkek vitacid tetep boleh kn pkek medicklin jg??

    • Hay! Yg kamu sebutin itu rutinitas yg aku jalanin selama betibat jerawat ke dr.rani. Gpp ko. Emg jerawatnya segimana parah? Dlu aku emg parah bgt ya, semuka-muka makanya perlu minum antibiotik jg.klo kamu gmn? Klo mo nyoba blh, minum antibiotiknya minimal 10hari ya biar tubuh ga tesisten antibiotik. Siap ga sm purgingnya?fase purging bs 1-3bulan tergantung kekotoran kulit/jerawat. Klo udah siap silakan dicoba. Vitacid gpp dipake dlm jangka wktu lama asal bukan dlm keadaan program hamil, hamil, ato menyusui krn berbahaya buat janin.

  53. mbak mau tanya dong, kalo clindamycin yg oral itu harus pake resep dokter ya? nah kalo jerawat gak terlalu parah jerawat masa puber gitu, kira” purging nya serem bgt gak ya? makasih^^

    • Clindamycin resminua memang hrs pke resep dokter.tp bisa ko lsg bli di apotek.saranku klo jerawat masa pubet ga mesti pke vitacid, pake mediklin lotion jg cukup. Mediklin lotin bentuknya cairan, kemasan warna orange. Kirang tau purgingnya parah ato ga klo dipake kulit dlm masa puber..

  54. Mba Armelia mau nanya nih,pas pke vitacid ngalamin gatel2 gak???Soalnya bru semingguan pke vitacid tpi d daerah dagu sma pipiq jdi gatel2.Apa gatel2 ini d krnakan sedang proses pengelupasan sel kulit mati at emang gk cocokah sma c vitacid ini. Trus klo mba bwat perawatan sekitar mata’a pke apa tah?

    • iya waktu pertama pake vitacid, ngalamin gatel2 klo abis pake vitacidnya. tapi itu vitacid lg bekerja, meresap ke kulit. klo siang2 waktu ga pake vitacid kulit emg ngelupas tapi ga pake rasa gatel2. kulit orang kan beda2, klo ternyata kulit kamu itu gatel2 terus agak lama bisa juga kemungkinan karena ga cocok. aku ga pake perawatan di sekitar mata

  55. oh gitu, kalo clindamycin yg oral berarti bisa beli sendiri kan? kira” utk awal pemakaian yg segimana dulu ya mbak? mediklin lotion totol ke jerawat nya ajakan? Makasih^^

    • clindamycin ral bisa beli sendiri, tapi minumnya min 10 hari biar ga resisten tubuhnya sama antibiotik. minum aja 7 hari, wktu dulu aku dikasih resep clindamycin 300 mg diminum 2×1 hari. dicoba aja emg klo mo minum antibiotik. medklin lotion ditotol aja d muka

  56. Mbak jadi kan aku gausah pake vitacid ya, nah kalo bekas jerawat ngilangin nya pake melanoxhq2% bisa kan? nah kalau komedo di hindung pake apa? apa oles vitacid nya cuman dihidung aja?

    • Aku belum pernah pake melanox 2%, jadi sory ga bisa banyak bantu.tp yg jelas bekas jerawat bs ilang pake produk yg sifatnya nipisin lapisan kulit/eksfoliasi atau mencerahkan kulit/menyamarkan noda.tetep butuh wktu, ga akan cpet ilang. Komedo bisa ilang pake viacid, bisa dicoba dioles di tempat yg ada komedonya

  57. Hi mba, makasih ya infonya. .aku udah 3bulan pake vitacid+mediklin aja, alhamdulillah jerawat udah ga ada lagi. . .
    tinggal noda2 item bekas jerawatnya aja mba masih ada :(
    pake vitacid+mediklin bisa ilang ga ya mba? sebaiknya aku terusin atau gimana?
    makasih :))

    • Alhamdullillah klo udah ilang.noda bekas jerawat bs ilang pake vitacid&mediklin.bisa jg kamu pake produk yg mencerahkan kulit ato ngilangin acne spot. Tp emg bekas jerawat ilangnya lama. Sabar ya..

  58. Kk aku mau coba pke vitacid tapi aku ga jerawatan cuma 1 atau 2 lah mau ilangin bopeng dan bekas nya aja boleh ga ?
    Terus yang harus aku pake apa” ???
    #mohon saran nya ;(

    • Bopeng bekas jerawat bisa ilang pake vitacid cm butuh wktu yg lama.saranku pakenya yg 0.25% aja. Biar ga terlalu keras ke kulit. Efek pengelupasan kulitnya jg ga terlalu keras bisa minimalisir iritasi kulit.siang wajib pake sunblock.good luck ^_^

  59. wah klo soal purging banyak ato ga, kurang tau. tergantung kulit masing2. ada yg pake vitacid pake purging ada yg ngga purging. klo gt siapin mental dulu. klo udah siap resikonya baru dicoba :)

  60. sis mau tanya,

    kalo jerawat di punggung dioles tretinoin bisa juga kan?

    saya oles pakai tretinoin, purginnya sudah hilang, tapi kulit masih terus mengelupas, padahal sudah hampir 6 bulan :(, apakah ini normal? secara yg aku tau kulit punggung lebih tebal dri kulit wajah

    • Jerawat di punggung gpp dioles pake tretinoin. Biasanya purgingnya cuma 1-3 bulan itu ada di petunjuk pemakaian di dlm box vitacid. Wah klo udah sampe 6 bln pengelupasannya ga brenti, kurang tau jg knp. Setau sy klo pemakaian tretinoin dihentikan, otomatis semua efeknya jg berenti. Kulit memang mengelupas tanpa kita sadari, buat regenarasi kulit baru. Memang kulit punggung lebih tebal dr kulit muka

  61. sis ada rekomendasi obat yang bisa meredakan gatal2 akibat kulit terkelupas? kan aku pakai tretinoin di punggung sampai skrng kulit mengelupas terus, nah selama mengelupas, rasanya ga betah, gatel2, kalo panas keringetan jdi perih >.<, merah2 kek iritasi :(, dlu aku pakai tretinoin di wajah, setelah 3 bulan, kulit tidak mengelupas lagi.

    • coba dikasih moisturizer di punggung yg pake tretinoin. tretinoinnya ga usah dipake dulu. coba liat beberapa hari. tetep pake sunblock walopun kulit punggung tertutup baju. jgn dulu di-scrub ya punggungnya, takutnya makin mengelupas. banyak minum ya biar kulitnya tetep lembab sama banyak makans sayur, buah yang mengandung vitamin E. klo obat yang diminum buat ngeredain gatal2 saya kurang tau. good luck ya ^^

  62. Hai Mbak Armelia…
    Aku ini remaja kan ya, lagi subur2nya komedo dan jerawat nongol di muka.
    Dulu aku juga ‘telaten’ treatment dengan segala creamnya n*****a selama setaun, sampe mukaku dulu bener2 putih bersih, mulus banget
    Karena udh mulai puas, aku coba berhenti pake cream2nya. Awal2 kusem2 gitu, muka jadi break out lagi. Nah, sampe aku mulai pake produk skincare yg ada di drugstore (facial washnya L’or*al dan Night Serum Seaweed-nya The B*dy Shop), wajahku udh mulai balik agak cerahan lagi.
    Cuma ya itu mbak, bruntusan komedonya masih rajin nongol… :(

    Sekedar nanya, nih, semisal aku tetep facial acne di N*****a buat ngilangin komedo setiap dua minggu sekali, trus untuk skincare-nya aku pake produk facial wash sama night serum rumput laut-ku itu, aman ga sih?

    Sarannya ya mbak…

    Salam kenal,
    Cella ^^

    • hai cella salam kenal. sebenernya sih katanya yg aku denger karna wajah sering di-facial itu jadi nagih. jadi kaya dimanjain.sebenernya ga baik juga, tapi kulit emang butuh dibersihin, diambil kulit matinya secara rutin biar ngerangsang kulit baru tumbuh. makanya kadang kita ngerasa kulit jadi kurang kinclong klo ga rutin di-facial. tipe kulitku jg sama kaya kamu ko. komedo jgn ditanya deh. subur makmur suka nongol mulu apalagi kulit mukaku acne prone, yg pori2 gede. dulu aku jg sering facial, rutin sebelum kenal n****a atopun sesudah pake si n****a.
      langkah kamu pake produk drugstore biasa udah bagus ko. diterusin aja. klo soal facial saya rasa gpp asal kamu jgn pake produknya aja. karna produknya bikin kecanduan, ga bagus jg buat kulit. namanya kulit mesti rajin aja dirawatnya.. good luck

  63. sis, bisa minta alamat lengkapnya dokter rani? :)
    aku skrg lg jerawat besar2 di jidat, sudah ke dokter 2 bulan lalu tp kok gak hilang2 yaa? malah skrg maik parah, atau mungkin racikan dokternya gak cocok?
    sudah jenuh banget sama jerawat yg terus tumbuh semenjak awal kuliah, sudah 6 bulan :’(

    • reaksinya biasa aja. kulit rasanya dingin. ga pas sama sekali. setelah beberapa kali nantibagian jerawat yg diolesi mediklin itu agak menegang trus lama2 kempes sendiri. mediklin itu meredakan peradangan jerawat.

    • vitacid klo ga salah harganya beda2 tergantung dosisnya. makin besar dosisnya makin mahal. kisaran 25.000-50.000. o iya tergantung merk jg. itu ksiaran klo merk “vitacid”. klo yg merk-nya retin-A katanya lebih mahal, tapi karna saya ga pake jadi kurang tau. parasol sekitar 40.000. bisa dibeli di apotek yang besar, kaya kimia farma. soalnya gasemua apotek jual vitacid. selamat mencoba ^_^

      • Hallo mba amel…aku mau tanya..ini aku jerawatan beruntusan semuka..hiks..kalo minum obat antibiotik itu ngaruhnya brp lama ya?beruntusan merata kaya biang keringet gitu..huhu..sarannya donk biar cepet sembuh nih beruntusannya..

      • Jerawat beruntusan semuka?apa mungkin kamu ada alergi? Klo minum antibiotik minimal minum untuk 10hari. Antibiotik ini untuk mempercepat matengnya jerawat sama kaya mediklin (obat oles jerawat yang kandungannya antibiotik). Klo masih bisa pake obat oles kaya mediklin, mending pake mediklin dlu. Diliat dulu ada perubahan ato ga klo emg tetep begitu bisa jg pake antibiotik&pake obat olesnya.saran saya coba konsul ke dokter, biar memastikan jenis jerawatnya apa trus penanganan yg cocok gmn. Yg jelas perawatan jerawat ga instan butuh wktu sama kesabaran..

  64. mbak, mediklin itu apa bner cepet u/ me-matang-kan jrawat? soalnya saya 2x olesan, jerawatnya lngsung matang. gak lama kmudian kluar sndiri putih2 nya…

      • Ya ampun ba armel topic’a sukses yah (baru liat lagi ini blog) hehe.. Haha dari gw yg comment pertama kali bulan maret 2012 skarang dah mau maret lagi dah banyak bgt.. Ayo mba semangat jadi konsultan’a hehehe .. Gmana kabarnya mba armel dan jerawat serta fleknya ? Oh iya Dah merit mba ? Btw masih suka ke dokter Rani mau alamat’a dong di jakarta kan ? Saya ke dokter Listiani and better than dari dokter E*a . Cara pengobatan nya jauh lebih baik ..gara” dah sembuh males ngerawat lagi jadi bruntusan lagi tp dah ga pake vitacid .. And mau minum antibiotik berbahan clyndmicin lagi .. Mba masih suka minum antibiotik itu kah ? Thx a lot mba armel

      • hahaha. thanks ya udah komen di blog jadi banyak komen2 lain yg dateng :D iya nih gw jadi buka konsultasi jerawat online wkwkwk gpp lah sharing demi kebaikan *amal*. Alhamdulillah baik, iya gw udah merit sekarang gw di jepang ikut suami hehehe. sejak berpindah ke negara 4musim masalah jerawat gw blum selese-selese :((( tapi ya sudahlah dibawa nyantai aja, yg penting usaha yg kenceng masalah hasil yaa will see lah :) sejak pindah gw ga pernah ke dr.rani lagi, sedih sih pengobatan blum tuntas tapi gwdah cabut, ya sutralah mo diapain lagi.. ini alamatnya Jalan Radio I No. 2
        Kramat Pela – Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12130 Telephone: (021) 724-7967 (021) 929-35672. Sukur deh klo dr.Listiani lebih bagus, ipar gw juga ke dokter itu bagus katanya, obat2nya ringan ga sekeras yg lain. tapi ada temen gw yg lain ga cocok ke dr.Listiani, itu sih balik2 lg cocok2an. sukur deh klo lu cocok, lanjutkan! :D saran gw jgn juga terlalu sering minum antibiotik, ga bagus buat sistem imun. klo emag jerawatnya parah bgt baru minum, klo ga parah pake obat oles aja, ada kan mediklin cair/gel itu jg mengandung clindamycin. gw udh ga minum antibiotik itu lagi, disini mana ada beli antibiotik sebebas di indoensia hahaha.. thanks ya ^_^

    • dulu gw pernah pake bedak tabur merk bless, enak karna ringan. wardah yang acne juga enak. dicoba produk yg memang untuk acne karena di dalemnya biasanya mengandung asal salisilat buat ngebantu ngeringin jerawat. klo bekas jerawat coba pake produk yg meghilangkan noda kaya garnier, ponds atau olay. noda bekas jerawat butuh waktu biar ilang. sabar dan tetap semangat ^_^

  65. Mbak mau nanya dong, kan aku mau pake clindamycin yg 150, nah kalau udah 10 hari blm ada perubahan, boleh naik dosis ke yg 300 ga ya mba?

    hehe makasih ya mbak

  66. boleh aja naik dosisnya jadi 300mg dicoba minimal 10 hari aja ya, bisa diminum 2×1 hari ntar liat ada perubahannyaato ga. dibarengin sama pake mediklin lotion/gelnya biar jerawatnya cepet kering..

    • Saya. Punya masalah jerawat yg sama. Sydah ke dokter n skin care hslnya teuteppp ada.
      1. Sy sudah terlanjur beli mediklin TR, lapakah sm dg vitacid ? Lanjutin aja apa ganti vitacid aja?
      2. Sy sebaikny pake pembersih apa? Krn selama ini sy sudah ganti2 pembersih wajah blm ada yg cocok (klo bisa yg ringan n mudah dibeli di pasaran)
      3. pemakaian dg tretinoin kena cahaya lampu bgm efeknya?
      4. Kira 2 pemakaian mediklin TR 0,025% ada efek furgingnya jg gak ya? Kira2 butuh wkt berapa lama?
      5. Sy jg belum meakai subock, kira2 saran mbak sendiri pk sunblock apa ya? Yg ringan dan mdh didapat di pasaran
      minta tolong dibantu ya..share pengalamannya coz udah ngeseli n bgt. Dr mulai kuliah sm punya anak msh aja ada tuh. jerawatnya
      6. sy lgi minum doxycicline 100 mg udah 10 hr dr dokternya sih itu resep dulu smp 30hr hrs diminum. itu obat apa ya? apaharus aku ganti dg clindamicyn. itu aku beli di apptek
      ngkut jaman dulu aja

      jerawat

      3. Sy belum pake sunblock jg, pk apa ya? (dh dibeli di pasaran jg biar gal susah nyari ya mbak)

      • Oyaa doxycicline aku beli di apotek bebas aja tanpa reaep dokter, krn dulu pas aku jerawatan dokter ngasihnya resep gituan. Skr bluntusan lg jerawatnya yyaaa aku cb beli lg. Sebelum dan sesudahnya sy ucapkan terimakasih banyak ya mbak armel

      • hai isma salam kenal :), gw jawab satu2 ya..
        1. lanjutin aja mediklin TR nya, dipake malam hari aja karna mengandung TR alias tretinoin, klo udah habis mo ganti vitacid boleh aja. buat awal coba dipake selang 1 hari tiap malemnya biar kulitnya adaptasi, klo kulitnya udah terbiasa 1 minggu pake baru tiap malem dipake.
        2. sebaiknya pake pembersih yang ringan ato lembut. dari pengalaman saya ada yg nyaranin pake sabun bayi ato pembersih muka yang ada di pasaran khusus kulit. waktu dulu saya pernah pake susu pembersih viva yg mentimun, sabun acne aid yg saya dapet dr dokter. sabun acne aid masih saya pake sampe sekarang, bisa dibeli di apotek kimia farma. ato bisa juga dicoba pembersih muka marks venus yang pH normal untuk kulit atau sebamed. saranku coba pilih pembersih yang ga pH mendekati pH normal kulit
        3. kena cahaya lampu gpp, selama ga kena cahaya matahari langsung. makanya diusahakan pake sunblock apalagi klo aktivitas di luar ruangan. klo yg saya baca dianjurka juga pake sunblock walopun ada di dalem ruangan.
        4. efek purgig tergantung kulit masing-masing, ada yg purging ada yg ga. beda2, tapi pengalaman saya purging pake vitacid 2-3 bulan. klo mediklin TR coba dipakenya yg ada spot jerwatnya aja dulu, terus diliat beberapa hari, liat efeknya kaya gmn. soalnya kebanyakan mediklin TR dipake cuma di spot-spot yg ada jerawatnya.
        5. saya pake sunblock parasol, yg non PABA yg umumnya dipake klo lagi pengobatan. ini banyak di apotek.
        6. doxycicline apa ya? saya blum pernah denger obat itu terus ga pernah minum jg. sory ga banyak bantu. klo clindamycin itu antibakteri, saya minum 2×1 hari, 300 mg

  67. hai mba.. salam kenal…. bulan puasa tahun lalu sy ke klinik yang cabangnya dimn2 alias N.. karena sebelumnya jg pernah disana kemudian berhenti kemudian balik lagi… yg terjadi setelah pemakaian seminggu kulit saya kaku, perih dan gosong seperti terbakar… ga tahan dengan keadaan muka saya kembalilah saya ke klinik tersebut… maksud hati ingin diberi obat oral tapi ternyata disuruh dilanjutkan ani iritasinya bukannya meredakan malah menambah muka susah untuk bergerak… saya pergi ke dokter spesials kulit di kota P… diberi salep parasol.. alhamdullilah hanya dengan waktu seminggu muka sudah normal tinggal bekas2nya… dokter memberi saya obat racikan… hasilnya bagus karena dokter juga memberi obat oral, mungkin hampir sama dengn dokter rani,karena dokter sy pun memiliki klinik… masalah timbul setelah saya pindah di kota Y yang notabene adalah kota kelahiran klinik N… krem habis dan jerawat muncul di setap sisi muka, padahal paling sering di dagu dan ini muncul dimn2… besar2 dan kecil, rasanya pegel… saya cari2 googlng akhirnya ketemu blognya boby dan mba armel… setelah malam2 cari2 vitacid di kota Bekasi, muter2 dr apotik satu ke yg lain akhirnya berhenti di apotik K24… jerawat dah mulai kempes tapi masih suka tumbuh lg, paling sering di daerah dagu… Kembali ke kota Y sy cari2 mediklin dan sabun acne aid karena rasanya ga enak kalau mandi ga cuci muka… ketemulah mediklin lotion,parasol lotion dan acne aid… setelah mediklin sy pakai 2 hari dan malamnya pakai vitacid muka saya jadi perih dan totol2 merah2…
    Yang ingin sy tanyakan ke mba armel, seperti ini juga ga??ada rekomendasi gel anti iritasi ga??karena saat ini muka sy seperti iiritasi, merah2 dan pedih… saya hentikan sementara vitacid dan mediklinnya pagi hari sy pakai masker dari buah tomat kemudian cuci muka dengan acne aid dan diberi pelembab parasol lotion…
    Share ke sy ya mba kalo ada gel anti iritasi yg mdah di dapat di apotik… Terimakasih sebelumnya mba armel

    • hai mba.wah ternyata sama juga korban N sama saya. ampe sekarang saya nyesel udah coba2 hehehe.
      saya rasanya kulit mba lagi iritasi. udah bagus dihentikan dulu pemakaian vitacidnya. klo malem mba pake vitacid trus siangnya ga pake sunblock, apalagi kena cahaya matahari otomatis pasti iritasi. merah, gatel2. saya juga pernah seperti. ya pemakaiannya dihentikan aja dlu. istirahatin mukanya sampe gatel2 perihnya berkurang. tomat bagus buat jerawat. diterusin aja pakenya. kebetulan waktu itu saya ga pake gel anti-iritasi. malah mukanya ga saya pakein apa2. tapi saya meghindari panas matahari secara langsung. paling pake masker tomat/timun aja buat bikin mukanya dingin. maaf a mba ga banyak bantu. klo mo pake lagi vitacidnya, dicoba ditotol di tempat yg ada ejrawatnya aja trus jgn pake langsung setiap hari, pakenya 2 hari seklai aja dlu. semoga cepet sembuh..

  68. mbk mw tny,,,vitacid ini klo di pke hnya di spot jerawat apa msh tetep ada efek purging nya?
    gara2 gnti bdak,muka ku skrg jd sensitif,gmpg jerawatan. klo dlu jerawat muncul pas mens aja,tp skrg terus2an,dan di tmpt yg sama.kdg pernah 3 jerawat muncul di tmpt yg sgt amat berdekatan. klo aq blg jnis jerawatku gnti ke yg jnis cystic. vitacid bsa nyembuhin jerawat jnis ini gak?

    • klo menurutku, mungkin ada efek purging-nya tapi ga akan seheboh klo dipake semuka. bahkan saking keci efek purgingnya bisa ga keliatan. tapi tergantung masing2 kulit, ada juga yg pake di spot jerawat aja tapi ga purging sama sekali. ada juga pake semuka tapi juga ga ngalamin purging. jerawat cystic termasuk yang parah, mungkin perlu waktu lama buat ngobatinnya. dicoba aja pake vitacid di spot jerawatnya. vitacid coba pake 2hari sekali setelah 1 minggu baru dipake tiap hari. klo misalnya jadi lebih parah, cepet konsul ke dokter ya. semoga cepet sembuh :)

  69. mb armel makasih infonya yaaa… saya mau nanyak,untuk vitacid dan mediklinya di pake cuma dijerawaty ajah apa seluruh wajah?? saya nyari vitacid yg lotian kmna” gak ada ahiry pke yg crem aja deh..
    aku juga korban dari N*****A mb,awlnya bagus bgt kulit q kek artis getooo..stlh brhenti malah ngeriii jrewity gede” dan bernanah.udah ganti doktr ampe 5x ada tpi smua mental,bahkan kmrn balik lagi ke N*****A,x aja bisa sembuh ehh malah nihil hasily. skrg mau ikut nyobain yang mb armel pake,smoga aja cocok dan bisa sembuh total. amiiin :)

    • buat pertama kali pake vitacid & mediklin sebaiknya dipake di jerawatnya aja. dulu saya pake vitacid di seluruh muka, soalnya emang jerawatan seluruh tempat hehehe. emg jarang vitacid lotion di apotek2 biasa, gw jg dapetnya di dr. rani. gpp ko pake vitacid yg cream jg, nemu yg brapa dosisnya? klo awal pake yg rendah aja, 0.025%.
      waahh senasib kita wkwkwkwk. ga lagi2 deh klinik N*****A. kita tuh ibarat lepas dr ketergantungan obat2 N*****A yg banyak ngandung steroidnya, jadi ga akan instan sembuh, butuh waktu lama. ini gw juga udah 1taun lebih masih belum kembali ke kulit gw yg dlu. yaah yg penting sabar n berdoa aja terus tetep usaha yg keras hehehe. smangatt !!!

    • klo respon muka kamu seminggu ga ada iritasi karna pake vitacid, boleh aja ganti dosis yg lebih tinggi. tapi pakenya di spot2 jerawat dlu aja 2 hari sekali biar kulitnya ga kaget, baru klo udah seminggu boleh intens dipake tiap hari. semoga cepet sembuh ^_^

      • Klo ngilangin jerawat emg butuh waktu yg lama. Belas jerawatku jg blum ilang sempurna. rajin di-peeling aja, pake produk yg ngilangin spot2 noda di muka ato produk pemutih, ntar jg bisa ilang sendiri..

  70. Salam kenal mba armelia..aku jg skrg pke vitacid,so far ud bagus dr wkt blm pake,aku jg tau vitacid krn liat blog nya mas bobby.f, jujur aku bener2 ngikutin sarannya dia,cuci muka skrg ud gak pernah pke sabun..cm pke blenderan jeruk ponkam,yoghurt dan hasilnya amaizing..kulit muka ud kya bayi..alus bgt,komedo gak prnah mampir,lalu aku jg batasin makan TELOR,karena ternyata aku alergi,dan baru tau setelah liat video youtube,ternyata jerawat jg bisa jdi krn kita alergi sama makanan dan kita gak tau,jdi awalnya aku batasin makan,cm makan sayuran aja sama nasi kira2 seminggu,gtu paginya makan telor,bsk paginya jerawat muncul..soo.skrg ud gak pernah makan telor lagi..jerawat pun ilang..ternyata jg alergi makanan beda2 buat setiap orang,kya adik ku,gak bs makan cemilan yg ada msg nya..paati jerawat muncul,ada jg yg krn susu..so..saran aku,cari apa makanan yg kita alergi,skrg muka aku ud gak ada jerawt sisa bekas kecil2 aja..tadi nya semuka jerawatnya..frustasi bgt,thank god ada blog mas bobby,mudah2an bisa membantu kesembuhan yg lain..thx

    • hai christie, salam kenal jg. makasih lo udah mampir di blogku :) wah bener banget masukanmu, aku suka maju mundur klo nyoba batasin makanan cuma sayur doang. hehe. tapi skrg aku mkn lbh banyak sayur & buah aja hehehe. emang awal pake vitacid dr baca blognya bobby. mantap bgt dia bnayak yg sembuh ikutin cara dia…

  71. malam mba….salam kenal mba
    kulit saya termasuk jenis kulit yang berminyak dan gampang banget jerawatan tp g parah banget mba
    tapi sekarang ini jerawatku parah banget mba, sampai di jidat hampir penuh dengan jerawat…
    karena tergiur sama temen yang pakai LDR 3, q ikut-ikutan temen makai produk itu mba dan pakai sabun mukanya juga, tapi mukaku jadi merah dan jerawatnya g hilang-hilang mba
    malah sekarang ngelupasnya g berhenti-henti dan perih banget kalau cuci muka…
    q jd kapok banget mba….
    Karena aku takut ke dokter kulit, akhirnya aku ke apotik dan beli obat jerawat disana
    dan aku dikasih Medi-klin yang tube orange kandungan Clidamycin 1,2%

    sebelum aku pakai, aku cari di internet kandungannya..dan ketemu blog punya mba…

    menurut mba aku harus pakai langsung malam ini atau nunggu nanti, soalnya aku baru berhenti makai RDL itu 2 hari yang lalu mba dan sampai sekarang masih ngelupas….

    terus selain pakai Medi-klin malam hari, siangnya aku harus pakai produk apa
    soalnya siang q harus tetep pakai make up (saya guru jd harus selalu tampil Fres dan menarik)…
    makasih mba…mudah-mudahan ada pencerahan setelah aku share ke mbanya…hehehehe

    • salam kenal. sori lama balesnya. sebaiknya kamu istirahatin aja kulitnya sampai 1 minggu. jgn pake apa2 dlu ke kulit. rajin cuci muka aja sama pake sunblock. klo kulit kamu yg ngelupas2 udah reda, boleh coba dipkae clindamycin nya ke spot yg ada jerawatnya. cari make up yg ga bikin clog di kulit kamu. pake make up yg biasa kamu pake sekarang juga gpp, apalgi klo itu make up udah cocok di kulit kamu. jgn sembarangan ganti2 takutnya malah makin jerawatan. rajin bersihin make up nya biar ga ada kotoran yg numpuk di permukaan kulit. semoga membantu ya ^_^

    • menurut yg saya tau, asam retinoat itu ga dianjurkan untuk dipake ibu daam keadaan program hamil ato hamil karena dapat meyebabkan cacat pada janin (teratogenik). hal yg sama menurutku jg berlaku buat ibu menyusui, selama kita menysui apa2 yang kita makan/pake sedikit banyak akan diterima ole bayi sebaiknya dihindarkan kosmetik2 yang berbahaya seperti retinoat ini saya anjurkan klo memang mo pake sebaiknya konsul sama DSOG/DSA-nya supaya lebih yakin..

  72. mbak, mau nanya. muka saya itu kombinasi berminyak. jerawat suka muncul di dahi, daerah antara wajah dan rambut, daerah hidung dan sekitar, dan hidung berkomedo. bisa kasih saran vitacid jenis dan dosis apa yang cocok? boleh saya pake vitacidnya kalau muncul jerawat aja sampai kering? maksudnya gak rutin gitu. cuma dipake kalau ada jerawat dan komedo saja. terimakasih banyak sebelumnya mbak

    • Klo ada poni di daerah dahi dan rambut sebaiknya jgn pake poni, rambut kan kotor ke dahi. Bisa pake vitacid yg oles aja bentuknya kaya odol, coba cari di google. Yg dosis plg rendah 0.025%. Bisa aja dipake saat muncul jerawat di spot2 jerawat ato komedo. Semoga membantu (^_^)

  73. malam mba, aku setius banget ni baca share-annya. aku jg pnya masalah yg sama. radang ga ilang”. baiknya gmn ya? aku baru pk clyndamicyn 300gr aja 2 hari,tp jerawat malah pd kluar. gpp tu ya? trus biar cepet ilang lagi pake apa lg ni mba? vitacid cram 0,025%? ato apa lg? thanks mba :)

    • Sory telat balesnya. Diterusin aja minim clindamycin, minimal 10hati buar ga resisten antibiotik. Pake aja vitacid oles yg 0.025%. Coba pake di bagian yg radang mulai dr 2hari sekali trus jadi setiap hari. Liat perkembangan kulitnya. Apa ada iritasi ato baik2 aja. Klo ga ada tanda2 ga cocok, bisa dipake tiap hari. Siangnya jgn lupa pake sunblock..
      Smg cpet sembuh ya.. Thanks udah baca..

  74. malam mba armel…
    mksh yach ats sarannya

    mau ksh info nich tentng pemakaian vitacid selama 1 bulan…

    2 minggu pertama….Waww…mukaku berubh jd ladang jerawat…hikkksss….hikkkkssss
    dan tepatnya 1 minggu yg lalu..mukaku berubah jd udang rebus, bukannya hanya muka tapi seluruh badanku ( efek pemakaian vitacid yang menggila karena pengin cepet hilang) 3 hari lamanya seluruh tubuhku mirip udang rebus…..semakin sedih dan ga pengin keluar kamar….

    akhirnya aku makai vitacid hanya dibagian yg ada jerawatnya….mau nyerah tadinya tp q berusaha kuat….akhirnya kesabaranku membuahkan hasil….jerawat sudah hilang dan sekrang pusing mikirin cara ngilangin bekas jerawtnya…..

    gimn cara ngilanginnya ya mba???

    • maaf telat banget balesnya :D

      oalah, kamu berarti kena purging. harus sabar. pake vitacid meang kaya gt. dulu aku jg ngalamin hal yg sama ko. sabar ya. jgn lupa sealu pake sunblcok klo kelaur rumah jgn ampe ga ntar kaya udang rebus..
      Alhamdulillah klo udah ada kemajuan.
      Vitacid itu jg lama2 bakal bikin ngilangin2 spot2 bekas jerawat, ngelupasin kulit2 mati jadi bikin kulit cepet regenerasi. klo mau pake yg peghilang sopt2 gt, banyak kan produk2 kaya gt. rajin peeling nanti jg lama2 bakal jadi tipis..rajin masker juga..semoga membantu yaa

  75. Pingback: Murah Mengatasi Jerawat.. | katayaya

  76. mbak armel, mo nanya nih..
    selama ini aku juga udah sering ganti2 dokter spkk, tp hasilnya ya jerawat masih aja muncul..dulu sempat minum clindamycin dan jerawat mereda, trus kepincut lagi ke dokter spkk eh malah tambah parah jerawatnya..sekarang dah kapok..ngabisin duit tuh ke spkk :D
    ini pengennya kembali konsumsi clindamycin dan pakai mediklin orange lagi, tapi kepikiran banget..minum Clindamycin+pakai mediklin gel itu aman gak buat yang lagi program hamil mbak?
    tengkyu

    • salam kenal mba endah. klo menurutku sih klo lagi TTC, sebaiknya jgn minum antibiotik takutnya ada apa2. biar aman sih klo menurutku ga usah. Klo mo pake mediklin gel menurutku gpp karena cuma dioles aja ke kulit. klo ragu mending lebih aman konsul ke DSOG. semoga cepet hamil ya.. amin ^^

  77. Hai mbak sya mau nanya dong? Rencananya saya mau pake vitacid tapi saya bingung cara pemakaiannya, muka saya tidak ada jerawat tapi banyak kayak whiteheads, milia di dahi pipi dan di deket telinga. Yang sy mau tanyakn cara pemakaiannya gimana? Apa dioles satu satu ke area spot yang bermasalah apa diolesin keseluruh wajah? Terus untuk sabun mukanya bisa pake sabun papaya tidak(Non RDL), bahaya tidak kalau sebelum memakai vitacid kita memakai pelembab? Trims ^^

    • buat pertama kali klo nyoba pake vitacid, dioles ke area spot yang bermasalah. jgn langsung tiap hari pakenya, coba aja pake 2 hari sekali klo udah seminggu liat perkembangannya klo ga iritasi, boleh dilanjutin pake tiap hari. Sabun mukanya bisa pake apa aja asal jgn yang keras. Pkae yg lembut. Klo bisa jgn pake yg mengandung sulfur krn itu bikin perih. Klo bisa pake sabun yg pH nya sama kaya kulit. Sebenernya pelembab itu dipake biar kulit ga terlalu kering, soalnya klo pake vitacid kulit biasanya ngelupas buat nutupin kulit yg ngelupas dulu aku pake pelembab. Pelembab dipake siang terus ditimpa sunblock. Vitacid dipake malem , ga usah pake pelembab lagi.

  78. mba, kulit saya tdk jerawat tapi banyak komedo, saya sudah pakai vitacid 0.025 selama 5 hari, tapi tiap cuci muka perih + gatel dan keluar merah, saya stop dulu baru pakai lagi, or gimana y?

  79. ogh iya mba kulit saya berminyak, selama pakai vitacid jadi kering, dan tiap pagi sudah saya beri pelembab wardah + parasol cream 15 dan selalu cuci muka dgn sabun zwitsal

    • memang efek pake vitacid seperti itu, kulit jadi kering makanya perlu pake pelembab biar ga perih. jgn kaget klo kulit akan mengelupas sedikit, itu juga efek pake vitacid karena dia memeprcepat pergantian kulit

  80. halo kak…
    Gmana kbrnya?
    Kemarin aq ke apotek beli : vitacid 0,05 ama 0,1 trus bli parasol 33 cream ama sbun phisohex.
    Udah bener blum belinya???
    Untk cowok pake vitacid langsung 0,05 trus 0,1 bahaya ga?

    Confrm fb q ya kak…
    trims

    • halo.. thanks udah baca blogku.
      Aku ga pernah pake sabun phisohex, tapi selama itu ga mengandung sulfur, lembut gpp dipake bersamaan sama vitacid. Klo cowo biasanya kulitnya lebih tebel & tahan sama vitacid, bisa langusng pake 0.1 ato klo mau coba aja dulu yg 0.05 1 minggu klo kulitnya ok2 aja langsung aja ganti sama yg 0.1. Selamat mencoba ^^

  81. Hy mba amelia …slm knal…saya ian
    Darii awal postingan mba smpai akir saya baca dngan tliti ternyata banyak ilmu yg ku dapat,,,ampe ngantuk bacanya mba heeee…v biarin lah demi pengobatan jerawat…

    Dari skian banyak tman2 yg konsultasi ke mban, sya mndapatkan 4 produk yang ingin saya coba
    1. Vitacid 0,1.
    2.Mediklin
    3.Sunblok/parasol
    4.Clindamicyn 100mg

    Muka saya kan banyak jerawatnya mba gede2+keras lgi kdang2 gatal juga…sya sdah mncoba brbagai mcem pngobatan v hasilnya nihil gak ada ,malah makin parah…ampe strees kadang lw kluar rumah ga PD mba……..

    Yg bkin bingung antara vitacid 0,1 dan mediklin mna yg lbih baik dgunakan untuk pemula sprti saya?
    Klw untuk jerawat yg besar dan gatal(jerawat batu) baiknya vitacid yng mna mba 0,025/0,050 atau 0,1?
    Kbetullan pembersih muka saya pake sabun dettol batangan,menurut mba baik ga buat pnyembuhan jerawat sekaligus pembersih muka?
    Mohon pencerahanya trimakasih….:D

    • hai, makasih udah baca blogku. vitacid sama mediklin bisa dicoba bersamaan, vitacid dipake malem, siangnya pake mediklin trus dilapisi sunblock. klo awal bisa coba dr dosis paling rendah dulu 0.025 setelah baru naik sampe 0.1 tapi klo mo cepet karena jerawat batu langsung aja 0.05 tapi pake 2 hari sekali klo dalam seminggu ga ada perubahan berarti & ga ada iritasi parah bisa dipake tiap hari, trus klo udah 1 minggu bisa ganti ke dosis yg tinggi 0.1. kayanya pembersih mukanya jgn pake sabun dettol, too harsh. takutnya iritasi, hindari sabun yg mengandung sulfur takutnya karena iritasi mukanya jadi perih2. pake yg lembut, coba aja pake susu pembersih viva, sabun yg ph netral lembut ga mengandung sulfur. selamat mencoba

  82. Hay mba, aku dah nyoba vitacid 0,05 ga adaa mslh trus aku naikan jadi 0,1 oh GOD muka aku ancur bgt pengen give up tapi aku udah 3minggu pake vitacid, trus aku pake sebamed untuk cuci muka, siangnya pake parasoL, kulitku ga kering atw kelupas padahal aku pake semuka,cuman panen jerwat,sembuh satu muncuL 3, udah gtu kulitku kusam. Aku juga udah seminggu ini diblgin muka hancur gtu sama org2 sekitarku. Aku harus gmn???? Kasih pencerahan . Apa aku harus nyerah?

    • Sory telat balesnya. Klo ga kuat sebaiknya diberentiin aja. Setelah berenti efek vitacid-nya lsg berenti tinggal penyembuhannya aja. Dicoba klo siang, bagian yg jerawatnya dikasih clindamycin biar ngurangin merah2nya sama mempercepat jerawatnya kering. Minum antibiotik ga? Coba minum clindamycin kapsul 500 mg 1 hari. Selamat mencoba :)

      • Mbak armel salam kenal. Mbk, emangnya kalo pake vitacid paling rendah cuma buat ilangin ke bekas jerawat gitu tetep bakalan purging juga ya? :o aku pgn coba e, tapi takut purging hikss… :(

      • Hai salam kenal jg :)
        Setauku tetep aja kemungkinan buat purging. Tapi tergantung masing2 org ada jg ko yg ga purging. Klo monpake coba konsentrasi yg plg rendah 0.025%. Good luck (^_^)

  83. Mbak, sya mau tnya klo sya pke mediklin orange trs minum jg antibioti cyndrimn 300mmg gpp? Amankah? Trs mnumny yg 300mg ato 500mg,,mhon dibls y mbk,,,trimksh

    • roaccutane termasuk obat keras dan harus dibeli dibawah resep dokter. ga sembarang apotek jual. biasanya ada di apotek yang ada di tempat dokter spkk praktek. Sory ga banyak bantu, soalnya sy juga pernah beli roaccutane. Coba tanya ke apotek besar semacam kimia farma

  84. haloo kak..
    umur aku masih 17 tahun. dulu muka aku mulus bgt setelah sma kelas 3 mulai tumbuh jerawat di muka aku sampe kuliah skrg pun masih nangkring nih jerawatny. dr mulai oktober 2012 sampai november 2013 aku pakai wardah muka aku gitu gitu aja, kdg wajah aku bersih kdg jerawatnya muncul lagi gitu terus, terus aku mikirnya wardah gak cocok ke muka aku. aku ganti sama produk acnes yg katanya ampuh ngilangin jerawat hari ketiga jerawat aku punah tinggal bekas aja tp muka aku kering bgt dan pada hari kelima wajah aku breakout parah rasanya mau nangis. aku searching di google byk yg pake vitacid ampuh, aku mau coba tp takut purgingnya yg sampe 2bulan gitu. skrg aku pake face wash sariayu acne intensive care, terus kalo ada jerawat besar aku pake benoson-n, emg cpt kering cuma bekasnya itu loh terus juga benoson gak bisa ngilangin jerawat yg kecil kecil di dahi :’( . kasi saran dong kak apa vitacid bisa ngilangin jerawat kecil-kecil ini? atau kalo aku cuma minum clindamycin aja bisa ngilangin jerawat kecil kecil? gatahan rasa mau nagis kalo liat muka nih kak :’(

    • Sorry telat balesnya. Vitacid bisa ngilangin semua jenis jerawat, karna vitacid termasuk obat keras. Klo mo pake harus siap purging. Klo mo coba, totol sedikit di tempat jerawatnya jgn dipake diseluruh muka. Clindamycin itu antibiotik yg ngebantu ngeringin jerawat dr dalem tapi saranku ga usah pake klo ga terlalu parah, mending disabarin aja pake obat luar..

  85. salam kenal sai…duh ni postingan lama yah tp bru ktmu cra mnghilangkan jrawat yg msk d akal mnrt aku.mdh2an d bls y sma kamu.
    klo aku pkai vitacid..sbun cci mukanya boleh ga yg sariayu acne foam?trus klo lg pke vitacid boleh facial gak k salon?trus boleh pke bb cream ga sai…maap bnyk pttnyaanya.makasi y.

    • Sory telat bgt balesnya. Klo sabun cuci muka pake aja yg cocok & lembuy. Pake vitacid bikin kulit lebih sensitif sama cahaya makanya hrs pake sunblock, bikin sering ngelupas makanya suka perih2 pake aja moisturizer yg cocok. Aku ga saranin facial krna klo idah pake vitacid itu udah bikin regenerasi kulit yg ditandai ngelupasnya kulit. Klo facial malah lebih perih. Klo mo pake bb cream boleh aja asal yg bener2 bersih cuci mukanya takutnya jadi jerawat

  86. iya mba gpp..thanx uda d jwb..aku br pke vitacid 1 mnggu..memang jd agak kusam y mbak mukanya? aku pakai yg 0.025 gak bgtu merah mngelupas c mbak..apa blm?aku jg uda mlai pke oatmealba uda smnggu..trinspirasi bgd.. hehehe

    • Iya, awal pake vitacid kulit pasti kusam ntar lama2 keliatan cerah. Vitacid mempercepat pengelupasan kulit. Klo pake dosis yg plg rendah 0.025% ga akan terlalu keliatan kelupasan & merahnya, yg penting pake sunblock.

    • iya awal pake vitacid jadi kusam, keluar semua jerawat2 yg ada di bawah permukaan kulit paling 1-2 bulan tergantung kotornya kulit. udah gitu baru bersih. klo pake dosis paling rendah ngelupasnya halus sekali, dijaga aja jgn lupa pake sunblock sama pelembab takutnya iritasi..

    • memang vitacid kerjanya ngeluarin semua jerawat yg ada di bawah permukaan kulit, alias ‘purging’. ada yg 1 ato 2 bulan. setelah itu baru bersih.. klo kering2 berarti kurang pelembab, emang vitacid bikin kering

  87. mba mel..aku br purging nih stlh 2 mnngu pke vitacid.timbul jrwat kcil2 mateng mba jrawatnya.oia mba mel acne aid itu sabun cci mka bntuknya sbn batangan apa cair mba?aku ssh y cri acne aid

    • acne aid itu sabun batang, tapi sekarang udah ga ada di pasaran. ternyatasabun itu mengandung babi, produksinya udah dilarang, aku tau ini dr apoteker kimia farma. jadi ga usah dipake lagi ya. bisa cari alternatif lain kaya sabun isohex ph 5,5 ato sabun muka lain yg ada di pasaran.. sory telat banget bales messagenya..

  88. hai sis mau tanya,,
    aku udh 10hari minum clindamycin 300 tp jerawat blm ilang sempurna, tadinya sih ni hari mau beli langsung soalnya dh abis, eh ternyata ujan gede dan gk bisa keluar jadi gk isa beli dan hari ini terpaksa gk minum T.T
    kira2 kalo besok beli n diminum lagi si clinda nya tetep ngefek gk yaa?
    terus kalo berhenti sehari gt kira2 gk papa apa gmn yah?
    galau nih T.T

    • menurut yg aku tau klo antibiotik itu harus terus-terusan minum. tapi klo menurutku kamu udah cukup minum antibiotil selama 10 hari. ga perlu ditambah. tinggal pengobatan dari luar aja. dokterku dulu jg cuma ngeresepin 10 hari aja, ga terus-terusan. takutnya efek lain sama tubuh. klo mo lebih jelasnya konsul ke dokter. jerawat ga ada yg instan sembuh, harus sabar. semoga cepet sembuh yaa..

  89. Bintik2 merah kemungkinan kulitnya iritasi kepanasan cahaya matahari, pake sunblock klo keluar rumah. Lumrah pake vitacid kulit ngelupas, emg begitu kerja vitacid. Pake moisturizer biar ga keliatan kulit yg ngelupas. Awal pake vitacid kulit kusam & jerawat bermunculan nanti lama-kelamaan akan biasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s